Pulsa

0838 Kartu Apa? Begini Cara Cek Providernya

Pernahkah Anda menerima nomor panggilan, atau sms dari nomor yang tidak Anda kenal? 

Ketika Anda menerima panggilan nomor tak dikenal maka nomor tersebut akan terpampang di layar Anda, karena belum Anda masukan ke dalam buku kontak Anda.

Lalu pernahkah juga Anda memperhatikan tentang 3-4 digit pertama dari tiap nomor telepon, berbeda dan unik dari masing-masing providernya?

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa 3 hingga 4 digit pertama dalam nomor telepon berupa kode operator yang menunjukkan bahwa operator mana dari nomor telepon tersebut.

Apakah Anda pernah mendapatkan panggilan tak dikenal dan melihat nomor 0838? 0838 kartu apa dan dari provider apa?

Nah untuk kali ini, kami akan menjawab hal ini, dan simaklah jawabannya disini. 

Semakin meningkatnya pengguna smartphone, maka semakin meningkat pula kebutuhan untuk nomor kartu perdana.

Sekarang, smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi belaka, melainkan segala hal bisa dilakukan mulai dari bekerja mencari nafkah, sosialisasi, melakukan rapat online, pembayaran online, belanja online, hingga sekolah online.

Teknologi komunikasi juga berkembang, dan sekarang tiap provider komunikasi berlomba untuk memberikan servis dan pelayanan terbaik untuk setiap pelanggan kartu providernya.

Informasi umum mengenai digit pertama dalam setiap nomor yang menunjukkan bahwa nomor tersebut datang dari provider mana sudah menjadi rahasia umum yang banyak diketahui masyarakat.

Hal-hal yang belum banyak yang tahu adalah bahwa ada beberapa kode digit khusus yang dikhususkan untuk beberapa wilayah tertentu, atau provider khusus tertentu.

3 hingga 4 digit pertama dalam nomor telepon disebut dengan kode prefix.

Kode prefix ini adalah identitas suatu nomor telepon itu sendiri, sebagai penunjuk provider apa yang melayani nomor telepon tersebut.

Untuk itulah, tiap digit kode prefix berbeda, tergantung dari provider yang digunakan.

Selain itu jenis kartu juga bisa membedakan seperti kartu prabayar maupun pascabayar, serta wilayah yang berbeda.

Jika Anda perhatikan, ada banyak kode prefix yang digunakan, sebagai contoh adalah 181 dan 182 yang digunakan oleh provider Telkomsel untuk kartu perdana Simpati dan Kartu Halo.

Lalu ada 085 yang digunakan untuk perdana Indosat, serta 083 yang digunakan untuk perdana Axis dan XL yang disatukan menjadi suatu perusahaan XL Axiata beberapa tahun yang lalu.

Biasanya, kartu kode prefix menggunakan 3 digit, namun ada juga kartu yang menggunakan 4 digit.

Sebagai contoh adalah nomor 0831 yang merupakan kartu perdana Axis yang digunakan di daerah Sulawesi dan sekitarnya, dan juga merupakan nomor kartu prabayar yang jarang digunakan.

Lalu, untuk menjawab pertanyaan no 0838 kartu apa simak pembahasan, dan penjelasan lengkap kami berikut ini.

Untuk No 0838 Kartu Apakah & dari Provider Mana?

provide axis

Image: axis.co.id

Tiap provider menyediakan paket serta pelayanan yang berbeda. Selain nomor kode prefix bisa jadi indikasi provider apa di kartu tersebut.

Kode prefix juga bisa menjadi indikasi untuk membedakan layanan apa yang digunakan pada kartu tersebut, data paket layanan, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang bertanya juga untuk 0838 kartu apa dan berikut ini adalah cara cek untuk providernya.

Jawaban dari pertanyaan untuk 0838 adalah provider apa, jawabannya adalah Axis.

Provider Axis adalah salah satu provider besar di Indonesia, dan sudah popular semenjak beberapa tahun belakangan ini.

Tetapi, beberapa tahun yang lalu, provider Axis melakukan merger dengan XL, guna untuk menyatukan pelayanan serta servis. Sekarang provider ini sudah bernama XL Axiata.

Jika Anda ragu untuk menerima panggilan dari kartu provider yang diawali dengan nomor 0838, nomor tersebut datang dari provider Axis. 

Hal ini penting untuk dicatat karena biaya menelepon jika Anda menggunakan provider lain akan meningkat, sehingga akan memakan pulsa ekstra.

Sebagai contoh misal Anda menggunakan provider Telkomsel yang memiliki kode prefix 081, menerima panggilan dari nomor Axis yang memiliki nomor awalan 0838.

Tentu saja biaya menelepon akan meningkat, dan bertambah untuk biaya SMS karena Anda telah melakukan telepon atau sms ke berbeda operator.

Berbeda halnya jika Anda sama-sama menggunakan provider yang sama.

Untuk Axis, Anda juga akan mendapatkan biaya yang lebih murah saat berkomunikasi, telepon dan sms dengan provider XL karena satu perusahaan berupa XL Axiata.

Untuk nomor 0838 itu sendiri merupakan kode prefix kartu Axis yang berada di wilayah Jawa Tengah, Jogjakarta, Semarang, Denpasar, Lampung, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Nah apakah pertanyaan mengenai nomor 0838 kartu apa dan provider mana sudah terjawab untuk Anda?

Selain itu, kartu Axis pasca bayar lah yang memiliki kode nomor 0838, bukan kartu prabayar. Anda juga mungkin sering mendengar istilah prabayar dan pascabayar bukan?

Apa Perbedaannya Prabayar Maupun Pasca Bayar?


Perbedaannya Prabayar Maupun Pasca Bayar

Ada dua jenis kartu perdana yaitu kartu perdana prabayar dan pascabayar.

Apa yang membedakannya? Mengapa layanan ini dibedakan untuk semua provider?

Pertama, kartu perdana prabayar adalah jenis kartu perdana yang pembayarannya belakangan, setelah servis dan layanan sudah Anda nikmati.

Jadi pada dasarnya mirip seperti kartu kredit, yaitu Anda akan diberikan servis pelayanan komunikasi mulai dari telepon, sms dan internet sepuasnya.

Dan di akhir bulan akan diakumulasikan dan ditagih sebagai tagihan kartu prabayar Anda.

Contoh kartu prabayar yang sering digunakan masyarakat adalah Kartu Halo, dan Natrindo dari XL Axiata yang digunakan di beberapa wilayah di Indonesia.

Kekurangan dari kartu prabayar adalah jika Anda tidak hati-hati menggunakannya, maka Anda akan mendapatkan biaya ekstra terutama jika Anda terlalu berlebihan menggunakan servis kartu prabayar.

Sementara untuk kartu pasca bayar itu sendiri adalah kartu perdana dimana servis dan pelayanannya didapatkan setelah Anda membayarkan saldo berupa pulsa atau isi paket data.

Kartu perdana jenis ini adalah yang paling lazim dijumpai di masyarakat, dan menjadi salah satu kartu perdana normal pada umumnya.

Mengapa kartu pasca bayar lebih diminati daripada kartu prabayar? Dan mengapa kartu prabayar sekarang sudah kalah popular dengan kartu pasca bayar?

Jawabannya adalah karena kartu pasca bayar tidak ribet digunakan, dan service serta pelayanan juga sepadan dengan yang dibayarkan.

Terkadang kartu prabayar bisa menguras uang serta biaya yang sangat besar tanpa memberikan pelayanan baik.

Jika Anda berminat untuk menggunakan kartu prabayar, Anda bisa mengontak pusat call center provider, seperti Grapari center untuk Telkomsel, atau XL Axiata call center. 

Dulunya kartu prabayar banyak dijumpai dan dijual di masyarakat, tetapi sekarang seiring hari semakin berkurang dan jarang dijumpai di masyarakat Indonesia. 

Selain kontak call center, untuk membeli kartu prabayar, Anda juga bisa untuk beli di toko online, atau e-commerce.

Keunggulan beli di toko online adalah stok yang banyak, dan Anda bisa memilih dari banyak toko official untuk kartu perdana.

Selain itu Anda juga bisa melakukan kustomisasi nomor dengan membelinya di e-commerce maupun toko online.

Kesimpulan 

Untuk nomor 0838 adalah nomor kartu perdana dari Axis, yang sudah di merger dengan XL menjadi satu perusahaan yaitu XL Axiata.

Selain itu, nomor 0838 juga merupakan nomor pasca bayar, kartu perdana pasca bayar yang banyak dijual dan dipasarkan di seluruh daerah di Indonesia.

Untuk wilayah operasionalnya sendiri tersebar luas di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Secara umum, kartu XL Axiata dengan nomor 0838 bisa Anda beli secara mudah di konter pulsa terdekat Anda, dan tidak perlu mencari susah.

Tetapi jika Anda ingin melakukan kustomisasi nomor Anda bisa menghubungi call center, atau membelinya lewat E-commerce.

Dengan begitu, apakah kami sudah menjawab mengenai pertanyaan 0838 kartu apa dan dari provider yang mana? Jawabannya adalah Axis, yang sudah diakuisisi menjadi XL Axiata.

Comments are closed.

0 %
error: Alert: Content is protected !!