machine learning
Komputer

Machine Learning: Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi kian pesat dan semakin tak terbayangkan. Beragam menu baru bisa kita nikmati dengan mudah, cepat, dan tentunya praktis.

Kita harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepat berubah dengan pesat. Bila tidak, tentu kita akan ketinggalan zaman dan tentunya juga gagap teknologi alias gaptek.

Berbagai alat teknologi yang muncul di lingkungan sekitar sebenarnya merupakan bagian dari perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau sering disebut sebagai Artificial Intelligence (AI).

Salah satu cabangnya yakni berupa Machine Learning.

Teknologi canggih ini sangat menarik perhatian bahkan diminati oleh banyak sektor kehidupan.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut terjadi karena machine learning adalah mesin yang dapat belajar seperti manusia.

Mungkin Anda masih merasa heran bahkan tidak menyangka bahwa mesin dapat melakukan aktivitas yang sama seperti manusia bahkan jauh lebih hebat.

Kecerdasan buatan tersebut tentunya dibekali dengan teknologi yang canggih.

Kenali Artificial Intelligence Sebelum Mendalami Machine Learning

Sebelum kita belajar tentang apa itu machine learning, alangkah baiknya Anda juga memahami istilah dari Artificial Intelligence.  ML merupakan bagian dari AI. Untuk itu, Anda perlu mengenali sedikit informasi mengenai AI.

Perlu diketahui, AI dalam pengaplikasiannya memiliki tujuh cabang kecerdasan buatan.

Adapun ketujuh cabang tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Machine Learning (ML)
  • Natural Language (NL)
  • Processing
  • Expert System (ES)
  • Vision
  • Speech
  • Planning
  • Robotics

Meskipun AI memiliki banyak cabangnya, namun bukan berarti pengembangan pada kecerdasan buatan ini semakin sempit. Justru adanya percabangan ini akan mengembangkan setiap percabangan yang ada. Alhasil, AI menjadi semakin kompleks.

Nah, pada artikel ini Anda tidak belajar semua percabangan yang ada pada AI di atas. Namun, Anda hanya akan mendalami salah satu cabang dari AI yakni Machine Learning. Apakah Anda sudah mengenalnya? Apa itu machine learning?

Pengertian Machine Learning

Pengertian Machine Learning

Perlu diketahui, machine learning adalah teknologi mesin yang telah dikembangkan sebagai mesin yang dapat belajar secara mandiri tanpa pengarahan dari penggunanya. 

Pembelajaran tersebut dikembangkan sesuai dengan disiplin ilmu yang berkaitan dengan mesin. Misalnya seperti matematika, statistika, serta data mining yang dapat dianalisa menggunakan mesin tanpa adanya perintah dari penggunanya.

Kaitannya dengan hal tersebut, machine learning mempunyai kemampuan yang sangat kompeten dalam mendapatkan data sesuai dengan perintah dirinya sendiri.

Mesin ini juga mampu mempelajari data yang sudah ada bahkan data yang dia dapatkan. Hal tersebut tentunya memudahkan mesin dalam melakukan suatu tugas tertentu.

Lantas, apa tugas yang dilakukan oleh machine learning? Tugas machine learning adalah sangat beragam. Hal tersebut tentunya sangat bergantung pada apa yang telah dipelajari oleh mesin  tersebut. Tentu setiap mesin akan mempelajari hal-hal yang berbeda sehingga memiliki tugas yang beragam, kan?

Sejarah Machine Learning

Untuk mengenali lebih dalam tentang apa itu machine learning, maka Anda harus tahu sejarah munculnya ML ini.

Istilah mengenai machine learning sebenarnya diperoleh beberapa ilmuwan yang bergerak di bidang matematika. Ilmuwan tersebut antara lain Thomas Bayes, Adrien Marie Legendre, dan Andrey Markov.

Sekitar tahun 1920 an, para ilmuwan ini menemukan konsep beserta dasar-dasar mengenai machine learning.

Kemudian penemuan tersebut diakui oleh banyak kalangan ilmuwan lain sehingga cukup banyak yang mengembangkannya menjadi suatu produk. Salah satunya yakni Deep Blue yang diproduksi oleh IBM tahun 1996.

Bila Anda belum mengenali Deep Blue, maka disini Anda akan paham dengan hal tersebut. Deep Blue menjadi salah satu machine learning yang canggih pada zamannya. Machine learning ini dikembangkan untuk dapat mempelajari permainan catur.

Tak hanya itu, machine learning ini juga mampu mengalahkan pemain catur profesional dan menjadi pemenang dalam pertandingan catur. Bayangkan, sebuah mesin dapat mengalahkan pemain catur profesional tentunya sangat mengagumkan, kan?

Sebenarnya penerapan dari machine learning ini tidak hanya Anda temukan pada contoh di atas. Berbagai bidang dalam kehidupan saat ini sebetulnya sudah banyak yang menerapkan machine learning. Bahkan, Anda mungkin tidak menyadarinya. 

Sebagai contoh, saat Anda hendak membuka kunci pada perangkat ponsel canggih yang Anda miliki. Anda mungkin akan menggunakan kode berupa sidik jari bahkan fitur canggih seperti deteksi wajah.

Nah, disinilah kinerja dari machine learning. Sistem akan membaca data yang telah disimpan sehingga ponsel Anda akan terbuka otomatis menggunakan sidik jari Anda maupun wajah yang telah Anda rekam pada ponsel tersebut.

Hal lain yang tidak Anda sadari yakni saat melakukan pencarian atau penjelajahan menggunakan internet maupun media sosial. Anda mungkin akan menemukan banyak iklan yang mengganggu bahkan sangat sering Anda lihat. Mengapa bisa seperti itu? 

Machine learning telah merekam data-data yang Anda cari dan kunjungi setiap saat sehingga iklan yang muncul pada gawai Anda akan disesuaikan dengan data tersebut. 

Sebetulnya ada beragam contoh lain dalam kehidupan nyata yang menerapkan sistem dari machine learning. Terlepas dari hal tersebut, Anda pasti membayangkan cara kerja seperti apa itu machine learning?

Cara Kerja Machine Learning

Cara Kerja Machine Learning

Anda mungkin masih penasaran dengan sistem kerja dari kecerdasan buatan ini.

Sebenarnya, cara kerja dari machine learning adalah dibagi menjadi dua teknik dasar.

Adapun teknik tersebut sebagai berikut.

  • Supervised Learning

Teknik ini sebenarnya merupakan suatu teknik yang dapat Anda terapkan pada berbagai pembelajaran mesin.

Namun, mesin tersebut harus mampu menerima informasi yang ada pada data dengan pemberian label atau tanda tertentu.

Teknik ini juga dapat memberikan target mengenai output yang dilaksanakan dengan melakukan perbandingan mengenai pengalaman belajarnya di masa lampau.

Sebagai contoh, Anda memiliki beberapa film yang telah Anda tandai dengan label tertentu. Misalnya film tersebut dikategorikan berdasarkan genre.

Film bergenre komedi tentunya akan masuk dalam file komedi. Sedangkan film bergenre horror tentu akan masuk ke dalam file horror.

Setelah Anda menandai itu, maka secara otomatis film-film baru yang Anda masukan akan dikategorikan berdasarkan genrenya.

  • Unsupervised Learning

Apabila pada teknik sebelumnya menganut data informasi yang telah tersimpan, maka lain halnya dengan teknik Unsupervised Learning.

Pada teknik ini justru data yang dipelajari oleh machine learning merupakan data yang berada di luar data penyimpanan. 

Tugas dari machine learning adalah akan membaca data tersebut tidak terdeteksi. Namun selanjutnya akan mengkategorikan ke dalam data lain. Untuk itu, kedua teknik pada pembacaan kecerdasan mesin ini saling melengkapi.

Demikian kiranya informasi mengenai Apa itu machine learning. Anda tentunya telah mendapatkan banyak informasi tentang kecerdasan buatan yang menjadi salah satu cabang dari AI alias Artificial Intelligence ini. 

Anda sekarang tentunya sudah memahami machine learning bahkan dapat mengetahui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan tentunya menambah ilmu baru dan lebih berkembang khususnya tentang teknologi kecerdasan buatan dan baca informasi teknologi lainnya hanya di Kubiktekno.com.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *