aplikasi drum android
Aplikasi

9 Pilihan Aplikasi Drum Terbaik di Indonesia yang Gratis

Untuk yang suka sekali dengan musik pasti akan mempelajari cara-cara memainkan alat musik, sekarang bermain alat musik tidak perlu lagi alat musik nyata tetapi bisa pakai aplikasi.

Contohnya saja drum sekarang sudah banyak aplikasi drum terbaik yang bisa didownload. 

Dengan menggunakan aplikasi jelas mempermudah pemain musik dalam mengasah kemampuannya bermain drum, sebab tidak perlu pergi jauh-jauh untuk memainkan drum.

Tinggal pakai saja aplikasi kemampuan sudah bertambah, ada beberapa aplikasi drum yang cocok sekali digunakan dan berikut ulasannya.

Apa Saja Aplikasi Drum Terbaik Saat Ini?

Walk Band

Image: play.google.com

Sekarang hampir semua alat musik sudah ada aplikasi androidnya jadi kalau mau main musik tidak perlu bawa satu set alat musik, tinggal pakai saja smartphone. Begitu juga dengan yang memainkan drum juga bisa menggunakan beberapa aplikasi drum yang ada di bawah ini.

Aplikasi drum satu ini tidak seperti aplikasi lainnya karena yang disuguhkan aplikasi drum android ini bukan saja drum tetapi ada alat musik lainnya. Contohnya adalah gitar, piano, bass dan alat musik lainnya, jadi untuk yang ingin belajar semua alat musik bisa pakai Walk Band.

Pengguna dimudahkan kalau akan mengatur suara drum dan bisa mencocokkan juga dengan genre musik yang pengguna akan mainkan. untuk genrenya sendiri bisa Jazz, Rock, Percussion, Hip Hop, Pop dan yang lainnya.

Selain itu ada juga fitur yang khusus dibuat untuk membantu para pemula agar bisa mahir memainkan drum. Kalau pemula memakai fitur tersebut maka pemula jadi tahu cara memainkan drum di tingkat yang paling dasar. Fitur ini jugalah yang membuat pengguna bermainnya serasa seperti bermain drum asli.

  • Easy Real Drum

Kalau bicara aplikasi drum terbaik pasti yang akan dibahas pertama kali adalah Easy real drum ini sebab aplikasi inilah yang termasuk aplikasi terbaik. Aplikasi ini dibuat oleh Better Life – Collor and Draw, memakai aplikasi Easy ini pengguna jadi dapat bermain drum dengan banyak style.

Keunggulan Easy Real ini adalah menyediakan tiga jenis mode yang dapat pengguna pilih, untuk modenya dari Beginner, Amateur sampai dengan Master. Kalau sudah biasa bermain drum maka dapat langsung memilik mode Master atau Amateur. Tetapi kalau masih pemula pakai yang Beginner saja.

Jika bermain di mode Beginner, pemula akan tahu cara bermain yang benar dengan mengikuti tempo ketukan dan juga ritme permainan drum yang benar. Kalau sudah agak mahir, pengguna bisa naik tingkat ke mode selanjutnya seperti Amateur.

  • Real Drum

Aplikasi drum terbaik yang berikutnya adalah Real Drum, aplikasi ini dikembangkan oleh Kolb Apps yang bisa digunakan di android juga iOS. Real Drum agak sedikit berbeda karena aplikasi ini punya fitur unggulan dan fitur tersebut adalah Lesson Drum.

Untuk pemula yang sama sekali belum pernah mencoba memainkan drum bisa manfaatkan fitur tersebut, fitur ini akan memberikan les tentang tata cara bermain yang benar. Jadi kalau ingin cepat mahir bermainnya cocok sekali pakai Real Drum.

Selain ada fitur tersebut ada juga fitur lainnya yang juga bisa sangat membantu para pecinta alat musik drum.

Untuk fiturnya sendiri ada di bawah ini.

  • Loops, fitur ini berisikan suara-suara gitar dalam berbagai genre. Dengan adanya fitur Loops waktu bermain drum jadi ada iringan suara gitar.
  • Recording, kalau yang mau merekam suara permainan drum bisa dengan fitur Recording.
  • Song, fitur ini dapat digunakan pengguna kalau ingin bermainnya dengan musik-musik yang berada di perangkat.
  • Volume, bisa untuk mengatur volume suara drum.

Dengan adanya semua fitur tersebut jelas tidak aneh kalau Real Drum ini yang paling banyak didownload dan komentar dari pengguna juga bagus-bagus.

  • Simple Drum Deluxe

Aplikasi Simple Drum juga termasuk aplikasi drum terbaik sebab aplikasi ini dilengkapi dengan tujuh set drum yang dapat dimainkan oleh pengguna. Selain itu juga disediakan 40 jam track yang bisa mengiringi pengguna saat bermain.

Aplikasi ini dikembangkan oleh TVPapps, fitur yang diunggulkan aplikasi ini adalah multi touch. Fitur tersebut memungkinkan pengguna dua set drum secara bersamaan, seperti memainkan crash dan juga bass drum.

Untuk suara yang dihasilkan dari memakai Real Drum ini juga tidak main-main karena kualitasnya HD, jadi tidak ada bedanya dengan suara drum sungguhan. Agar bisa menikmati aplikasi ini, perangkat android yang dipakai harus lebih dari 4,1.

Drum Pad Machine

aplikasi Drum Pad Machine

Image: play.google.com

Aplikasi ini dikeluarkan oleh EasyBrain yang tampilannya tidak sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya. Aplikasi Drum Pad merupakan aplikasi versi drum pad, jadi kalau menggunakannya maka jenis musik yang bisa dimainkan adalah EDM, House, Hip Hop, dan Dubstep.

Drum Pad juga dilengkapi fitur menarik yang mudah sekali digunakan, selain itu untuk tampilannya sangat berwarna. Dengan adanya fitur dan tampilan menarik tersebut jelas membuat bermain drumnya bisa makin bersemangat dan makin seru. Untuk yang suka jadi DJ cocok pakai Drum Pad.

      • Drums

Drums kalau dibandingkan dengan aplikasi drum sebelumnya tidak akan kalah karena Drums juga dilengkapi dengan fitur canggih dan cocok juga dipakai pemula. Untuk fitur yang dapat digunakan adalah Lesson Drum, fitur tersebut akan membantu semua pengguna belajar mengatur tempo.

Selain itu ada juga banyak pilihan jenis lagu yang bisa dijadikan pengiring bermain drum dan lagunya itu gratis. Waktu bermain juga tidak akan sendirian karena Drums juga menawarkan bermain drum secara berkelompok. Jadi pengguna dapat mengajak teman untuk ikut bermain.

Aplikasi Drums ini dibuat oleh developer yang sangat handal yaitu MWM, untuk ratting aplikasi ini juga sudah bagus dan rattingnya 4,3. Jumlah pengguna juga sudah mencapai 10 juta jadi tidak diragukan lagi kualitas Drums ini.

      • WeDrum

Untuk yang bermimpi jadi seorang drummer bisa dengan mudah mewujudkan mimpi tersebut, caranya adalah dengan belajar bermain drum di aplikasi WeDrum. Meskipun termasuk drum simulator bukan berarti suaranya itu tidak real, sebab suara yang dihasilkan itu seperti nyata.

Selain itu ada banyak sekali lagu-lagu populer yang disediakan WeDrum, jadi pengguna dapat mengiringi lagu populer dengan drum. Karena kelebihannya ada banyak tidak aneh kalau WeDrum disebut sebagai aplikasi drum terbaik.

      • Drum Kit

Aplikasi yang tidak kalah bagus adalah Drum Kit, aplikasi Drum Kit menawarkan banyak fitur-fitur menarik yang dapat digunakan selama bermain drum. Kualitas suara drum yang dihasilkan juga sudah HD, set drumnya juga lengkap sekali jadi tidak akan bosan memakai Drum Kit.

Untuk pengguna yang ingin memainkan drumnya dengan lagu juga bisa, Drum Kit ini memperbolehkan pengguna memakai lagu-lagu yang tersimpan di perangkat. Aplikasi Drum Kit dikeluarkan GamesForRest, aplikasi ini terbilang ringan dan juga rattingnya cukup bagus.

Drum Solo juga bagus dan cocok sekali digunakan oleh pemula. untuk jenis musik yang dapat pengguna mainkan ada 4 jenis, seperti Rock Klasik, Metal, Synthesizer dan juga Jazz. Selain itu ada juga fitur Reverc Effect yang dapat digunakan pengguna yang mau tampil live. 

Untuk yang mau memakai Drum Solo akan lebih mudah digunakan kalau perangkat yang digunakan itu mendukung pemakaian Multi touch. Aplikasi ini mendukung sampai 20 sentuhan yang bisa menciptakan suara drum memukau.

Tips Memilih Aplikasi Drum Android

aplikasi Drum Solo

Image: play.google.com

 Aplikasi drum memang sangatlah membantu apalagi di masa pandemi sekarang ini yang tidak memperbolehkan masyarakat berkumpul bermain musik. Dengan aplikasi drum, pecinta musik tetap bisa bermain meskipun tidak di studio musik.

Kalau mau memakai aplikasi tersebut harus memperhatikan dulu aplikasinya itu cocok dipakai di perangkat smartphone atau tidak. Sebab ada beberapa aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tertentu, jadi sebelum mendownload lihat dulu spesifikasi aplikasi tersebut dulu.

Selain itu lihat juga ratting dari aplikasi, rattingnya jangan sampai yang rendah minimal rattingnya itu 4.0. Kalau kurang dari itu menjadi tanda kalau aplikasinya tidak bagus sebab tidak banyak pengguna yang memberikan bintang.

Untuk yang terakhir lihat juga berapa jumlah pengguna atau yang sudah mengunduh aplikasi tersebut, kalau yang mengunduh baru sampai hitungan ratusan ribu baiknya jangan dipilih. Pilihlah aplikasi yang sudah diunduh sampai jutaan kali, aplikasi itulah yang merupakan aplikasi drum terbaik.

Comments are closed.