Cara Hapus Akun OVO Permanen, Cuma Butuh 5 Hari!

Banyaknya produk digital wallet sering membuat orang berganti produk, kamu salah satunya? Tidak seperti Facebook atau media sosial, kamu bisa kok menghapusnya. 

Salah satu akun yang bisa dihapus adalah OVO. Cara hapus akun OVO juga sudah disediakan secara khusus dan apabila akun sudah ditutup kamu tidak akan terhubung lagi dengan OVO. 

Penasaran bagaimana caranya, kamu bisa cek dulu langkah lengkapnya. 

Persiapan Menutup Akun 

Aplikasi ovo
Image: play.google.com

Melansir dari situs resmi OVO, penutupan akun pengguna memerlukan waktu 5 hari kerja atau kira-kira seminggu. Nantinya data akan diterima dan masuk proses verifikasi. 

Jika benar dan sudah sesuai maka akun akan langsung ditutup. Namun sebelum mengikuti cara hapus akun OVO permanen ini kamu harus melakukan beberapa persiapan. 

Berikut ini persiapan penting yang wajib diperhatikan. 

  • Kosongkan Saldo Poin 

Kamu wajib mengosongkan saldo OVO supaya mempercepat proses penutupan akun. Meskipun nantinya jika memiliki saldo, uang bisa ditransfer namun minimalnya RP12.500.

Jika kamu memiliki saldo di bawah nominal tersebut maka akan hangus. Begitu juga dengan poin OVO. Berapapun jumlahnya poin akan hangus. 

  • Melunasi Tagihan PayLater 

Apakah kamu menggunakan OVO PayLater? Jika iya maka saatnya untuk melunasinya sekarang. 

Meskipun kamu sudah mengikuti langkah penutupan yang benar, namun jika tagihan ini belum lunas maka akun tidak akan bisa ditutup. 

Bahkan jika kamu menunda tagihan lebih dari batas waktu yang diberikan, denda juga akan didapatkan membuat tagihan membengkak. 

  • Mencairkan Investasi 

Jika kamu juga menggunakan layanan investasi dari OVO maka langkah selanjutnya adalah dengan mencairkan dana investasi. 

Bahkan setelah kamu menghubungi OVO call center, maka akan diminta untuk menyelesaikan investasi terlebih dahulu. 

  • Memutuskan Sambungan ke Layanan Lain 

Sampai saat ini OVO bisa digunakan atau disambungkan ke layanan e-commerce lainnya. Misalnya saja First Media, Grab, Kudo dan masih banyak lagi. 

Kamu yang sudah menyambungkan semua aplikasi tersebut dengan OVO untuk memudahkan pembayaran maka harus memutuskannya terlebih dahulu. 

Pasalnya layanan OVO akan terus muncul pada aplikasi-aplikasi yang terhubung tersebut. Jadi akan lebih aman jika kamu memutuskannya. 

  • Mempersiapkan KTP 

Pada beberapa kasus penutupan akun, kamu akan diminta memberikan KTP. Penting untuk diperhatikan bahwa KTP ini dalam kondisi yang bagus. 

Baik dari tampilan foto dan tulisan harus terbaca. Jika KTP kamu rusak atau hilang sebaiknya akses KTP yang baru terlebih dahulu. 

Dua Pilihan Cara Menutup Akun 

Sampai saat ini pihak OVO menyediakan dua jenis layanan untuk menutup akun OVO para pengguna. Selama sudah memenuhi persiapan di atas maka penutupan bisa berjalan dengan cepat. 

Pihak OVO membutuhkan verifikasi data yang akurat karena penutupan dilakukan jarak jauh. Beda dengan penutupan rekening di bank yang tidak perlu proses apapun. Berikut ini pilihan cara untuk menutup akun OVO milikmu. 

Menghubungi Call Center Langsung

Menghubungi Call Center Langsung

Cara menonaktifkan akun OVO yang paling cepat adalah dengan menghubungi call center OVO di nomor 1500 696. 

Kamu bisa menghubungi call center ini 24 jam dari hari Senin sampai dengan Minggu. Hanya saja proses verifikasi dan penutupan tetap akan dilakukan pada jam kerja saja. 

Saat menelepon ada baiknya jika kamu menggunakan nomor hp yang digunakan dalam mendaftar atau membuat akun OVO. 

Tujuannya untuk mempermudah pihak OVO memastikan bahwa benar pengguna dengan nomor tersebut yang melakukan penutupan akun. 

Bagaimana jika kamu tidak bisa menelepon nomor tersebut dengan nomor yang didaftarkan? Jangan khawatir karena kamu masih bisa mengirimkan foto selfie dengan KTP. 

Tinggal ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh call center soal pengiriman data tersebut. Namun tentu saja kamu harus melewati proses yang lebih lama lagi. 

Jika memilih cara menghapus akun OVO di hp melalui call center, sebaiknya kamu mempersiapkan pulsa yang cukup banyak karena waktu menelepon cukup lama. 

Mengajukan Permintaan Lewat Email

Pada cara kedua ini bisa dilakukan ketika kamu tidak memiliki cukup pulsa untuk menelepon. OVO menyediakan layanan email untuk mendapatkan informasi mengenai langkah penutupan akun. 

Berikut ini cara menghapus akun OVO lewat email yang bisa kamu lakukan.

  1. Buka halaman email baru kemudian masukkan email tujuan cs@ovo.id. 
  2. Setelah itu pada bagian subjek email tulis ‘cara menghapus akun OVO saya’.
    Informasikan di dalam pesan emai
  3. Informasikan di dalam pesan email bahwa kamu ingin menghapus akun lengkap dengan alasannya. 
  4. CS OVO akan memberikan balasan soal langkah menghapus yang bisa kamu lakukan.
    melengkapi data seperti foto KTP
  5. Biasanya kamu hanya diminta melengkapi data seperti foto KTP dan foto selfie bersama KTP, nomor hp, nama lengkap, dan data penting lainnya. 
  6. Kamu tinggal ikuti saja langkah yang diberikan oleh CS OVO tersebut dan tunggu sampai akun selesai ditutup. 

Apa yang Harus Dilakukan saat Akun Berhasil Ditutup? 

Selesai mengikuti cara menghapus data KTP di OVO  baik itu dengan telepon atau email, kamu masih harus melakukan satu langkah lagi yaitu menghapus aplikasi OVO

Berikut ini langkah untuk menghapus aplikasi OVO yang akunnya sudah dihapus. 

  1. Masuk ke Pengaturan ponsel dan cari halaman Aplikasi. 
  2. Cari mana aplikasi OVO yang terpasang di hp kamu. 
  3. Kemudian lanjutkan dengan klik aplikasi OVO di pengaturan tersebut. 
  4. Tinggal klik Uninstal saja untuk menghapus aplikasinya. 

Sekarang kamu sudah berhasil menerapkan cara hapus akun OVO yang benar. Aplikasi OVO pun sudah tidak tersedia di hp kamu. 

Jika kamu ingin menggunakan OVO kembali atau aplikasi e-wallet lainnya tinggal instal ulang dan ikuti langkah pendaftaran dari awal.

Namun, jika kamu merasa kesulitan dengan bagaimana cara mendaftarkan akun OVO maka tutorial selengkapnya bisa kamu lihat di link berikut ini & semoga bermanfaat.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Alert: Content is protected !!
Close

Adblock Terdeteksi

Kami berusaha dengan baik untuk dapat memberikan informasi dan tips menarik secara gratis. Dengan iklan kami bisa terus berusaha. Silahkan matikan adblocker Anda dan lanjutkan membaca.