handphone
Internet

Wajib Tahu, Begini Cara Transfer Pulsa Tri ke Operator Lain

Provider 3 (Tri) sudah dikenal lama sebagai salah satu provider dengan harga yang terjangkau bagi banyak kalangan.

Ada berbagai kemudahan yang bisa didapatkan kalau Anda menggunakan nomor dari provider tersebut, salah satunya kemampuan untuk mentransfer sejumlah pulsa ke sesama nomor Tri.

Memang pada dasarnya hampir semua operator menyediakan fasilitas tersebut. Namun di layanan Tri ini, Anda akan menemui sejumlah cara yang sangat mudah dilakukan dan terkesan sangat sederhana.

Lantas, cara-cara seperti apakah yang dimaksud? Bagaimana pula syaratnya?

Ketentuan Pengiriman Transfer Pulsa Tri

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai cara transfer pulsa Tri ke operator lain maupun ke sesama Tri, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa syarat pengiriman transfer pulsa tersebut, yakni sebagai berikut.

  1. Hanya dapat dilakukan ketika kartu pengirim masih aktif. Sementara untuk penerima, masih dapat ditolerasi dalam masa tenggang. Yang penting, kedua nomor tersebut masih sama-sama bisa digunakan dan tidak hangus.
  2. Besaran pulsa yang ditransfer minimal 1.0000 dengan kelipatan transfer 1.000. Jadi, Anda tidak bisa mentransfer dengan pecahan seperti 1.250, 4.777, dan sebagainya.
  3. Saldo pulsa yang tersisa adalah 5.000 setelah proses transfer pulsa berhasil dilakukan. Adapun biaya transfer adalah 500 per transaksi.

Cara Mengirim Pulsa ke Sesama Tri

Jika sudah mengetahui ketentuan pengiriman transfer pulsa, maka kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik menggunakan SMS, kode dial USSD, hingga aplikasi Bima+. Simak ulasan berikut.

1. Melalui SMS

Transfer pulsa Tri melalui SMS sejatinya juga sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, pastikan kembali apakah pulsa Anda sendiri masih mencukupi atau tidak guna pengiriman SMS dan transfer pulsa tersebut. Berikut beberapa langkah transfer pulsa Tri menggunakan sistem SMS.

Gambar 4.1

  • Buka menu SMS atau Pesan pada HP, kemudian ketik nomor tujuan 123
  • Ketik format berikut TRF (spasi) nominal pulsa (spasi) nomor tujuan.
  • Klik Kirim
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi bahwa proses transfer telah berhasil

2. Menggunakan Kode Dial (USSD)

Anda juga dapat menggunakan kode USSD untuk mengirimkan transfer pulsa ke nomor yang Anda inginkan.

Adapun cara transfer pulsa Tri ke operator lain atau ke sesama Tri ini juga terbilang cukup sederhana dan dapat dilakukan di semua handphone.

Berikut langkah-langkah pengiriman dengan USSD ini.

  • Buka menu Panggilan atau Telepon, kemudian ketikkan kode *323# dan klik Dial/Panggil/Call

Gambar 4.2

  • Anda akan dihadapkan pada menu pop up untuk memilih menu pengiriman pulsa atau paket data. Karena tujuan kita kali ini adalah transfer pulsa, pilih angka 1

Gambar 4.3

  • Masukkan nomor tujuan pengisian pulsa, dan pastikan kembali apakah nomor yang dicantumkan sudah benar sebelum Anda klik Send/Kirim

Gambar 4.4

  • Isi nominal pulsa yang akan ditransfer ke nomor tujuan tersebut. Ingat, jangan sampai pulsa Anda tidak cukup untuk melakukan transfer pulsa. Dan pastikan juga pengirimannya sesuai dengan ketentuan.

Gambar 4.5

3. Menggunakan aplikasi Bima+

Bagi pengguna nomor Tri, tentunya akan afdol jika mempunyai aplikasi Bima+ ini.

Bagaimana tidak, di aplikasi ini Anda dapat melakukan banyak hal, salah satunya transfer pulsa tersebut. Bahkan caranya juga terbilang mudah dilakukan dan tidak membuat Anda merasa bingung.

Tidak hanya itu, ada banyak fitur yang bisa dipakai pada aplikasi ini. Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa atau kuota internet, bahkan dengan harga yang relatif lebih miring dan berbagai promo yang tersedia.

Apalagi dengan sejumlah promo khusus yang sering kali diadakan untuk para pengguna aplikasi yang satu ini.

Transfer pulsa menggunakan aplikasi Bima+ juga sangat mudah dilakukan.

Berikut beberapa cara transfer pulsa 3 ke operator lain dan sesama yang bisa Anda jalankan supaya proses pengiriman dapat berjalan dengan lancar.

  • Buka aplikasi Bima+ yang sebelumnya sudah diinstall pada handphone Anda.
  • Setelah muncul laman utama seperti berikut, klik Pulsa

Gambar 4.6

  • Klik “Kirim-Kirim Pulsa” sebagai opsi untuk mengirimkan pulsa yang Anda ingin lakukan.

Gambar 4.7

  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada sebuah pop up yang berisi syarat dan ketentuan pengiriman pulsa. Mulai dari saldo minimum, ketentuan pengiriman, hingga biaya pengiriman pulsa yang dibutuhkan.

Gambar 4.8

  • Jika sudah dibaca dan dipahami, Anda bisa langsung centang kotak persetujuan yang sudah disediakan, kemudian klik Masuk.
  • Langkah terakhir adalah pengisian nomor Tri yang akan dikirimkan pulsa, lalu memasukkan nominal pulsa yang akan dikirim. Anda juga dapat memilih nominal yang sudah disediakan, mulai dari 5.000, 10.000, hingga 50.000. Kemudian, klik Kirim dan tunggu notifikasi berhasil

Gambar 4.9

Bagaimana Cara Transfer Pulsa 3 Ke Operator Lain?

Sayangnya, saat ini operator Tri masih belum mengkonfirmasi apakah bisa mengirimkan pulsa ke nomor dengan provider lain seperti Telkomsel, XL, hingga Indosat.

Karena belum ada fitur khusus untuk hal ini, maka cara yang dapat dilakukan adalah membelikan pulsa langsung ke counter pulsa yang tersedia di sekitar Anda.

Anda juga dapat membelikan pulsa secara online melalui e-commerce atau m-banking.

Jadi secara mudah Anda membelikan pulsa ke nomor lain tersebut karena belum adanya fitur transfer pulsa ke semua operator.

Itulah beberapa cara transfer pulsa Tri ke operator lain maupun ke sesama pengguna Tri.

Oh ya, apa bila kamu dalam keadaan terdesak kehabisan pulsa, operator 3 memberikan fasilitas hutang pulsa, temukan cara pinjam pulsa 3 di artikel kami lainnya. Sebagai opsi lain, ada juga pilihan aplikasi hutang pulsa yang bisa kamu coba.

Semoga informasi kami bermanfaat dan semakin memudahkan Anda untuk melakukan transfer pulsa sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *