aplikasi stem gitar
Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi Stem Gitar Terbaik Android & PC

Seseorang yang bermain musik terutama untuk instrumen gitar itu harus memastikan kalau nada senar gitar mereka itu sudah tepat dan tidak fals.

Banyak juga yang sampai menggunakan aplikasi stem gitar untuk bisa memastikan kalau senar mereka ada pada nada yang sudah benar.

Sebagai pemain musik tentunya sangat penting untuk memastikan nada gitar itu benar, karena kalau tidak tentu akan sangat kacau nadanya.

Dan bila itu terjadi tentunya musik tidak bisa dinikmati dan malah cenderung akan mengganggu suasana dan itu akibatnya sangat fatal.

Stem gitar sendiri merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh pemain gitar sebelum dirinya memainkan gitar.

Untuk live performance tentu saja stem gitar itu wajib dilakukan, karena untuk menjadi acuan bagi penyanyi dan supaya bisa pas dengan nada instrumen yang lainnya.

Selain untuk live performance juga diperlukan pada saat latihan, karena kalau tidak tepat tentu tidak akan valid untuk latihan.

Dan yang terpenting itu adalah untuk rekaman lagu, di mana nada menjadi hal yang penting dan untuk itulah diperlukan adanya stem gitar terlebih dahulu sebelum rekaman.

Jenis Aplikasi Penyetem Gitar

Kalau untuk mudahnya itu sebenarnya Anda bisa menggunakan tuner khusus yang menempel di gitar, akan tetapi tidak selalu punya.

Karena itulah terkadang orang lebih memilih menggunakan aplikasi untuk stem gitar yang sekarang ini pun sudah ada banyak sekali di internet.

Jenis dari aplikasi penyetem gitar sendiri memang sudah ada cukup banyak di masa sekarang, karena memang banyak yang membutuhkan.

Dan jenisnya itu ada yang hanya bisa dipakai di smartphone atau android saja dan ada aplikasi yang memang khusus untuk PC.

Pemilihan dari aplikasi sendiri menjadi sangat krusial, karena tentunya ini menyangkut kenyamanan Anda dalam melakukan stem gitar tersebut.

Karena itulah pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa aplikasi yang mungkin bisa Anda pergunakan baik di android atau di PC.

Rekomendasi Aplikasi Penyetel Gitar Terbaik Untuk PC

Rekomendasi Aplikasi Penyetel Gitar Terbaik Untuk PC

Image: nch.com.au/tuner

Sekarang sudah ada aplikasi untuk setting nada pada gitar yang ada di PC, jadi Anda bisa mempersiapkan rekaman dengan lebih matang.

Dan mungkin memang belum banyak orang yang tahu kalau sudah ada aplikasi stem gitar khusus untuk PC ataupun laptop.

Aplikasi yang dibuat khusus untuk berjalan di PC atau laptop sendiri memang sangat tepat digunakan untuk rekaman

 Karena Anda tinggal colok saja dengan kabel dan kemudian masukkan ke laptop dan Anda bisa melakukan stem gitar dan bisa langsung ke program rekaman di laptop atau PC.

Aplikasi PC untuk stem gitar sendiri memang sekarang ini sudah ada cukup banyak, sehingga mungkin Anda akan kesulitan dalam memilih.

Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan coba berikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk Anda pergunakan stem gitar sebelum rekaman lagu.

1. Pitch Perfect Musical Instrument

Rekomendasi pertama aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk stem gitar itu adalah Pitch Perfect Musical Instrument.

Ini adalah aplikasi yang bisa memberikan ketepatan nada yang jauh lebih baik dibandingkan dengan beberapa aplikasi yang lain.

Namun untuk bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik dan maksimal, Anda itu perlu mempergunakan mic eksternal.

Karena dengan mic tersebut tentunya penangkapan suara akan jauh lebih maksimal dan hasil stem gitar akan jadi jauh lebih tepat.

Cara lainnya selain mempergunakan mic eksternal adalah dengan menggunakan soundcard apabila laptop atau PC tidak ada input mic.

Nanti gitar Anda bisa dimasukkan menggunakan kabel ke soundcard dan Anda bisa stem gitar lebih akurat, namun hanya untuk gitar elektrik.

Apabila pada laptop atau PC ada input mic, maka Anda bisa membeli kabel yang dari gitar elektrik atau pre amp gitar akustik ke input jack kecil.

Nanti suara gitar akan langsung masuk ke laptop dan tentunya nada yang di stem akan jauh lebih baik.

2. AP Guitar Tuner

Aplikasi berikutnya yang berjalan di PC atau laptop yang bisa dipakai untuk stem gitar itu adalah AP Guitar Tuner.

Ini adalah aplikasi stem gitar yang menurut kami sangat mudah digunakan karena memiliki tampilan yang sederhana.

Dengan tampilan aplikasi yang sederhana, maka tentunya akan jauh lebih mudah untuk melakukan stem gitar menggunakan laptop.

Aplikasi ini pun cukup akurat, dan Anda bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut dengan mic internal laptop.

Sama dengan aplikasi lainnya, di mana hasil stem gitar akan jadi jauh lebih baik kalau Anda mempergunakan mic eksternal.

Dan jauh lebih baik lagi kalau memakai soundcard atau kabel input ke input mic bawaan dari laptop Anda kalau ada.

6 Aplikasi Stem Gitar Terbaik untuk Android

6 Aplikasi Stem Gitar Terbaik Untuk Android

Image: play.google.com

Penggunaan laptop ataupun PC untuk stem gitar tentunya sangat tidak praktis, karena bentuknya yang cukup besar.

Jadi kalau untuk panggung live tentunya akan sedikit merepotkan untuk melakukan stem gitar dengan menggunakan aplikasi PC atau laptop.

Apabila Anda sedang live panggung, maka sebaiknya Anda menggunakan tuner khusus untuk gitar yang sekarang sudah banyak dijual.

Namun bila tidak ada Anda bisa menggunakan smartphone saja yang bentuknya tentu lebih kecil dan juga lebih mudah digunakan untuk stem gitar di live panggung.

Aplikasi penyetel gitar untuk android sendiri tentu saja sudah ada banyak sekali pilihannya, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis.

Terlalu banyak pilihan membuat orang akhirnya bingung harus memilih aplikasi yang mana untuk dipergunakan di android atau smartphone Anda.

Untuk itu banyak orang yang akhirnya berusaha mencari informasi soal aplikasi untuk stem gitar yang terbaik itu apa supaya bisa menjadikan acuan.

Dan pada kesempatan ini kami akan berikan rekomendasi aplikasi yang bisa Anda pakai untuk stem gitar menggunakan smartphone Anda.

1. Cifra Club Tuner

Aplikasi android pertama yang bisa dipakai untuk stem gitar itu adalah Cifra Club Tuner yang bisa Anda jumpai di Playstore.

Ini adalah salah satu aplikasi yang tampilannya sangat sederhana, dan karena itu membuat aplikasi ini jadi mudah untuk dipergunakan.

Fitur dari aplikasi yang gratis ini juga sangat bisa diandalkan dan juga sangat bisa dinikmati dengan baik.

Selain itu juga ini bisa dipakai untuk melakukan stem gitar dengan cepat, sehingga sangat cocok untuk dipakai di panggung live.

Aplikasi stem gitar terbaik ini juga bisa dipakai untuk stem beberapa instrumen lain seperti bass, banjo, bahkan juga bisa untuk ukulele.

Aplikasi ini juga memiliki banyak pengguna, di Playstore sendiri tercatat sudah sampai 10 juta pengguna. Anda bisa download di sana.

2. DaTuner

Aplikasi DaTuner adalah aplikasi untuk stem gitar yang memiliki banyak sekali fitur, sehingga bisa dibilang aplikasi yang kompleks.

Akan tetapi masih tetap sederhana dan mudah untuk digunakan stem gitar pada saat Anda akan bermain musik secara live.

Aplikasi ini memiliki auto sensitivitas dan juga memiliki perubahan warna pada layar ketika hasil stem gitar sudah tepat.

Jadi pada saat stem gitar dan nadanya itu sudah benar, maka dilayar akan berubah menjadi warna hijau dan Anda bisa melakukan stem dengan lebih baik.

Ini adalah salah satu aplikasi yang cukup baik, dan juga ada cukup banyak pengguna dan juga ulasan yang baik dari banyak orang.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur, namun bila ingin menikmati semua fitur itu Anda harus membeli dengan harga sekitar 2 sampai 3 Dollar.

3. GuitarTuna

GuitarTuna

Image: play.google.com

Berikutnya ada aplikasi yang bernama GuitarTuna yang merupakan aplikasi gratis yang Anda bisa dapatkan di Playstore.

Aplikasi ini pun sangat lengkap fitur namun memiliki tampilan yang bisa dibilang sangat sederhana dan mudah digunakan.

Di aplikasi ini ada built in metronom yang bisa membantu Anda untuk berlatih dengan baik dan juga bermain musik dengan baik.

Lalu ada beberapa tutorial yang bisa memandu Anda untuk mempelajari gitar dengan lebih baik dan maksimal.

Jadi dengan beberapa fitur tersebut aplikasi ini memang aplikasi yang tepat untuk digunakan oleh pemula dalam dunia gitar.

Namun untuk profesional pun aplikasi ini sangat bisa membantu dalam proses stem gitar demi mendapat nada yang tepat.

4. Guitar Tunio

Aplikasi stem gitar terbaik yang berikutnya adalah Guitar Tunio, ini adalah salah satu aplikasi yang cukup lengkap fiturnya namun sederhana tampilannya.

Jadi meskipun banyak fitur akan tetapi penggunaannya itu pun sangat mudah, karena memang tampilannya itu sederhana.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi ada fitur auto detect juga yang membuat Anda tidak perlu memilih senar yang akan Anda stem, tinggal bunyikan saja.

Namun fitur auto detect ini tidak bisa terlalu akurat, jadi lebih baik tetap pilih saja senar apa yang akan Anda stem.

Aplikasi ini pun bisa dipakai untuk melakukan stem pada instrumen lainnya seperti misalnya bass, mandolin, ukulele, dan masih banyak lagi.

Dan menerima berbagai jenis stem gitar mulai dari Drop D atau jenis stem gitar yang lainnya.

Ini merupakan salah satu aplikasi setelan gitar yang paling banyak digemari, karena memiliki banyak fitur di dalamnya.

Selain itu aplikasi ini gratis dan tetap bisa menikmati semua fitur tersebut, sehingga banyak orang yang menyukai aplikasi ini dan menggunakannya.

5. Smart Chords And Tools

Berikutnya ada aplikasi Smart Chords And Tools yang memang bukan hanya sebagai aplikasi untuk stem gitar saja.

Ini adalah aplikasi yang sangat lengkap yang berisikan banyak sekali fitur, bisa dibilang ini aplikasi yang paling lengkap. Ada banyak menu yang tersedia.

Aplikasi ini tidak hanya bisa stem gitar saja, namun ada banyak sekali instrumen lainnya yang bisa di stem dengan berbagai jenis stem. 

Ini juga menyediakan informasi soal Chords gitar dan bisa menjadi pemandu Anda dalam mempelajari dunia gitar ini.

6. Pro Guitar Tuner

Terakhir ada Pro Guitar Tuner yang memang dibuat untuk para profesional, karena ini mendukung berbagai jenis stem gitar.

Selain itu juga aplikasi ini menunjukkan suara atau nada yang benar dari sebuah stem gitar.

Demikianlah beberapa aplikasi stem gitar terbaik yang mungkin bisa Anda pakai melalui smartphone android saja.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *