isp
Komputer

ISP: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Perkembangan teknologi memang sudah membuat orang itu bisa mengakses informasi dengan lebih mudah terutama karena internet.

Untuk bisa mengakses internet sendiri Anda membutuhkan yang namanya ISP, namun tidak banyak yang tahu ISP adalah apa.

Penggunaan internet sendiri sangat beragam sekali di masa sekarang, sehingga banyak hal dan kegiatan manusia jadi dimudahkan.

Dan di internet sendiri ISP itu adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus ada, berikut kami akan berikan penjelasan mengenai ISP itu apa.

Kepanjangan dari ISP

Kalau dalam bahasa Inggris kepanjangan ISP adalah Internet Service Provider, ini yang bisa menghubungkan internet dan menyalurkan data.

Namun kalau dalam bahasa Indonesia itu ISP memiliki singkatan sendiri yakni singkatannya itu adalah PIJI kepanjangannya Penyelenggara Jasa Internet.

Jadi dari kepanjangan di atas kita bisa mengerti kalau ISP itu sendiri adalah sebuah perusahaan yang memberikan layanan internet pada klien.

Jadi itu adalah sebuah perusahaan yang memberikan pelayanan konsumen supaya bisa mengakses internet dan juga berbagai media online.

Karena ini merupakan perusahaan tentunya layanan tersebut tidak gratis, jadi ada biaya yang memang cukup beragam untuk ISP ini.

Kalau di Indonesia sendiri memang ISP sendiri kurang familier, akan tetapi orang lebih terbiasa menggunakan kata provider internet.

Untuk di Indonesia sendiri kebanyakan ISP itu adalah perusahaan kabel ataupun juga telepon seluler dengan tawaran internet subscription.

Jadi layanan ISP di Indonesia sendiri kebanyakan termasuk juga layanan TV kabel dan juga layanan telepon seluler yang biasa.

Jaringan yang diberikan oleh perusahaan ISP sendiri memang sangat luas dan mencakup koneksi domestik dan juga internasional.

Sehingga data akan mengalir melalui jaringan data yang luas secara global, ini membuat pengguna bisa terhubung dengan mudah ke jaringan global.

Jenis Layanan ISP

Jenis Layanan ISP

Layanan ISP adalah menyediakan layanan koneksi internet untuk para pengguna, akan tetapi jenis layanan yang dimiliki itu tidak hanya satu.

Ada beberapa jenis layanan ISP yang mungkin perlu Anda ketahui dengan baik.

Dan berikut ini kami akan jelaskan mengenai setiap jenis layanan tersebut.

1. Dial Up atau Modem

Dial up itu menggunakan modem, karena itulah sering dibilang ini adalah layanan internet modem yang terhubung koneksi internet.

Biasanya layanan ini menggunakan kabel telepon dan bisa dipasang di mana saja, dan biasanya memiliki biaya yang relatif murah.

2. Internet Hotspot

Untuk layanan ini tidak membutuhkan kabel untuk bisa terhubung dengan internet, namun memiliki kecepatan yang biasanya lebih tinggi.

Untuk jenis layanan ISP ini biasanya tersedia di tempat umum seperti misalnya Cafe, Bandara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Dedicated Connection

Untuk layanan ini ISP adalah layanan yang akan bekerja selama 24 jam penuh dengan kecepatan yang cepat dan stabil.

Biasanya layanan seperti ini dibutuhkan oleh perusahaan agar supaya perusahaan itu bisa beroperasi dengan lancar dan juga bisa berkembang dengan baik.

4. Internet Mobile

Untuk layanan ini adalah layanan yang khusus dipakai untuk smartphone ataupun ponsel, supaya orang bisa terhubung internet menggunakan smartphone.

Layanan ini biasanya menggunakan sim card khusus dan biasanya berjalan baik di GSM ataupun CDMA.

5. Wireless Connection

Untuk layanan ISP ini biasanya juga tidak membutuhkan kabel untuk bisa terhubung dengan internet, dan biasanya ada tarif setiap bulannya.

Untuk jenis layanan ISP ini sebenarnya lebih efektif dan juga efisien, sehingga sekarang banyak yang menggunakan layanan ini.

Fungsi ISP

Apabila Anda melihat dan memperhatikan dari sisi pengertian, maka jelas kalau fungsi ISP itu adalah untuk memberikan akses ke internet.

Akan tetapi sebenarnya fungsi dari ISP itu tidak hanya sesimpel itu, ada beberapa fungsi yang mungkin tidak banyak diketahui. Berikut ini beberapa fungsi dari ISP.

  1. Menyediakan jasa layanan koneksi internet kepada masyarakat luas termasuk di Indonesia
  2. Menyambungkan pengguna dari layanan ISP ke gateway untuk internet terdekat
  3. Penyedia perangkat modem ataupun juga antena yang akan digunakan untuk koneksi internet dial up
  4. Menyediakan tempat untuk homepage
  5. Berikutnya salah satu fungsi ISP adalah menjadi media untuk para pelanggan bisa melakukan upload maupun download berbagai macam data dari internet
  6. Menyambungkan pengguna internet ke layanan informasi yang ada di World Wide Web
  7. Mempermudah akses internet ke seluruh penjuru Indonesia
  8. Memajukan teknologi internet di daerah terpencil yang ada di Indonesia
  9. Memungkinkan untuk semua klien itu bisa berkomunikasi baik via suara ataupun juga via surat

Jadi mungkin kalau gambaran secara umum fungsi dari ISP ini hanya sebagai penyedia akses internet untuk para pengguna di suatu negara.

Akan tetapi Anda bisa lihat sendiri kalau sebenarnya tanggung jawab dan pekerjaan dari ISP itu tidak sesederhana itu namun tetap berhubungan.

Cara Kerja ISP

Setelah Anda mengetahui apa itu ISP dan juga kemudian fungsi dari ISP itu apa, maka saatnya Anda mengetahui bagaimana cara kerja dari ISP.

Karena hal ini cukup penting Anda ketahui, supaya Anda pun tahu bagaimana cara untuk mengakses internet itu sebenarnya.

Untuk cara kerja dari ISP sendiri sebenarnya di Indonesia itu sangat sederhana sekali sih, semua itu tergantung dari orang yang ingin mendapatkan aksesnya.

Jadi perusahaan ISP sendiri tinggal menunggu pengguna internet yang meminta akses ke internet ke perusahaan ISP ini.

Perusahaan ISP adalah penyedia, sehingga mereka hanya perlu menunggu orang untuk meminta akses internet kepada mereka.

Kemudian mereka akan melakukan routing jaringannya itu ke perangkat yang dimiliki oleh pengguna internet tersebut agar bisa digunakan.

Nah perangkat yang bisa dihubungkan ke jaringan itu memang ada beberapa pilihan, bisa melalui modem, desktop, ataupun smartphone.

Bisa juga dalam rupa akses poin untuk bisa dihubungkan ke jaringan, namun beberapa perangkat juga disediakan oleh perusahaan ISP ini.

Proses routing sendiri biasanya dilakukan satu kali saja untuk setiap perangkat, kecuali Anda mengganti perangkat untuk menghubungkan jaringan.

Dan setelah sudah terhubung maka Anda bisa langsung menggunakan akses internet untuk berbagai keperluan yang Anda butuhkan.

Pemilihan jaringan pun bisa disesuaikan sendiri lho, Anda bisa menghubungi saja perusahaan ISP untuk menentukan jaringan yang akan digunakan.

Beberapa ISP Populer di Indonesia

jenis jenis isp

Image: play.google.com

Seperti Anda ketahui kalau koneksi internet itu sudah ada di Indonesia dan juga sudah banyak mengalami perkembangan juga.

Ini tentunya menjadi bukti kalau ISP di Indonesia itu sudah ada malah mungkin sudah ada cukup banyak.

Akan tetapi mungkin masih banyak orang yang tidak mengerti beberapa contoh dari ISP yang ada di Indonesia itu apa saja.

Berikut ini beberapa internet service provider yang ada di Indonesia yang mungkin sebenarnya sudah sering Anda dengar sebelumnya.

1. Indihome

Di Indonesia salah satu ISP adalah Indihome, ini adalah salah satu ISP yang memang sangat populer di Indonesia.

Ini adalah ISP dari Telkom Indonesia yang memiliki banyak sekali layanan mulai dari WIFI rumah, TV kabel, dan juga menyediakan telepon kabel.

2. Centrin

Ini adalah ISP yang memiliki layanan yang cepat dan juga sangat stabil karena menggunakan jaringan fiber optic.

Layanan ISP ini juga memiliki banyak sekali fitur yang bisa terbilang sangat canggih dan juga memiliki dukungan mencapai 24 jam penuh..

3. Astinet

Ini adalah ISP dengan jenis layanan Dedicated dan layanan ISP ini berasal dari Telkom Indonesia juga.

Biasanya ISP ini digunakan untuk layanan internet dengan skala besar, karena ini juga bisa aktif selama 24 jam dan biasa dipakai oleh perusahaan besar.

4. IM2

Berikutnya adalah ISP IM2 yang merupakan ISP yang dibuat oleh perusahaan PT Indosat sebagai provider smartphone.

Biasanya koneksi internet dari ISP ini dipakai untuk penggunaan pribadi dan juga digunakan untuk kepentingan komersial.

5. First Media

Salah satu perusahaan ISP adalah First Media yang merupakan salah satu pelopor internet super cepat yang ada di Indonesia.

Harga dan juga layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini pun sebenarnya hampir sama dengan Indihome.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *