tiktok di iphone
Media Sosial

Begini 2 Cara Duet di Tiktok Mudah Tanpa Ribet!

Akhir-akhir ini Tiktok menjadi salah satu jejaring sosial yang paling sering digunakan oleh pengguna internet setelah Instagram.

Jika Anda salah satu pengguna Tiktok dan ingin mengetahui cara duet di Tiktok yang mudah, simak ulasan selengkapnya disini.

Mengenal Aplikasi Tiktok

Tiktok adalah platform video musik dan jejaring sosial yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit video.

Video yang dibuat melalui aplikasi Tiktok dapat dibagikan ke berbagai jejaring sosial lainnya beserta Musik, filter, dan efek pendukungnya.

Aplikasi Tiktok pertama kali dirilis sejak bulan September awal tahun 2016 oleh seorang pendiri sekaligus pemilik dari perusahaan teknologi ByteDance yaitu Zhang Yiming.

Sebelum menjadi terkenal, aplikasi Tiktok hanya dapat digunakan untuk membagikan video berdurasi 15 detik saja.

Namun seiring pengguna yang semakin bertambah, fitur-fitur baru mulai ditambahkan pada aplikasi Tiktok.

Tepatnya pada tahun 2018, Tiktok berhasil menjadi salah satu aplikasi yang paling viral di Indonesia.

Meskipun sempat diblokir oleh Kominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika) karena dianggap menyebarluaskan informasi yang tidak mendidik.

Namun pada akhirnya aplikasi Tiktok kini telah diunduh lebih dari 100 juta kali oleh pengguna berdasarkan data dari Google Playstore.

duet tiktok

Fitur-Fitur yang Tersedia di Tiktok

Sebagai aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna khususnya oleh para remaja, anak-anak, dan dewasa.

Tiktok semakin memberikan fasilitas yang terbaik untuk memanjakan para penggunanya, yaitu dengan menghadirkan fitur-fitur menarik seperti berikut ini:

  1. Penambahan Musik

Sebagai platform jejaring sosial video Musik, tentu saja Tiktok memiliki fitur penambahan Musik pada video yang akan Anda buat dan bagikan.

Anda dapat menambahkan berbagai jenis Musik yang dapat disesuaikan dengan konten-konten Anda, atau Anda dapat menggunakan Musik pada video Tiktok lain yang Anda sukai.

Selain menambahkan Musik, Anda juga bisa berbagai Musik yang Anda unggah agar dapat digunakan oleh pengguna Tiktok yang lain.

Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan Musik-musik yang tersedia di Tiktok akan terkena copyright.

Semua Musik yang ada di aplikasi Tiktok dapat digunakan secara bebas dan sudah termasuk izin dari pemilik Musik tersebut.

  1. Filter Untuk Video

Sebelum membahas cara duet di Tiktok yang mudah, Anda perlu mengetahui fitur-fitur terbaru di Tiktok.

Salah satu fitur unggulan di Tiktok adalah filter untuk video yang dapat membantu mengubah tune warna maupun rona video sesuai konten yang Anda buat.

  1. Filter Stiker dan Efek Pada Video

Aplikasi Tiktok juga menyediakan efek dengan 5 kategori yang berbeda yaitu efek sticker, efek visual, efek transition, efek waktu, dan efek split.

Efek atau filter stiker dapat digunakan untuk membuat maupun mengedit video. Selain itu ada berbagai pilihan stiker yang bisa Anda gunakan secara bebas tanpa perlu membayar biaya langganan.

  1. Voice Changer

Jika Anda adalah seorang yang tidak percaya diri dengan suara Anda, tidak perlu khawatir sebab Anda bisa menggunakan fitur voice changer atau fitur pengubah suara.

Fitur ini dapat digunakan untuk merubah dan memberikan efek suara pada video yang Anda buat.

Cara menggunakan fitur ini juga cukup mudah yaitu hanya perlu memilih voice effect Ketika Anda sedang merekam suara.

akun resmi tiktok

  1. Beautify

Anda ingin menutup jerawat atau ingin tampil cantik tanpa make up? Tiktok dapat memberikan solusi melalui fitur beautify.

Fitur baru di Tiktok dapat membuat wajah Anda cantik seperti menggunakan make up, dengan memberikan kesan kulit wajah yang halus dan cerah.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk merubah bentuk wajah Anda menjadi tirus atau lebih berisi, membuat mata menjadi lebih lebar atau lebih sipit, hingga mewarnai bibir seperti menggunakan lipstick dengan berbagai pilihan warna.

  1. Hapus Komen dan Blokir Pengguna

Jika Anda tidak suka dengan komentar dari pengguna lain, tidak perlu khawatir. Tiktok juga menyediakan fitur untuk menghapus komentar-komentar negatif, serta memblokir pengguna lain. Tidak hanya sampai disitu, fitur ini dapat digunakan untuk memblokir banyak pengguna sekaligus.

  1. Live

Aplikasi Tiktok menyediakan fitur khusus untuk pengguna yang telah memiliki minimal 1000 pengikut atau followers, yaitu fitur live.

Fitur live tidak akan muncul pada pengguna baru atau pengguna yang belum memiliki lebih dari 1000 pengikut.

Fitur live dapat digunakan untuk membuat siaran langsung melalui aplikasi Tiktok, sehingga Anda dapat merekan dan menyiarkan video Anda di waktu yang bersamaan.

  1. Auto Captions

Sering kali pengguna jejaring sosial merasa kesulitan untuk membuat caption, namun Tiktok memiliki filter yang dapat membantu pengguna dalam membuat caption.

Fitur auto caption dapat digunakan untuk membuat subtitle dari video yang diunggah secara otomatis.

Selain itu, Tiktok juga dapat mentranskripsi secara otomatis kata-kata yang diucapkan oleh creator di dalam video. Anda juga bisa melihat dan menyunting hasil transkrip apabila terdapat kata atau teks yang tidak sesuai.

Bagaimana Duet Nyanyi di Tiktok

Salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam aplikasi Tiktok adalah fitur duet dimana pengguna dapat membuat kolaborasi dua video dalam satu frame Bersama video pengguna lain.

Fitur ini sangat disukai karena dapat menambah viewers atau penonton dalam jumlah yang banyak secara cepat.

Cara duet di Tiktok baik berupa video maupun video nyanyi dapat dilakukan melalui dua cara yaitu langsung dari aplikasi Tiktok atau menggunakan aplikasi edit video untuk menggabungkan dua file video.

Duet di Tiktok melalui Aplikasi

Cara duet nyanyi di Tiktok yang pertama yaitu melalui fitur yang terdapat di dalam aplikasi Tiktok itu sendiri.

Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk membuat video duet dengan mudah dan cepat:

  1. Login terlebih dahulu ke aplikasi Tiktok
  2. Kemudian, pilih video yang ingin Anda jadikan sebagai video duet
  3. Di video yang Anda pilih, silahkan klik “Share” yang memiliki simbol tanda panah yang melengkung. Saat tombol tersebut ditekan, maka akan muncul berbagai opsi yang bisa Anda pilih. Pilihlah opsi “Duet
  4. Setelah itu, Anda bisa membuat video duet secara langsung di aplikasi Tiktok

Jika Anda menggunakan cara duet Tiktok ini, maka Anda harus siap merekam atau mengunduh video yang akan dikombinasikan sebagai video duet.

Anda bisa mengedit secara langsung melalui aplikasi Tiktok apabila video telah berhasil diunggah ke Tiktok.

tiktok android app

Duet Video Tiktok dengan Aplikasi Edit Video

Selain melalui aplikasi langsung, cara duet nyanyi di Tiktok yang mudah yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi edit video.

Namun cara ini cukup rumit jika dibandingkan dengan cara pertama.

Ikuti langkah membuat video duet nyanyi di Tiktok.

  1. Sebelum menggunakan aplikasi edit video untuk membuat video duet Tiktok, pastikan Anda telah mengunduh terlebih dahulu aplikasi edit video.
  2. Lalu pilih video yang ingin kamu kombinasikan dengan video Anda di Tiktok, dan unduh video tersebut agar tersimpan ke dalam perangkat seluler Anda.
  3. Buka aplikasi edit video dan pilih menu Grid untuk membuat dua frame agar dapat disisipkan oleh dua video yang Anda pilih sebelumnya.
  4. Anda bebas untuk menambahkan stiker atau filter pada video yang berhasil di tambahkan. Setelah selesai mengedit video, silahkan tekan tombol Next untuk menyimpan atau membagikan hasil video yang telah diedit
  5. Selanjutnya, buka Kembali aplikasi Tiktok dan klik simbol (+) tambah untuk mengunggah video yang telah Anda buat.
  6. Klik opsi Upload dan tunggu beberapa saat hingga proses pengunggahan video berhasil dilakukan
  7. Selesai

Perlu diketahui bahwa menggunakan aplikasi edit video untuk membuat video duet Tiktok tidak akan terdapat tag pada sumber asli video yang Anda pilih untuk dikombinasikan.

Hal tersebut karena Anda mengunduh video dan mengedit video di luar aplikasi Tiktok.

Mengenal Berbagai Pilihan Pada Fitur Share di Aplikasi Tiktok

Saat Anda menekan tombol Share di suatu video yang muncul pada beranda Tiktok Anda, maka akan muncul beberapa opsi dan menu yang dapat dipilih, apa saja opsi-opsi tersebut dan kegunaannya?

Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Report – opsi yang digunakan untuk membuat laporan terhadap video tersebut, apabila video tersebut mengandung kekerasan, penipuan, atau video yang tidak baik
  • Not Interested – opsi yang digunakan apabila Anda tidak menyukai video tersebut, opsi ini dapat digunakan agar Tiktok dapat menyaring video-video dengan konten serupa sehingga tidak akan ditampilkan Kembali pada beranda Tiktok Anda.
  • Save Video – fitur ini dapat digunakan jika Anda ingin menyimpan video ke dalam perangkat Anda, nantinya video akan otomatis terunduh
  • Duet – opsi yang digunakan untuk membuat video duet di aplikasi Tiktok
  • Stitch – opsi dengan fitur yang hampir sama dengan duet, namun opsi ini tidak membagi video menjadi dua frame. Namun opsi ini sering digunakan oleh pengguna Tiktok untuk memberikan respons pada video pertama.
  • Add to Favorites – digunakan untuk memasukkan video ke dalam daftar video yang Anda sukai.

macam macam sosial media

Tips Agar Video Tiktok Mendapat Banyak View dan Like

Menjadi creator atau pembuat konten melalui aplikasi Tiktok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Terkadang para pengguna berlomba-lomba untuk masuk for you page (FYP) atau halaman beranda yang direkomendasikan sehingga mendapatkan banyak penonton dan like.

Berikut ini kami akan berikan tips agar video Anda dapat masuk dalam daftar FYp dan mendapatkan banyak like serta jumlah penonton.

  • Unggah video dengan kualitas terbaik, video yang bagus adalah video yang dapat memuaskan para penonton salah satunya dengan menampilkan kualitas dan konten yang terbaik
  • Gunakan Musik-musik yang sedang populer, Anda bisa memilih berbagai Musik populer secara langsung di Tiktok atau menggunakan Musik dari video yang masuk daftar FYP
  • Gunakan hashtag yang sedang ramai diperbincangkan
  • Ikuti tren atau challenge di Tiktok, pengguna Tiktok sangat terobsesi dengan challenge dan tren, Anda bisa ikuti challenge untuk menarik banyak penonton.
  • Unggah video Tiktok Anda di jam tertentu atau pada saat prime time

Demikianlah informasi seputar cara duet di Tiktok secara mudah beserta pengertian dan fitur-fitur yang dimiliki oleh Tiktok.

Dapatkan informasi menarik lainnya disini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *