Pulsa

Anti Ribet, Ini Cara Mengatasi Gagal Transfer Pulsa Indosat

Layanan transfer pulsa menjadi fitur wajib yang kita temui di tiap-tiap operator di Indonesia, khususnya untuk pengguna kartu prabayar.

Bagi pelanggan kartu prabayar, kehabisan pulsa memang menjadi masalah utama yang sering kali dihadapi. Tentunya hal tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas para penggunanya.

Sehingga, pelanggan diharuskan untuk terus mengecek dan memastikan bahwa kartu masih dalam keadaan aktif dan memiliki pulsa cukup untuk beraktivitas serta membeli paket data internet.

Mengingat segala aktivitas saat ini juga sudah banyak yang dilakukan secara online, tentu internet menjadi salah satu kebutuhan penting yang wajib terpenuhi.

Berbicara mengenai operator, salah satu provider yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia adalah Indosat. Layanan telekomunikasi yang disediakan oleh Indosat memang patut diacungkan jempol.

Nah, bagi para pengguna Indosat, ketika Anda berada di situasi sedang kehabisan pulsa dan kuota internet, Anda bisa meminta bantuan kepada kerabat atau saudara untuk melakukan transfer pulsa.

Namun, terkadang ada saja kendala yang menyebabkan transaksi transfer pulsa menjadi gagal. Lalu, bagaimana cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat?

Penyebab Gagal Transfer

gagal transfer pulsa

Sebelum kita membahas cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat, alangkah lebih baik untuk mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan gagal dalam berbagi pulsa.

Sebelum komplain ke pihak operator, pahami terlebih dahulu beberapa hal berikut ini yang mungkin bisa menjadi penyebab gagal transfer pulsa Indosat.

  1. Instruksi Tidak Tepat

Saat ingin melakukan transfer pulsa, pastikan Anda sudah melakukan proses sesuai dengan instruksi operator. Misal, mengetik format SMS dengan benar.

Penyebab gagal berbagi pulsa bisa saja disebabkan akibat format SMS yang kurang tepat, seperti kurang spasi.

Sementara itu, transfer pulsa Indosat bisa dilakukan melalui cara kirim SMS atau menghubungi kode dial secara langsung.

  1. Nomor Tujuan Salah

Perlu diketahui bahwa Indosat hanya menyediakan layanan berbagi pulsa ke sesama pelanggan Indosat saja.

Jika Anda gagal dalam proses transfer pulsa, cek kembali nomor tujuan yang akan dikirimkan sald pulsa. Apakah teman atau saudara Anda tersebut merupakan pengguna layanan Indosat atau bukan.

Jika bukan, berarti penyebab gagalnya transfer pulsa adalah karena transaksi tersebut dilakukan dengan pengguna operator lain.

Para pengguna kartu prabayar Indosat juga bisa melakukan transfer pulsa ke pelanggan Matrix yang merupakan produk pascabayar dari Indosat.

  1. Sisa Saldo Pulsa Tidak Mencukupi

Hal lain yang bisa menjadi penyebab gagal transfer pulsa adalah saldo yang pengirim miliki tidak cukup atau kurang.

Sebelum mengirim pulsa, sebaiknya Anda melakukan pengecekan sisa saldo pulsa terlebih dahulu. Pastikan sisa saldo mencukupi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bahwa, Anda harus menyisakan pulsa sebesar Rp 5 ribu setelah melakukan transfer pulsa. Selain itu, ada juga biaya administrasi senilai Rp 600 yang akan ditanggung oleh pengirim pulsa.

Jika tidak sesuai dari ketentuan yang berlaku, maka proses pengiriman pulsa tentu akan tidak berhasil alias gagal.

  1. Nominal Pulsa Tidak Sesuai Syarat dan Ketentuan

transfer indosat

Selain sisa saldo pulsa yang tidak mencukupi, nominal pulsa yang akan dikirim juga bisa menjadi penyebab gagalnya transfer pulsa ke sesama Indosat.

Indosat sendiri memberikan ketentuan batas minimal transfer senilai Rp 5 ribu dalam sekali pengiriman dan batas maksimalnya senilai Rp 200 ribu.

Jika nominal pulsa tidak sesuai dengan keterangan tersebut, maka proses kirim pulsa ke teman atau saudara Anda tentu akan gagal.

  1. Masa Aktif Kartu SIM

Selain penyebab di atas, kartu yang berada di masa tenggang bukan masa aktif juga bisa menjadi alasan Anda gagal dalam mengirim pulsa, untuk membeli masa aktif Indosat bisa dicek di artikel ini.

Jika salah satu di antara pengirim atau penerima pulsa berada di luar masa aktif atau sedang berada dalam masa tenggang, maka Anda tidak dapat melakukan pengiriman pulsa melalui layanan transfer.

Selain itu, untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus dipastikan sudah memenuhi syarat masa penggunaan kartu yakni selama 6 bulan atau 181 hari.

Cara Mengatasi Gagal Transfer

Setelah mengetahui penyebab gagalnya transfer pulsa ke sesama Indosat, mari kita bahas cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat.

Sebenarnya cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari penyebab-penyebab yang sudah disebutkan di atas. Namun agar lebih terperinci, simak ulasan berikut!

  1. Pastikan Menggunakan Instruksi yang Benar

Cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat yang pertama adalah dengan menggunakan instruksi yang benar.

Pastikan mengirim SMS sesuai format yang ditentukan dan mengetik angka yang benar tanpa ada kesalahan.

Jika ingin melakukan transfer pulsa ke sesama Indosat, begini cara melalui SMS:

  • Buka menu SMS atau Pesan.
  • Silahkan ketik format SMS yang jelas dan benar, yaitu Transferpulsa(spasi)nomorpenerima(spasi) nominalpulsa (contoh: Transferpulsa 0858xxx 50000).
  • Setelah itu, kirim format pesan tersebut ke nomor 151.
  • Anda akan mendapatkan balasan pesan berupa token yang dikirim oleh operator.
  • Silahkan ketik Ok(spasi)nomortoken (contoh: OK 12345678)
  • Lalu tunggu SMS notifikasi berhasil dari operator.

Jika melakukan transfer pulsa melalui USSD, silahkan gunakan cara berikut ini:

  • Ketik UMB *123*7*2*3*1# di menu telepon.
  • Setelah itu akan ada pop up informasi mengenai format transfer pulsa.
  • Silahkan ikuti petunjuk tersebut dengan mengisi informasi terkait nomor yang akan dikirim pulsa dan nominal pulsa yang akan dikirim.
  1. Pastikan Sisa Saldo dan Jumlah Pulsa Cukup

Cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat selanjutnya adalah dengan memastikan saldo pulsa Anda cukup.

Pastikan Anda sudah menyiapkan sisa pulsa sebesar Rp 5 ribu setelah melakukan transfer pulsa. Perlu diingat juga bahwa setiap melakukan pengiriman pulsa akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 600.

Biaya administrasi transfer pulsa akan ditanggung oleh pengirim. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda memiliki sisa pulsa yang mencukupi agar transaksi berhasil.

  1. Perhatikan Jumlah Pulsa yang dikirim

Tidak memenuhi syarat batas minimal dan maksimal transfer pulsa, bisa menjadi penyebab dari gagalnya proses berbagi pulsa.

Oleh karena itu, cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat adalah dengan mengirim pulsa sejumlah yang sudah ditentukan. Tidak kurang dari Rp 5 ribu dan tidak lebih dari Rp 200 ribu.

  1. Hubungi Customer Service Indosat

Jika sudah memenuhi syarat dan transaksi masih saja gagal, Anda bisa menghubungi langsung pihak call center Indosat. Nantinya pihak customer service akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Itu dia cara mengatasi gagal transfer pulsa Indosat. Perlu diingat, bahwa Indosat hanya menyediakan layanan transfer pulsa ke sesama penggunanya saja.

Jadi, pastikan juga Anda mengirim pulsa ke pengguna Indosat bukan ke pengguna operator lain karena tentu akan gagal.

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!