cara mengatasi whatsapp kadaluarsa
Media Sosial

Penyebab dan 3 Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa

Salah satu aplikasi pesan yang sangat populer dan juga digunakan oleh banyak orang di dunia itu adalah aplikasi WhatsApp.

Namun ada satu kendala yang sering membuat orang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp itu adalah karena sudah kadaluarsa.

Jadi kita harus tahu cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa ini agar supaya bisa digunakan lagi.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa bukan masalah kalau WhatsApp kadaluarsa itu bukan sesuatu yang mengganggu. 

Padahal sebenarnya sangat mengganggu lho, karena WhatsApp itu tidak akan bisa digunakan kalau sudah kadaluarsa atau sudah versi lama.

Oleh karena itu Anda itu perlu sekali mengatasinya dengan baik, dan sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan.

Penyebab dari WhatsApp Kadaluarsa

Sebelum Anda masuk untuk mencari tahu cara untuk mengatasinya, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab sebenarnya WhatsApp itu kadaluarsa.

Karena dari penyebab itulah nantinya kita akan tahu bagaimana sih cara yang paling tepat untuk bisa mengatasi kondisi WhatsApp kadaluarsa.

Dan berikut ini kami akan informasikan beberapa penyebab yang mungkin bisa membuat aplikasi WhatsApp kadaluarsa dan tidak bisa digunakan.

1. Sudah Versi Lama

Penyebab yang pertama adalah karena sudah ada versi yang terbaru dari aplikasi WhatsApp yang baru saja keluar.

Biasanya memang keputusan dari WhatsApp itu sendiri yang membuat versi lama tidak akan bisa dipergunakan lagi untuk chat.

Jadi Anda perlu mengikuti apabila perkembangan atau update dari aplikasi WhatsApp supaya tahu apakah memang masalahnya ini atau yang lain untuk menentukan cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa. 

2. Pengaturan Waktu Tidak Tepat

Penyebab yang kedua itu adalah soal pengaturan waktu yang kurang tepat ataupun juga kurang akurat karena kesalahan tertentu.

Karena pengaturan waktu pada smartphone itu memang akan berpengaruh pada aplikasi WhatsApp dan membuat seolah aplikasi itu kadaluarsa.

Ini mungkin suatu penyebab yang mungkin tidak terlalu banyak diketahui dan tidak banyak disadari oleh orang.

Beberapa Cara Memperbaiki WhatsApp yang Kadaluarsa

Setelah sudah mengerti beberapa penyebab dari adanya permasalahan soal WhatsApp kadaluarsa, kemudian baru bisa tahu cara mengatasinya.

Dan pilihan mengenai cara mengatasinya sendiri sebenarnya memang ada beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk bisa mengatasi WhatsApp kadaluarsa.

Dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa cara yang bisa dipakai untuk bisa mengatasi permasalahan WhatsApp ini yang memang sangat mengganggu.

1. Melakukan Update Melalui Playstore Atau Appstore

Salah satu cara yang bisa kita pakai untuk mengatasi masalah WhatsApp kadaluarsa itu adalah dengan menggunakan update aplikasi.

Ini adalah cara yang paling biasa digunakan untuk mengatasi permasalahan kadaluarsa pada aplikasi WhatsApp ini.

Namun untuk menggunakan metode ini Anda perlu sekali untuk memastikan kalau ini memang soal ini versi lama.

Untuk melakukan pengecekan sebenarnya ada beberapa cara, salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah dengan Playstore.

Caranya sebenarnya cukup mudah, salah satu caranya adalah dengan membuka Playstore yang Anda miliki untuk mengecek.

Nanti Anda cari aplikasi WhatsApp di Playstore dengan mengetik di mesin pencari di Playstore yang sangat memudahkan untuk mencari aplikasinya.

Setelah itu Anda lihat tulisannya, kalau update maka berarti aplikasi WhatsApp yang Anda miliki itu adalah versi yang lama

Apabila memang masalahnya ada pada versi WhatsApp, maka Anda bisa langsung melakukan Update pada WhatsApp Anda.

Berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk melakukan update pada WhatsApp Anda dengan mudah.

    1. Buka aplikasi Playstore

 

  1. Langkah kedua adalah Anda harus melakukan pencarian aplikasi WhatsApp, Anda bisa menggunakan mesin pencari dan mengetik WhatsApppilih aplikasi WhatsApp
  2. Langkah yang ketiga adalah pilih aplikasi WhatsApp dengan developer WhatsApp LLC
  3. Nanti akan ada tulisan Update dan Anda klik Update tersebut
  4. Tunggu sampai selesaiTunggu sampai selesai dan kemudian ketika sudah selesai maka Anda bisa coba buka aplikasi WhatsApp Anda itu
  5. Apabila memang masalahnya pada versi WhatsApp, maka aplikasi tersebut bisa langsung dibuka

2. Melakukan Update Melalui Situs Resmi

Masalah update pun sebenarnya memang tidak hanya dengan menggunakan Playstore, akan tetapi ada satu cara yang lainnya.

Cara yang bisa dipakai untuk update itu memang merupakan cara yang bisa dipakai itu adalah dengan menggunakan situs resmi.

Jadi ini bisa menjadi cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa yang masih termasuk soal update yang bisa Anda pergunakan untuk mengatasi masalah itu.

Untuk menggunakan metode ini sebenarnya memang sedikit rumit ya, karena Anda harus menggunakan browser untuk akses situs resmi WhatsApp.

Karena pada dasarnya Anda perlu sekali untuk mencari file apk dari WhatsApp yang versi terbaru untuk melakukan install

Dan untuk mendapatkan file apk tersebut tentunya Anda bisa melalui situs resmi dan Anda bisa mendapatkan file apk yang aman.

Untuk bisa melakukan update dengan cara ini tentunya ada beberapa langkah-langkah yang harus diikuti dengan baik dan benar.

Informasi soal langkah untuk memang sangatlah penting sekali, karena kalau salah langkah maka Anda bisa gagal update.

Dan berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk bisa melakukan update yang menjadi cara memperbaiki WhatsApp yang kadaluarsa.

  1. Langkah pertama sudah pasti adalah masuk ke situs resmi dari WhatsApp itu sendiriLangkah pertama sudah pasti adalah masuk ke situs resmi dari WhatsApp itu sendiri
  2. Langkah yang kedua adalah mencari file apk dari WhatsApp yang ada di situs resmi menu unduhan. Dan setelah itu Anda unduh sekarang file apk tersebut
  3. Langkah yang kedua adalah Anda buka file apk yang sudah Anda download
  4. Konfirmasi install untuk kemudian melakukan update pada WhatsApp di smartphone Anda sebagai cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa

Konfirmasi install

3. Setting Waktu Dengan Benar

Cara berikutnya yang bisa dipakai untuk mengatasi permasalahan WhatsApp kadaluarsa itu adalah dengan melakukan setting waktu.

Karena apabila waktu pada smartphone tidak benar dan akurat, maka akan mendapatkan notifikasi kalau WhatsApp itu kadaluarsa.

Jadi Anda perlu sekali untuk memastikan waktu di smartphone Anda itu sudah benar dan juga tepat sebelum melakukan ini.

Dan ketika setting waktu tidak benar, maka Anda itu perlu sekali untuk melakukan setting waktu agar supaya bisa memakai WhatsApp kembali.

Untuk melakukan setting waktu sendiri memang bisa berbeda-beda untuk setiap tipe smartphone, namun perbedaannya itu tidak terlalu signifikan.

Dan berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk bisa melakukan setting waktu agar supaya bisa memakai WhatsApp kembali.

  • Langkah yang paling pertama adalah dengan membuka menu setting, untuk menu setting di smartphone bisa berbeda.

Anda bisa masuk ke menu setting dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan slide ke bawah dan di bagian kanan atas itu ada logo gear.

Sementara ada juga yang menjadi menu untuk masuk ke setting seperti beberapa smartphone yang ada di Indonesia.

Langkah yang kedua adalah masuk menu additional

  1. Langkah yang kedua adalah masuk menu additional setting atau pengaturan tambahanLangkah yang ketiga adalah masuk ke menu tanggal
  2. Langkah yang ketiga adalah masuk ke menu tanggal dan juga waktu
  3. Lalu ada menu otomatisLalu ada menu otomatis, Anda harus menyalakan menu pengaturan otomatis tanggal dan juga waktu.
  4. Kalau Anda versi lama masalahnya, maka Anda bisa mengatur waktu ke waktu sebelum versi yang terbaru muncul. Ini bisa menjadi salah satu metode sementara sebelum Anda bisa melakukan update.

Untuk melakukan setting manual matikan saja menu otomatis nanti Anda bisa klik set tanggal dan juga waktu sesuai kebutuhan.

Untuk melakukan setting manual

Kesimpulan

Jadi sebenarnya cara untuk mengatasi permasalahan dari aplikasi WhatsApp yang kadaluarsa itu memang ada banyak sekali yang bisa digunakan.

Akan tetapi memang yang paling utama adalah Anda itu perlu sekali mencari tahu dulu mengenai penyebab dari masalah WhatsApp Anda mengalami kadaluarsa.

Sehingga nantinya cara mengatasinya itu bisa lebih efektif dan juga efisien, sehingga Anda tidak menimbulkan masalah lain pada smartphone Anda.

Secara umum cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan update aplikasi WhatsApp, namun tidak hanya itu saja.

Kalau kuota tidak mencukupi mungkin Anda perlu sekali untuk menggunakan setting waktu juga dengan set ke waktu sebelumnya.

Dan itulah beberapa cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa yang memang bisa Anda pakai apabila Anda mendapatkan notifikasi tersebut.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *