pengguna internet
Aplikasi

5 Aplikasi Penghemat Kuota Paling Ampuh

Pernahkah kamu mengalami kuota habis waktu lagi asyik-asyiknya browsing? Padahal kamu merasa bahwa kuota internetmu masih banyak.

Sering kali kita kebobolan kuota internet dan tiba-tiba kita tidak bisa scroll sosial media.

Sudah mencoba berhemat tetapi nyatanya kita terlalu asyik untuk nonton YouTube.

Apalagi di era digital seperti saat ini yang hampir semuanya menggunakan internet. Dari chatting, telepon bahkan video conference.

Internet adalah kebutuhan utama di era digital seperti saat ini. Jika kamu sering kebobolan kuota internet padahal merasa kuota internet masih banyak.

Kali ini kita akan mengetahui aplikasi penghemat kuota yang wajib di install di smartphone kita agar kita tidak mengalami lagi yang namanya kebobolan kuota.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengakali agar penggunaan internet lebih terkontrol.

Mau tahu apa saja aplikasinya? Simak artikel ini sampai selesai.

Rekomendasi Aplikasi Penghemat Data

Sering kali kita baru beli kuota tetapi belum satu minggu kuota sudah habis. Padahal kita merasa pemakaian kita hanya sedikit saja.

Jika kamu sering kehabisan kuota tiba-tiba, maka kamu perlu mengenal beberapa aplikasi yang bisa menghemat kuota kamu.

Aplikasi ini sebenarnya hanya perantara agar kamu tidak boros dalam menggunakan kuota internet.

Apalagi jika terlalu asyik nonton Youtube, kamu bisa terus nonton sampai malam hari. Tentu saja hal ini membuat kuota internet cepat habis.

Berikut ini aplikasi yang bisa kita gunakan untuk hemat kuota:


  1. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi ini pada dasarnya membantu kamu untuk memonitor penggunaan data di handphone kamu. Kamu bisa melihat berapa jumlah data yang sudah kamu keluarkan setiap harinya.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur aplikasi mana yang bisa kamu akses dan aplikasi yang bisa kamu batasi aksesnya. Dengan cara ini kamu bisa lebih hemat kuota.

Aplikasi ini akan memberitahu jika penggunaan data melebihi batas harian yang sudah kamu tetapkan. Hal ini bisa membantu kamu agar lebih terkontrol dalam menggunakan internet.

Aplikasi Internet Speed Meter ini akan terus memberikan laporan terkini terkait penggunaan data yang sudah kamu keluarkan. Laporan ini juga cukup detail dan lengkap.


  1. Opera Max

opera max

Aplikasi pertama adalah Opera Max. Aplikasi ini sudah terbukti ampuh untuk menghemat kuota internet kita.

Keunggulan aplikasi ini adalah bisa membantu semua penggunanya untuk keamanan handphone. Aplikasi ini juga berguna untuk mengelola aplikasi lain yang ada di handphone kamu.

Keuntungan lainnya jika kamu menginstal aplikasi Opera Max adalah aplikasi ini otomatis mengompres video dan foto yang masuk ke handphone kamu. Entah itu foto dan video dari WhatsApp atau aplikasi Messenger lainnya.

Aplikasi ini bisa melacak penggunaan data di setiap aplikasi yang ada di handphone kamu. Selain itu ia juga akan menghentikan penggunaan internet pada aplikasi yang sedang berjalan.


  1. Data Eye

Salah satu aplikasi penghemat kuota yang paling sering di download adalah Data Eye. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk hemat kuota, tapi juga bisa hemat baterai.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatur pemakaian kuota pada tiap aplikasi yang ada di handphone kamu. Kamu bisa mengatur pemakaian kuota sesukamu.

Aplikasi ini juga memiliki fitur lain yaitu Track yang memuat data penggunaan kuota harian kamu, kuota mingguan bahkan kuota bulanan.

Kamu bisa lebih hemat kuota jika kamu bisa mengontrolnya sendiri. Jika kamu sudah menetapkan penggunaan kuota pada masing-masing aplikasi maka kamu bisa jauh lebih berhemat.


  1. My Data Manager

my data manager

Aplikasi hemat kuota lain yang bisa kamu gunakan adalah My Data Manager. Aplikasi ini berguna untuk mematikan data pada tiap aplikasi.

Keunggulan aplikasi ini adalah ia bisa menentukan berapa data yang akan kamu gunakan pada aplikasi di handphone kamu. Sehingga kamu bisa menerima laporan terkait aplikasi yang paling boros kuota.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa memberitahu kamu informasi penggunaan data meskipun kamu sedang menggunakan Wifi.

Pengguna  lebih mudah untuk melihat aplikasi apa saja yang memboroskan kuota internet dan aplikasi mana yang bisa hemat kuota internet.

Kamu bisa download aplikasi ini di Google Play Store atau di App Store. Aplikasi ini sangat membantu kita untuk lebih mengontrol penggunaan kuota harian.


  1. Data Usage

Aplikasi Data Usage ini bisa memberitahu kamu aplikasi yang hemat kuota dan aplikasi yang boros kuota. Aplikasi ini bisa memberi informasi lengkap terkait penggunaan data di handphone kamu.

Kamu bisa melihat aplikasi apa yang sering kamu gunakan dan aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan kuota agar tidak boros.

Keunggulan aplikasi ini adalah, kamu bisa mendapatkan notifikasi jika ada aplikasi yang sudah melebihi penggunaan data yang wajar.

Kamu bisa mengatur sendiri berapa penggunaan data yang wajar pada tiap aplikasi. Kamu setting sendiri mana aplikasi utama yang boleh menghabiskan kuota dan mana aplikasi yang harus kamu hemat.

Notifikasi ini akan muncul secara otomatis jika penggunaan data yang kamu lakukan sudah melebihi batas wajar yang sudah kamu tetapkan.

Itulah beberapa aplikasi penghemat kuota yang bisa kamu download. Aplikasi tersebut hanyalah membantu kamu agar lebih hemat kuota.

Selebihnya bagaimana sikap kamu untuk mencegah boros agar internet kamu bisa awet. Karena percuma jika kamu sudah download aplikasi diatas, tapi kamu terus menggunakan internet padahal sudah ada notifikasi penggunaan data.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *