hemat kuota data
Internet

Wajib Tahu, Ini Cara Menghemat Kuota Internet yang Efektif

Kuota internet saat ini seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan harian yang penting bagi sebagian besar masyarakat.

Bukan saja untuk kebutuhan komunikasi saja, namun adanya internet juga bisa memenuhi kebutuhan hiburan terutama saat kemarin Kita semua harus berada di rumah saja karena adanya pandemi virus Corona.

Dan di saat kemarinlah terdeteksi penggunaan internet di kalangan masyarakat Indonesia meningkat tajam.

Lalu bagaimana cara menghemat kuota secara efektif?

Dalam artikel berikut ini akan Kita ulas cara efektif yang bisa Anda pakai untuk menghemat kuota internet.

Cara Menghemat Kuota Internet dengan Efektif dan Berhasil

Banyak yang sudah merasakan bahwa ada banyak sekali manfaat dari kuota internet di masa sekarang ini.

Diantaranya adalah untuk belajar online, untuk bekerja, untuk browsing internet, untuk mencari data dan informasi, untuk melakukan pendaftaran online serta untuk menyimak media sosial.

Dengan adanya internet maka semua kebutuhan Kita bisa dipenuhi dalam waktu cepat bahkan tanpa Kita mengeluarkan tenaga sekalipun. Semua menjadi serba mudah dan cepat untuk diselesaikan.

akses internet

Seperti misalnya untuk kebutuhan melakukan pendaftaran periksa rawat jalan, tentunya tergambar di benak Anda antrian panjang untuk mendaftar di loket pendaftaran.

Namun kini Anda sudah bisa melakukan pendaftaran pemeriksaan rawat jalan secara online. Setelah itu Anda tinggal datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan di dokter yang sudah dipilih.

Alasan mengapa Kita harus bisa lebih melakukan  cara hemat kuota adalah diantaranya sebagai berikut.

  • Kuota internet di Indonesia masih terbilang mahal tarifnya

Jika Anda mau membandingkan tarif internet Indonesia dengan luar negeri tentu akan mendapatkan perbedaan yang cukup jauh.

Karena memang tarif internet di Indonesia cukup mahal dibandingkan dengan tarif internet luar negeri.

Padahal pendapatan masyarakat Indonesia pun juga masih berada di taraf standar.

  • Kualitas jaringan internet yang rendah

Meski kualitas jaringan internet di Indonesia berada di bawah kualitas jaringan internet negara lain, namun tetap saja semakin banyak orang yang menggunakan internet.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menghemat pengeluaran Anda khususnya untuk tarif internet yang sebenarnya bisa dibayar dengan harga murah.

  • Banyak akses WiFi gratis

Kemudian alasan berikutnya adalah karena di sekitar Kita sudah ada banyak akses WiFi yang bisa Kita gunakan secara gratis. Sehingga Kita bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan Kita.

Berikut beberapa cara menghemat kuota internet yang ada di smartphone Anda.

  1. Gunakan browser yang hemat dan efisien data

Salah satu aplikasi yang jelas dan pasti ada di sebuah smartphone adalah browser.

Nah disini Anda bisa memilih browser yang nantinya akan bekerja secara hemat dan bisa lebih efisien dalam cara menghemat kuota internet.

Secara umum direkomendasikan dua browser yang bisa Anda gunakan yaitu Google Chrome.

internet di laptop

Anda bisa menggunakannya untuk penghematan kuota  dengan melakukan pengaturan dengan memilih menu Bandwith kemudian pilih Data Saver.

Jenis browser yang kedua adalah Opera Mini.

Browser yang satu ini memiliki banyak sekali pengguna karena kelebihannya untuk kompres website dan menggunakan fitur video boost untuk bisa menampilkan kualitas gambar tanpa kuota besar sekaligus meminimalisir terjadinya buffering.

  1. Non aktifkan fitur sinkronisasi

Fitur sinkronisasi memang memiliki manfaat yang sangat besar untuk pembaruan informasi.

Jika Anda ingin selalu mendapatkan notifikasi dari email yang baru masuk atau pesan yang masuk ke media sosial Anda maka sebaiknya setting sinkronisasi secara otomatis.

Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa menjadikan penggunaan kuota internet Anda menjadi lebih boros dan lebih banyak.

Sehingga jika Anda ingin cara menghemat kuota dan memiliki kuota internet yang terbatas, disarankan untuk menonaktifkan fitur sinkronisasi di ponsel Anda.

  1. Pakai aplikasi Mail Box untuk penggunaan email

Anda bekerja dengan menggunakan layanan email? Tentunya Anda harus selalu update dengan banyaknya email yang datang kepada Anda demi berlangsungnya pekerjaan dengan lancar.

Namun tahukah Anda, bahwa layanan email juga menjadi satu aplikasi yang menyedot kuota internet cukup banyak.

Untuk membuatnya lebih efisien dan hemat data maka Anda bisa menggunakan layanan Mail Box yang bisa diunduh di Drop Box untuk kebutuhan pengiriman email dan penyimpanan data dengan cara hemat kuota internet.

  1. Non aktifkan fitur Maps di ponsel Anda

Kemudian cara berikutnya adalah dengan menonaktifkan fitur Maps atau Peta yang ada di smartphone Anda.

Fitur ini sebenarnya sangat membantu saat Kita sedang mencari alamat atau lokasi yang sedang Kita tuju. Namun sayangnya justru fitur inilah yang tanpa Kita sadari membutuhkan kuota internet dalam jumlah yang sangat banyak.

Apalagi jika Anda menggunakannya untuk mencari alamat atau lokasi secara online, bukan saja kuota internet Anda yang cepat habis namun juga baterai hp Anda akan sangat cepat berkurang drastis.

  1. Ubah pengaturan penggunaan data di background

Untuk bisa cara menghemat kuota internet  di smartphone juga bisa dilakukan dengan cara mengubah aturan penggunaan data di layar background hp Anda.

Meski dampaknya adalah Anda akan sangat terlambat mendapatkan berbagai notifikasi aplikasi yang Anda install, namun hal itu bisa Anda atasi dengan secara berkala mengecek aplikasi tersebut.

  1. Ketahui jenis aplikasi yang memiliki penggunaan data paling tinggi

Setiap smartphone dibekali fitur untuk mengetahui mana jenis aplikasi yang menyedot kuota internet paling tinggi.

Jika Anda mengetahuinya, segera batasi penggunaan data khususnya untuk jenis aplikasi yang memiliki manfaat tak begitu penting dalam smartphone Anda.

  1. Batasi penggunaan data untuk setiap aplikasi

Bahwa setiap aplikasi yang ada di smartphone sebenarnya bisa Anda atur penggunaan datanya.

Sehingga Anda bisa memilah mana jenis aplikasi yang sering dan penting untuk Anda pakai. Dan mana jenis aplikasi yang hanya akan Anda pakai sewaktu-waktu saja. Atau bisa juga gunakan aplikasi penghemat kuota.

  1. Setting update aplikasi dan ponsel hanya melalui akses WiFi

Update aplikasi dan ponsel memang sangat penting untuk dilakukan demi menjaga keamanan data yang Kita miliki.

Namun sebaiknya lakukan update aplikasi dan ponsel secara berkala saja. Seperti misalnya saat Kita berada di wilayah yang memiliki akses WiFi.

Selain update akan dilakukan dengan lebih cepat dan maksimal, Anda pun akan jauh lebih hemat kuota internet.

Update aplikasi dan ponsel akan membuat data Anda tetap tersimpan meski berganti HP atau nomor HP.

kuota internet di tablet

  1. Beri batasan untuk penggunaan data dan atur untuk memberikan peringatan jika sudah berlebih

Pernahkah Anda melakukan pengaturan untuk membatasi penggunaan data terutama jika melakukan live streaming?

Nah fitur ini bisa Anda temukan juga di smartphone yang Anda pakai.

Fungsinya adalah cara menghemat kuota jika sudah melebihi penggunaan maksimal harian.

Hal ini akan memberikan peringatan pada Anda untuk memberikan tanda ketika Anda sudah menggunakan data internet secara berlebihan. 

  1. Batasi aktivitas streaming

Beberapa aktivitas online yang membutuhkan data internet jumlah besar diantaranya adalah melakukan video konferensi hingga streaming video.

Nah jika Anda termasuk sering melakukan hal tersebut maka sebaiknya batasi aktivitas streaming yang Anda lakukan hingga terkendali dengan baik sebagai cara menghemat kuota internet.

Lakukan Tips Pragmatis untuk Hemat Kuota Internet

Setelah menyimak apa saja yang bisa dilakukan untuk cara menghemat kuota data internet, ada beberapa hal lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan penghematan.

Salah satunya dengan menggunakan tips pragmatis atau tips yang dilakukan secara manual. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Gunakan mode Google Maps Luring

Untuk menggunakannya Anda bisa melakukan setting dengan pilih Menu lalu pilih Setelan Peta Offline, kemudian pilih opsi Pilih Peta Anda Sendiri atau memilih untuk Download Peta Offline secara otomatis.

Dengan cara ini Anda bisa menyimpan data peta atau lokasi secara offline, bisa bepergian tanpa tersesat meski tak menggunakan maps secara online.

  • Gunakan akses WiFi untuk mengunduh file yang berukuran besar

Seperti jika Anda sedang mengunduh aplikasi, mengunduh lagu atau video hingga ingin menonton film secara streaming sebaiknya lakukan ketika Anda sedang terhubung ke akses WiFi saja.

  • Non aktifkan data internet saat tak digunakan

Tips yang terakhir adalah untuk menonaktifkan penggunaan data internet hanya pada saat Anda tak menggunakannya. Misalnya ketika Anda sedang berada di perjalanan.

Untuk cara hemat kuota internet dan baterai smartphone, Anda bisa menonaktifkan data internet secara sementara.

Setelah sampai di lokasi tujuan, Anda bisa mengaktifkan kembali data internet untuk menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Sekian ulasan tentang cara menghemat kuota data internet secara efektif.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *