can't connect to this network
Komputer

Can’t Connect To This Network’? Ini 7 Cara Mengatasinya

Internet kini menjadi kebutuhan wajib baik untuk pekerjaan, belajar hingga hiburan.

Sayangnya ketika dikoneksikan ke laptop atau pc kamu mungkin akan melihat pemberitahuan can’t connect to this network.

Artinya adalah koneksi dari jaringan wifi atau tethering tidak bisa terhubung dengan baik. Kamu tak bisa menggunakan internet karena sambungannya terganggu. Apa masalahnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Bagi kamu yang sering mengalami hal ini tak perlu panik. Karena masalah ini bisa diatasi dengan berbagai macam cara.

Simak beberapa pilihan caranya berikut ini.

7 Cara Atasi Can’t Connect To This Network pada Laptop

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa internet tidak bisa terhubung. Pertama karena jaringan wifi sudah terlalu penuh, biasanya hal ini terjadi jika kamu menggunakan wifi publik seperti di cafe atau di kampus.

Kedua karena Anda mungkin saja baru update Windows sehingga beberapa fungsi tidak berjalan lancar. Selain kedua masalah ini masih ada beberapa penyebab lainnya. Untungnya masalah-masalah seperti ini masih bisa diatasi dengan mudah.

Jadi jika muncul can’t connect to this network kamu bisa mencoba ketujuh cara berikut ini.

Coba Restart Adapter Wifi

Merefresh adapter wifi yang terhubung pada laptop adalah salah satu cara untuk memuat ulang jaringan sehingga dapat bekerja seperti semula. Langkah yang dilakukan cukup mudah tanpa harus merestart laptop.

Kamu hanya perlu masuk ke menu Control Panel kemudian pilih menu Network and Sharing Center.

Pada menu yang muncul pilih Change Adapter Settings dan kamu akan melihat pilihan jaringan yang terhubung. Klik kanan pada adapter wifi yang terhubung kemudian pilih menu Disable.

Tunggu sampai ikon berubah menjadi warna abu-abu yang artinya sudah tidak terhubung lagi. Kemudian klik kanan lagi pada menu adapter yang sama dan pilih Enable. Tunggu sampai wifi menyala dan biasanya koneksi akan langsung normal jika tak terdapat masalah.

Menjalankan Network Troubleshooter

Apabila ternyata koneksi masih belum terhubung juga artinya terdapat beberapa masalah yang harus segera diatasi. Kamu bisa menggunakan Troubleshooters pada lapotp yang sudah tersedia untuk mendeteksi di mana masalahnya.

Caranya adalah sebagai berikut ini:

Masuk ke menu settings pada laptop kemudian pilih Update Security.

Klik pada tab Troubleshooter dan pilih menu Additional troubleshooters.

Pada Internet Connection kamu bisa klik dan pilih menu Run the Troubleshooter.

Program akan melakukan scanning di mana masalah terjadi. Maka setelah beberapa saat scanning kamu akan melihat hasilnya apakah terdapat masalah. Jika iya segera perbaiki untuk melancarkan koneksi kembali.

Reinstall Driver

Apabila kedua cara di atas masih tidak bisa bekerja, mungkin saja masalahnya terdapat pada driver. Can’t connect to this network bisa juga disebabkan oleh driver yang korup sehingga driver tidak berfungsi seperti biasanya.

Cobalah untuk mengingat kembali apakah sebelumnya kamu mengunduh aplikasi yang membawa virus. Jika iya, itu bisa menjadi penyebab driver tak bisa digunakan. Untungnya kamu tak perlu mencari driver secara manual karena bisa dilakukan otomatis.

Berikut ini langkah untuk resintarl driver agar koneksi pada internet bisa berlangsung kembali.

Masuk ke Device Manager kemudian tekan pada keyboard Windows+R dan ketik devmgmt.msc dan pilih menu Ok.

Setelah itu pilih menu Network Adapters yang muncul dan carilah driver wifi pada pc yang kamu gunakan.

Klik kanan pada driver dan pilih menu uninstall device.

Kamu bisa restart komputer agar proses uninstall bekerja sempurna. Saat menyala driver akan otomatis terinstal.

Setelah itu kamu bisa mencoba menyalakan wifi dan mencobanya apakah tersambung dengan langsung. Seharusnya tidak ada masalah jika driver sudah diinstall.

Mengecek Status Jaringan

Ketika kamu sudah mencoba memperbaiki jaringan yang terdapat pada laptop dan masih tidak berfungsi, maka masalahnya bisa terdapat pada jaringan internet. Biasanya cara ini akan dilakukan pertama kali untuk mengecek dari manakah sumber masalahnya.

Kamu bisa mengecek status jaringan dengan menggunakan perangkat lain misalnya saja smartphone. Cobalah untuk mengkoneksikan jaringan dengan smartphone dan apakah terjadi masalah.

Apabila ternyata tidak terjadi masalah maka kamu bisa mengikuti beberapa langkah di atas. Kamu juga bisa menanyakan pengguna lain yang sama-sama menggunakan jaringan tersebut. Apakah mereka mengalami masalah dengan jaringan tersebut.

Reset Jaringan melalui CMD

Tips selanjutnya jika jaringan masih tidak bisa dikoneksikan maka adalah dengan mengatur konfigurasi melalui fitur CMD. Melalui fitur ini kamu bisa mereset jaringan secara keseluruhan.

Reset jaringan pada laptop akan mengembalikan koneksi yang seharusnya tersambung. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Masuk ke command prompt dengan tekan cmd pada menu search.

Setelah itu pilih menu run as administrator pada menu di sebelah kanan.

Setelah itu ketik perintah ini satu per satu : netsh winsock reset, netsh int ip reset, ipconfig /release, ipconfig /renew, ipconfig /flushdns.

Setiap selesai mengetik satu per satu perintah tersebut jangan lupa tekan enter.

Apabila sudah selesai melakukannya kamu bisa mereset komputer sehingga bisa bekerja seperti semula. Kemudian kamu bisa mencoba untuk menghubungkan kembali ke internet. Seharusnya usai melakukan cara ini tidak akan muncul lagi info can’t connect to this network.

Forget Wifi

Wifi yang sudah diganti passwordnya membuat semua perangkat yang terhubung juga harus mengubahnya. Sayangnya tidak semua laptop memberikan informasi untuk mengubah password wifi yang sama.

Oleh karena itu pemberitahuan yang muncul adalah jaringan tidak bisa terkoneksi yang membuat panik. Koneksi akan selalu gagal jika kamu memasukkan password yang lama. Oleh karena itu kamu harus menghapus password lama dan menggantikannya dengan yang baru.

Dengan cara tersebut maka kamu tidak perlu mengisi password setiap kali ingin mendapatkan koneksi. Berikut ini cara forgot password yang bisa diikuti.

Masuk pada menu settings kemudian pilih Network & Internet.

Pada bagian sebelah kiri kamu bisa klik Wifi kemudian pilih menu Manage Known networks.

Kamu akan melihat semua jaringan wifi yang sudah pernah terhubung ke laptop dan pilih wifi yang ingin diganti passwordnya.

Setelah itu klik Forget untuk melupakan password lama.

Jika sudah selesai, tutup semua jendela pengaturan tersebut dan cobalah untuk konek dengan password yang baru. Maka password tersebut akan otomatis tersimpan.

Restart Modem Wifi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan merestart modem wifi. Beberapa router atau modem yang jarang dimatikan biasanya akan panas dan membuat jaringan bermasalah.

Biasanya modem sebaiknya di restart secara rutin, tujuannya adalah untuk menjaga agar jaringan tetap stabil. Matikan dengan menekan tombol power pada router selama 12 menit. Setelah itu nyalakan kembali dan jaringan akan terhubung kembali.

Masalah can’t connect to this network sangat mudah untuk diatasi tanpa harus pergi ke tempat servis untuk memperbaikinya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *