Internet

10 Cara Menghabiskan Kuota Sisa Berlebih Dengan Cepat & Mudah

Kuota internet saat ini menjadi kebutuhan hidup yang harus terpenuhi, mengingat segala kegiatan dan pertukaran informasi terjadi melalui layanan internet.

Apalagi di saat pandemi Covid-19, penggunaan internet menjadi kian aktif dan masif di berbagai sektor sehingga menciptakan kenormalan baru.

Kebutuhan kuota internet juga menjadi meningkat. Yang biasanya Anda hanya mengeluarkan 5-10 GB, sekarang ini mungkin bisa menjadi dua kali lipat.

Namun, pernahkah Anda membeli paket kuota dengan jumlah yang banyak dan masa aktif yang sebentar?

Tentu sangat disayangkan jika Anda masih memiliki sisa kuota yang banyak.

Ketika masa aktif kuota internet habis, maka kuota yang tersisa akan hangus.

Berbeda jika Anda mengaktifkan kuota yang bisa terakumulasi dengan kuota yang akan dibeli berikutnya.

Karena tidak semua provider memberikan sistem akumulasi kuota internet, sebaiknya Anda menghabiskan seluruh kuota sebelum kuota tersebut hangus.

Bagaimanakah Cara Menghabiskan Kuota? 

Sangat disayangkan jika kuota internet yang Anda beli harus hangus karena masa aktif yang sudah habis. Apalagi jika sisa kuota masih sangat banyak.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas cara menghabiskan kuota yang paling efektif agar kuota dapat digunakan sampai habis.

Khusus untuk Anda yang memiliki kuota berlimpah, silakan simak baik-baik rekomendasi cara menghabiskan kuota dengan cepat berikut ini.

1. Streaming Film atau Drakor

netflix

Cara cepat menghabiskan kuota yang paling efektif adalah dengan menonton film secara online melalui aplikasi video on demand seperti Netflix, Viu, Disney+, dan yang lainnya.

Anda bisa menonton film atau series seperti drama Korea, anime dan lainnya dengan resolusi full HD. Streaming film dengan resolusi tinggi tentu akan memakan kuota internet yang besar juga.

Cara menghabiskan kuota ini akan sangat cocok bagi Anda yang sangat suka menonton film atau series seperti drama Korea.

Jika ingin menghabiskannya secara cepat, Anda bisa melakukan streaming film atau series di aplikasi video on demand.

Karena satu film atau satu episode drama saja bisa menghabiskan kuota internet hampir 1 GB.

Jika series yang Anda tonton memiliki jumlah episode yang banyak, maka kuota akan lebih cepat habis.

Sekalinya nonton, Anda akan ketagihan dan melanjutkan untuk menonton episode selanjutnya secara terus menerus.

Jadi kuota internet yang Anda miliki akan terkuras habis secara drastis.

Cara menghabiskan kuota dengan menonton film bisa Anda coba jika Anda ingin menghabiskan sisa kuota internet dengan cepat.

2. Streaming YouTube

Sama halnya dengan streaming film, menonton video di YouTube juga bisa menguras kuota internet Anda dalam jumlah yang besar.

YouTube menyediakan banyak tontonan video online yang sangat beragam dan bisa Anda pilih.

Banyak konten kreator yang mengupload video menarik melalui aplikasi media sosial satu ini.

Anda bisa menonton berbagai video menarik di YouTube sepuasnya. Agar kuota internet cepat habis, disarankan untuk menonton video dengan resolusi tinggi seperti 720p atau 1080p.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh atau download video menarik dari YouTube untuk disimpan secara offline atau disimpan di galeri perangkat.

Cara ini sangat efektif untuk menghabiskan sisa kuota internet yang Anda miliki.

Anda bisa tetap menikmati video menarik sembari menghabiskan sisa-sisa kuota.   

3. Main Game Online

game penghasil pulsa
Main game online bisa menjadi cara menghabiskan kuota dengan cepat. Download game online yang Anda sukai lalu mainkan sepuasnya.

Mengunduh game online yang memiliki kapasitas besar dan grafis yang bagus dapat menghabiskan kuota sisa yang Anda miliki.

Namun, pastikan terlebih dahulu HP Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Pasalnya, game online dengan kualitas grafis besar juga akan menyerap kuota internet banyak ketika dimainkan.

4. Berbagi Hotspot ke Teman

Jika kelebihan kuota, Anda bisa melakukan hal baik seperti berbagi sisa kuota ke teman atau keluarga melalui mobile hotspot.

Tinggal mengaktifkan fitur mobile hotspot di HP Anda, lalu teman atau keluarga lainnya bisa menikmati layanan internet menggunakan kuota yang Anda miliki dengan mengaktifkan Wi-Fi.

Semakin banyak perangkat HP yang terhubung dengan mobile hotspot yang Anda aktifkan, maka secara otomatis kuota internet akan terkuras secara cepat.

Saat membagikan hotspot, pastikan Anda juga membawa kabel charge. Karena mobile hotspot akan berhenti jika HP Anda mati.

Selain itu, penggunaan fitur hotspot juga dapat menguras batre HP Anda secara cepat dan membuat HP menjadi lebih panas.

5. Tethering ke Laptop atau PC

Cara mudah lainnya agar sisa kuota Anda cepat habis adalah dengan tethering ke laptop atau PC, sama dengan ketika Anda berbagi hotspot ke pengguna HP lainnya.

Setelah itu, silakan gunakan laptop atau PC Anda untuk mengakses layanan internet, seperti browsing, streaming atau download video dan file lainnya.

Dengan begitu, kuota internet akan banyak terpakai. Apalagi penggunaan laptop atau PC bisa menghabiskan kuota lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan internet di HP.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir memori HP akan habis, karena Anda bisa memanfaatkan memori laptop yang lebih besar.

6. Streaming Lagu Online

Jika Anda penikmat lagu, tentu Anda memiliki aplikasi-aplikasi pemutar lagu online seperti Joox, Spotify atau aplikasi lainnya.

Anda harus memiliki kuota internet saat ingin mendengarkan lagu secara online melalui aplikasi tersebut. Kecuali jika Anda mengunduh lagu-lagunya secara offline.

Karena itu, mendengarkan musik secara online melalui aplikasi streaming lagu dapat menjadi salah satu cara menghabiskan kuota sisa yang berlebih.

Apabila Anda ingin menghabiskan sisa kuota, silakan lakukan cara ini dengan rutin.

Selain itu, Anda bisa sembari melakukan browsing atau bermain media sosial lainnya.

Dijamin, kuota internet Anda akan terkuras dan habis secara cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir sisa kuota akan hangus.

7. Melakukan Panggilan Video (Video Call)

aplikasi video call random no banned

Saat ini, banyak media sosial yang dilengkapi dengan fitur panggilan video atau yang sering disebut dengan video call.

Kita dapat menemukan fitur ini melalui media sosial chat seperti WhatsApp, Line dan lainnya. Bahkan instagram juga turut menghadirkan fitur ini.

Perlu Anda ketahui, melakukan panggilan video merupakan cara menghabiskan kuota dengan cepat yang efektif.

Anda bisa menghabiskan waktu dengan melakukan video call bersama teman terdekat, kekasih atau keluarga. Selain untuk menghabiskan kuota, Anda juga bisa mengobrol bersama mereka.

Pernah mendengar istilah sleep call bersama pasangan? Anda bisa melakukannya dengan kekasih atau sahabat Anda. Kuota internet pun akan terkuras habis dengan cepat.

8. Update Seluruh Aplikasi

Aplikasi yang Anda download melalui Google Play Store atau App Store biasanya memiliki waktu tertentu untuk melakukan update secara berkala.

Hal tersebut bertujuan agar aplikasi dapat selalu nyaman saat digunakan oleh para penggunanya.

Update harus dilakukan agar aplikasi terus berkembang dan menarik lebih banyak pengguna.

Nah, jika Anda sudah mengunduh aplikasinya, Anda bisa membuka Google Play Store atau App Store. Jika ada update, maka Anda bisa melakukannya melalui Play Store.

Perlu diketahui bahwa mengupdate aplikasi akan menguras kuota internet yang Anda miliki.

Silakan update seluruh aplikasi yang ada di HP Anda untuk menghabiskan sisa kuota internet yang berlebih.

9. Bermain Media Sosial (IG, Facebook, TikTok)

Cara menghabiskan kuota yang paling efektif adalah dengan memainkan media sosial.

Instagram, TikTok dan Facebook menjadi media sosial yang bisa menyedot kuota secara drastis.

TikTok menyajikan konten video menari dari penggunanya dengan durasi 15 detik sampai 3 menit dan resolusi yang bagus.

Begitupun Instagram dan Facebook. Sehingga kuota internet yang Anda miliki akan terkuras cepat jika mengakses media sosial tersebut secara intens.

Jika ingin menghabiskan sisa kuota berlebih, jangan mengaktifkan fitur data saver di masing-masing aplikasi media sosial.

Karena fitur tersebut berfungsi untuk menghemat kuota internet dengan menurunkan kualitas gambar atau video di tampilan aplikasi.

Jika sudah mengaktifkannya, silakan matikan terlebih dahulu dan nikmati konten-konten yang ada di media sosial tersebut secara bebas agar kuota sisa Anda cepat habis.

10. Download File (Video, Game, Gambar, dll)

Mengunduh file seperti video, film, game atau aplikasi lain, dokumen dan gambar juga akan memakan kuota internet Anda.

Apalagi jika ukuran file tersebut sangat besar. Anda harus siap kehilangan kuota internet dalam jumlah besar juga.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menghabiskan sisa kuota internet, silakan download file yang Anda inginkan.

Jika biasanya Anda mengunduh file menggunakan Wi-Fi, kali ini Anda bisa memanfaatkan sisa kuota internet yang Anda miliki.

Tapi, jangan lupa untuk menyediakan memori perangkat yang cukup. Karena cara ini bukan hanya menguras kuota namun juga menguras memori penyimpanan perangkat yang Anda gunakan.

Nah, itu dia cara menghabiskan kuota dengan cepat. Anda tidak perlu khawatir lagi jika memiliki sisa kuota yang berlebih setelah ini.

Agar kuota cepat habis, Anda bisa melakukan kegiatan yang sudah disebutkan di atas secara bergantian. Cara-cara di atas juga bisa dilakukan dengan mudah.

Anda bisa menghabiskan kuota dengan cepat, mudah dan tentunya tetap dapat dinikmati. Karena Anda bisa sembari melihat konten-konten yang memang Anda sukai.

Anda tidak perlu lagi merasa sayang ketika memiliki kuota berlebih dengan masa aktif yang akan segera habis. Selamat mencoba!

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!