Internet

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Pemerintah Khusus Pelajar!

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan kuota gratis kepada seluruh pelajar di Indonesia untuk membantu belajar secara online.

Bantuan kuota gratis dimulai sejak Januari 2021 saat pandemi Covid-19 hadir di Indonesia.

Pada bulan Desember 2021, pemerintah bahkan menyiapkan dana subsidi sebesar Rp 5,54 triliun.

Bantuan kuota gratis pemerintah ini akan disalurkan secara langsung kepada nomor telepon para pelajar dan pengajar yang terdaftar di sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Jika Anda belum mendapatkan bantuan paket kuota gratis, Anda wajib mengetahui cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah.

Subsidi Paket dari Kemdikbud

Subsidi Paket

Image: kuota-belajar.kemdikbud.go.id

Pemberian paket gratis dari pemerintah kepada pelajar dan pengajar masih terus berlanjut selama masa pembelajaran daring dilakukan.

Subsidi kuota internet ini ditujukan kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang aktif dan terdaftar di Dapodik sebagai bentuk bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Adapun besaran bantuan kuota gratis yang diterima akan berbeda tergantung dari jenjang tingkatan pelajar atau mahasiswa maupun para pengajar.

Berikut adalah detail rincian jumlah bantuan kuota internet gratis yang akan diterima oleh pelajar dan pengajar dari Kemdikbud dalam masa ajaran tahun 2021/2022:

  • Siswa Tingat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): 7 GB/bulan
  • Siswa Tingkat Sekolah Dasar (SD) – Sekolah Menengah Atas (SMA): 10 GB/bulan
  • Pengajar/Guru Jenjang PAUD – SMA: 12 GB/bulan
  • Dosen dan Mahasiswa: 15 GB/bulan

Sebelumnya, kuota gratis hanya bisa mengakses aplikasi dan situs pembelajaran saja. Namun, saat ini paket kuota yang diberikan merupakan akses all network.

Jadi para pelajar bahkan bisa mengakses aplikasi YouTube dan aplikasi lainnya karena kuota yang diberikan berupa kuota umum.

Hanya saja, tetap terdapat pembatasan akses terhadap situs dan aplikasi yang sudah diblokir oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Syarat Daftar Kuotanya

Untuk bisa mendapatkan bantuan sosial berupa kuota gratis dari Kemdikbud, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai penerima bantuan, antara lain:

  • Merupakan siswa PAUD, SD, SMP, SMA dan mahasiswa aktif.
  • Memiliki nomor HP aktif baik atas nama orangtua, keluarga atau nama pelajar yang bersangkutan.
  • Siswa dan guru wajib terdaftar di Dapodik.
  • Mahasiswa dan dosen harus terdaftar di PDDIKTI sebagai mahasiswa dan dosen aktif.
  • Bagi mahasiswa, wajib memiliki Kartu Rencana Studi (KRS) untuk semester yang berjalan.
  • Untuk dosen, harus memiliki nomor registrasi berupa NIDN, NIDK dan NUP.

Apabila Anda memenuhi syarat di atas namun tidak mendapatkan bantuan berupa paket data gratis, silahkan lakukan cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah di poin selanjutnya.

Cara Mendapatkan Kuotanya

Jika Anda memiliki kendala seperti mengganti nomor HP, Anda harus tahu cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah kembali.

Karena, kuota internet gratis akan mengalir pada nomor yang terdaftar.

Tentunya, Anda harus mencari cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah dan mendaftarkan kembali nomor terbaru.

Apabila Anda merupakan pelajar dan pengajar yang belum terdaftar atau mengganti nomor HP yang sudah terdaftar, silahkan ikuti cara mendapatkan kode kuota gratis dari pemerintah berikut ini:

 

Image: vervalponsel.data.kemdikbud.go.id

  • Siswa/mahasiswa sebagai calon penerima bantuan kuota terlebih dahulu wajib melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum masa penyaluran bantuan diberikan.
  • Pimpinan atau operator satuan pendidikan diharuskan mengunggah surat pernyataan tanggung jawab mutlak atau SPTJM untuk nomor yang akan diubah atau nomor baru di laman Kemdikbud.
  • Silahkan akses link vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk siswa/guru) atau pddikti.kemdikbud.go.id (untuk mahasiswa/dosen)

Bantuan Kuota Gratis 2022

Pihak Kemdikbud menyatakan bahwa bantuan kuota akan berjalan hingga tahun ajaran 2021/2022.

Namun belum ada perencanaan untuk meneruskan bantuan sosial tersebut di tahun 2022/2023.

Hal tersebut lantaran pada tahun ajaran selanjutnya, pemerintah akan mempersiapkan para pelajar dan pengajar agar bisa kembali melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Tentu kegiatan PTM akan diadakan secara perlahan dengan memperhitungkan kembali peningkatan kasus Covid-19.

Jika ajaran selanjutnya dapat dilakukan tatap muka secara penuh, maka tidak ada lagi bantuan sosial kuta internet gratis dari pemerintah.

Hati-Hati! Marak Penipuan Kuota Kemdikbud

Dari ulasan di atas mengenai bantuan dan cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah, Anda pasti sudah paham bahwa kuota akan secara otomatis masuk ke nomor pelajar atau pengajar.

Sayangnya, tetap ada pihak yang tidak bertanggungjawab membagikan link penipuan kuota gratis pemerintah yang dikirim melalui WhatsApp Group.

Sehingga informasi hoaks ini turut membuat resah. Pemerintah akan menyalurkan bantuan kuota secara langsung tanpa melalui pesan berantai berisi link tidak jelas.

Apabila Anda sudah terdaftar sebagai pelajar atau pengajar aktif, Anda hanya perlu menunggu dikirimkan paket data internet dari Kemdikbud.

Adapun bila terjadi kendala sehingga membuat Anda tidak mendapatkan bantuan sosial tersebut, Anda harus melapor kepada pihak yang bertanggungjawab di sekolah/kampus.

Dengan begitu, pihak tersebut akan memberikan informasi lebih lanjut kepada Kemdikbud.

Anda tidak harus mengklik link yang diduga adanya potensi penipuan.

Hindari pesan hoaks yang dikirim melalui media sosial agar tidak terjadi phising atau penipuan untuk mendapatkan informasi dan data sensitif dengan mengatasnamakan pihak tertentu.

Demikian informasi seputar cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah.

Pastikan data Anda sudah terdaftar di Dapodik atau PDDIKTI untuk bisa mendapatkan bantuan sosial berupa kuota gratis.

Simak juga cara dapatkan kuota gratis XL, kuota gratis Indosat dan langkah dapatkan kuota gratis Telkomsel di pembahasan kami sebelumnya ya.

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

Comments are closed.

0 %
error: Alert: Content is protected !!