Media Sosial

Yuk Cek, Ukuran Video Youtube yang Direkomendasikan

Siapa sih anak zaman now yang nggak kenal Youtube? Bukan hanya penikmat tontonan saja tetapi juga sebagai pengunggah.

Bagi kamu yang punya channel sendiri harus tahu berapa ukuran video Youtube yang disarankan. 

Ukuran video ini akan sangat berpengaruh apakah kamu bisa dengan cepat mendapatkan like serta subscriber. Kamu tentu nggak ingin dong hasil video yang kamu unggah nggak punya banyak penonton. 

Sebelum kamu mengunggah video di Youtube banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya termasuk ukuran. 

Ukuran Hingga Resolusi Video Youtube yang Terbaik 

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda membuat channel di Youtube. Sesuai dengan tujuan ini jugalah yang membuat konten menjadi lebih bervariasi. Walaupun tujuannya berbeda-beda tapi ukuran video itu tidak berubah. 

Ukuran ini juga berbeda dengan konten untuk sosial media seperti Instagram, Twitter dan lainnya.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu format, ukuran serta resolusi.

Supaya kamu nggak salah dalam mengunggah video dan channel kamu laris manis perhatikan berikut ini. 

Format Video Youtube yang Disarankan

Format Video Youtube yang Disarankan

Berbicara soal format video untuk Youtube tidak jauh berbeda dengan jenis format pada video secara umum. Hanya saja ada beberapa jenis format yang direkomendasikan untuk digunakan. Format ini akan mempermudah kamu untuk upload. 

Jangan sampai hanya karena kamu salah format video, nantinya ketika ingin upload selalu gagal.

Soal format ini bisa kamu dapatkan ketika selesai mengedit dan mengconvert video menjadi beberapa pilihan format berikut ini. 

  • 3GP
  • MOV
  • AVI
  • MP4
  • WMV
  • FLV
  • WebM
  • MPEG PS
  • MPEG4

Di antara sembilan pilihan format ini jenis format yang paling direkomendasikan adalah Mp4 dan Mpeg4. Karena hasil yang didapatkan cukup jernih dan video harus disesuaikan dengan frame rates agar tidak patah-patah. 

Sedangkan untuk format 3GP biasanya gambarnya kurang jernih dan ukurannya terlalu kecil.

Kebalikannya dari format AVI yang jelas namun cenderung berat. Kamu akan terlalu lama untuk mengupload satu buah video nantinya. 

Apabila kamu tidak melakukan proses editing, tetapi ternyata alat perekam menghasilkan file AVI maka kamu bisa mengetahuinya terlebih dahulu dengan converter. Baik itu aplikasi online atau software semuanya pada.

Ukuran Video Youtube yang Direkomendasikan

Ukuran Video Youtube yang Direkomendasikan

Soal ukuran yang dimaksud bukanlah ukuran besar dari file melainkan ukuran bentuk dari tampilan video. Dibandingkan dengan ukuran potrait sebagian besar memilih menggunakan lanskap karena lebih nyaman untuk dilihat.

Karena tampilan layar Youtube sendiri menggunakan ukuran lanskap. Soal ukuran ini erat kaitannya dengan resolusi.

Berikut ini ukuran video Youtube beserta resolusi yang bisa dipilih. 

  • Ukuran video 426×240 (16:9) resolusinya 240p
  • Ukuran video 640×360 (16:9) resolusinya 360p
  • Ukuran video 854 x 480 (16:9) resolusinya 480p
  • Ukuran video 1280×720 (16:9) resolusinya 720p
  • Ukuran video 1920×1080 (16:9) resolusinya 1080p
  • Ukuran video 2560×1440 (16:9) resolusinya 1440p atau 2K
  • Ukuran video 3840 x 2160 (16:9) resolusinya 2160p atau 4K

Dilihat dari daftar diatas, semakin besar ukurannya maka resolusi yang didapatkan juga semakin tinggi. Artinya kejernihan gambar yang ditampilkan juga semakin baik. Namun perhatikan juga bahwa semakin jernih biasanya juga membuat ukuran file semakin besar. 

Kamu wajib memilih salah satu ukuran di atas, karena jika tidak maka saat ditayangkan ukurannya tidak akan pas. Hal yang sama juga akan berlaku pada ukuran thumbnail yang ada di bagian cover video kamu. 

Jadi jika kamu ingin membuat thumbnail Youtube sebaiknya sesuaikan dengan ukuran yang sudah diberikan. Jika tidak gambar yang sudah capek-capek dibuat akhirnya justru terlihat terpotong. 

Aspek ini sangat penting sebagai daya tarik orang untuk klik ketika mereka search sesuai dengan video yang diinginkan. Selain teks judul kamu perlu sekali memperhatikan soal penggunaan ukuran yang tepat. 

Standar Pengaturan Upload Video High Resolution

Setelah mengetahui ukuran, format hingga resolusi dari video saatnya untuk kamu tahu pengaturan standar yang akan digunakan. Tujuannya agar video yang dilihat dalam ukuran apapun oleh audien tidak mengalami kerusakan. 

Misalnya saat mereka melihat gambar akan tampil jernih, tidak ada bagian yang terpotong atau kosong di layar. Berikut ini beberapa pengaturan video yang High Resolution saat kamu hendak upload video di Youtube. 

Format

Sesuai dengan saran di atas soal format paling bagus adalah menggunakan Mp4. Resolusi yang dipilih minimal adalah HD 1080p. 

Audio Codec

Soal pengaturan audio paling baik adalah AAC-LC dengan channel Stereo atau Stereo +5,1. Sample ratenya adalah 96 khz atau 48 khz. 

Video Codec

Pastikan untuk memilih video codec H264. 

Frame Rates

Sesuaikan frame rates ini agar hasil video tidak patah-patah. Lebih baik usai mengedit atau convert kamu sudah memutar ulang video dan pastikan lancar. 

Inilah standar ukuran video Youtube, audio hingga frame rates sehingga gambar dan suara yang ditampilkan nantinya sempurna. 

Aplikasi yang Memudahkan Kamu Mendapat Ukuran Video Youtube

Aplikasi yang Memudahkan Kamu Mendapat Ukuran Video Youtube 

Soal mengedit video atau convert ada banyak sekali aplikasi atau software yang memudahkan kamu untuk mengedit. Baik itu digunakan di laptop atau ponsel, gratis dan berbayar. Semuanya tergantung kebutuhan. 

Hanya saja untuk beberapa aplikasi ponsel yang gratis biasanya memberikan watermark pada video. Jadi kamu harus cukup puas dengan hasilnya, jika tak ingin mendapatkan watermark kamu bisa berlangganan. 

Berikut ini beberapa aplikasi supaya kamu bisa mengatur ukuran video Youtube sesuai yang diinginkan. 

FilmoraGo

Untuk kategori pengguna ponsel, kamu harus menggunakan FilmoraGo yang menyediakan banyak pilihan ukuran serta format video. Disamping itu aplikasi ini juga memilih beragam filter yang akan mempercantik video kamu. 

Kamu juga bisa menambahkan backsound dengan koleksi lagu yang ada di galeri aplikasi. Untungnya lagi kamu tak akan terganggu soal watermark yang biasanya muncul walaupun digunakan secara gratis. 

Adobe Premiere Pro

Bagi kamu yang mengedit video Youtube menggunakan laptop atau komputer, Adobe Premiere Pro jadi pilihan terbaik. Karena software ini sangat membantu para penggunanya dengan tampilan penggunaan mudah dan kelengkapan transisi.

Kamu bisa berkreasi semaksimal mungkin dengan software editing ini. Tak ada watermark juga yang muncul. 

Kinemaster

Aplikasi untuk ponsel yang bisa digunakan secara leluasa untuk mengubah ukuran, rasio, format, menambahkan teks hingga lagu. Hanya saja untuk terbebas dari watermark kamu harus membayar. 

Kinemaster sendiri adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para profesional. Jadi tak heran jika fiturnya sangat lengkap. 

Corel Video Photo

Software Corel yang biasanya digunakan untuk membuat logo atau desain kini menciptakan software khusus untuk editing video. Bisa digunakan bagi kamu yang ingin mengedit menggunakan komputer. 

Software ini lebih sederhana dibandingkan Adobe Premiere Pro namun fitur yang disediakan tak kalah lengkapnya. Kamu juga bisa memilih berbagai ukuran video Youtube yang sesuai. 

Menggunakan software atau aplikasi yang tepat, ditambah ukuran sesuai tak lupa dengan konten menarik.

Channel Youtube kamu bisa langsung mendapatkan subscriber dan like banyak, jadi pastikan semuanya sudah benar sebelum upload ya, semoga bermanfaat dan baca informasi menarik lainnya seputar teknologi hanya di Kubiktekno.com.

 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Comments are closed.

0 %
error: Alert: Content is protected !!