aplikasi pembukuan
Aplikasi

5 Aplikasi Pembukuan Gratis Yang Bisa Kamu Coba

Dalam sebuah bisnis ataupun usaha, yang namanya pembukuan itu adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan dengan baik.

Karena tanpa adanya pembukuan yang baik, maka kinerja dari usaha atau bisnis yang dijalankan tidak akan bisa diketahui dengan baik.

Pembukuan jauh lebih mudah bila menggunakan aplikasi pembukuan gratis, sehingga pembukuan bisa dilakukan dengan baik.

Pembukuan yang baik akan menunjukkan realitas dari kinerja dan juga perkembangan usaha dan juga bisnis yang sedang dijalankan.

Dan hal ini menjadi salah satu informasi penting dalam menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya untuk mengembangkan usaha.

Pembukuan secara manual memang cukup rumit, sehingga lebih baik kalau menggunakan aplikasi dalam membuat pembukuan perusahaan.

Dalam setiap jenis usaha termasuk usaha online itu membutuhkan pembukuan yang baik agar bisa berjalan dengan baik.

Usaha online sendiri sering diremehkan, sehingga tidak mempergunakan pembukuan yang benar dan membuat usaha Anda stagnan.

Bahkan banyak juga perusahaan yang bangkrut karena tidak memiliki pembukuan yang baik, jadi pembukuan itu sangat penting.

Soal aplikasi pembukuan sendiri memang sebenarnya sudah ada banyak yang bisa dipergunakan, baik untuk smartphone ataupun komputer.

Anda memiliki beberapa pilihan aplikasi yang bisa dipergunakan untuk bisa membuat pembukuan dari usaha atau bisnis Anda.

Berikut ini kami akan jelaskan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda pergunakan untuk bisa membukukan usaha dengan baik.

Akuntansi Keuangan

akuntasi keuangan

Salah satu aplikasi untuk pembukuan yang mungkin cocok dan bisa Anda pergunakan itu adalah aplikasi Akuntansi Keuangan.

Ini adalah salah satu aplikasi pembukuan yang bisa dijalankan di Android lho, jadi bisa mengerjakan pembukuan dengan smartphone.

Jadi pengerjaan dari pembukuan usaha sendiri akan jauh lebih fleksibel, karena smartphone bisa digunakan di mana saja.

Fitur yang tersedia di aplikasi pembukuan gratis bernama Akuntansi Keuangan ini pun sebenarnya cukup lengkap dan sangat membantu.

Mulai dari jurnal, neraca, buku besar, sampai kepada laporan keuangan yang lengkap itu tersedia di aplikasi ini.

Sehingga aplikasi ini bisa dibilang cukup lengkap dan juga simpel untuk bisa membukukan berbagai hal dalam usaha Anda itu.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini sebenarnya cukup mudah saja, karena Anda bisa menemukan dengan mudah di Playstore ataupun Appstore.

Jadi Anda tinggal cari saja dan kemudian download dan install aplikasi tersebut di smartphone untuk melakukan pembukuan usaha.

Aplikasi ini memang sangat cocok untuk mencatat keuangan dari sebuah usaha atau perusahaan.

Teman Bisnis

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda coba untuk membuat pembukuan dari usaha yang Anda lakukan itu adalah aplikasi Teman Bisnis.

Teman Bisnis adalah aplikasi yang fokusnya memang untuk membuat pembukuan dari usaha kecil dan juga menengah yang sedang berkembang. Ini juga merupakan aplikasi yang bisa dijalankan di smartphone, sehingga Anda pun bisa membuat pembukuan dengan smartphone.

Teman Bisnis ini merupakan salah satu aplikasi pembukuan yang lebih ke arah pencatatan keuangan yang terjadi pada usaha kecil.

Tidak terlalu dibutuhkan kemampuan ataupun ilmu akuntansi yang merupakan ilmu mengenai pencatatan keuangan dari sebuah usaha. Dan aplikasi ini pun mudah digunakan, sehingga bagi Anda yang mungkin baru belajar akan lebih mudah menggunakannya.

Aplikasi ini memang memiliki fitur-fitur yang sangat cocok untuk mencatat keuangan dari bisnis kecil-kecilan yang sedang mulai dijalankan.

Bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencatat keuangan dari bisnis online seperti online shop dan sejenisnya dengan mudah.

Aplikasi pembukuan gratis ini bisa dipakai untuk pengusaha kecil termasuk produksi sampai kepada reseller.

BukuWarung

buku warung

Untuk pembukuan usaha ada juga aplikasi yang sangat cocok yakni adalah aplikasi BukuWarung yang merupakan aplikasi untuk pembukuan.

Aplikasi ini bisa menjadi sebuah solusi untuk pencatatan keuangan yang mudah, gratis, dan yang terpenting aman. Ini karena aplikasi BukuWarung ini memiliki antar muka yang sederhana, dan yang terutama memiliki ukuran yang kecil.

Aplikasi ini pun sudah mengalami banyak sekali perkembangan, salah satunya adalah sudah bisa dipakai untuk pembayaran.

Sehingga aplikasi ini pun bukan hanya menjadi solusi untuk pencatatan keuangan, akan tetapi juga bisa dipakai untuk pembayaran seperti kirim uang dan PPOB.

Dengan perkembangan ini aplikasi BukuWarung ini pun jadi cocok untuk pembukuan pribadi maupun bisnis.

Keunggulan dari aplikasi pembukuan BukuWarung dibandingkan aplikasi lain adalah ringan, sehingga tidak memakan penyimpanan internal.

Selain itu juga bisa dipakai secara offline tanpa koneksi internet lho, sehingga kapan pun dan di mana pun bisa mencatat transaksi.

Anda bisa menemukan aplikasi ini di Playstore atau Appstore dan tinggal download kemudian install saja.

Wave

wave

Ada juga aplikasi yang bernama Wave, ini adalah sebuah software pembukuan yang dibuat di Amerika Serikat.

Penggunanya sendiri sudah cukup banyak di seluruh dunia, ini karena memang ada banyak sekali fitur yang disematkan di dalam software tersebut.

Fitur yang tersedia mulai dari pengiriman invoice, pembuatan kwitansi online dan yang utama adalah pencatatan keuangan atau pembukuan.

Aplikasi ini bisa dipakai tanpa harus melalui proses install, Anda hanya tinggal memiliki file dari software itu saja.

Selain itu tampilannya pun menarik dan juga simpel, sehingga sudah pasti akan sangat mudah untuk dipergunakan membuat pembukuan.

Namun memang karena ini aplikasi pembukuan gratis untuk Amerika dan Kanada, maka akan ada beberapa fitur yang tidak tersedia bila digunakan di Indonesia.

Quickbooks

Aplikasi pembukuan yang selanjutnya adalah Quickbooks yang merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fitur yang sangat lengkap.

Aplikasi Quickbooks mampu membuat faktur dan bahkan bisa melampirkan foto dan juga catatan ke dalam faktur yang dibuat juga lho. Aplikasi ini pun bisa membuat laporan keuangan yang sangat lengkap mulai dari laporan neraca, laba rugi, penjualan, dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengelompokkan transaksi yang berhubungan dengan pendapatan. Sehingga Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi dengan dasar pengelompokan transaksi saja.

Anda pun bisa mengoneksikan aplikasi ini dengan tablet android yang harus terhubung dengan internet, jadi penggunaan aplikasi pembukuan gratis ini jauh lebih fleksibel.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *