Pulsa

Baru, Ini Cara Menggunakan Pulsa SOS Indosat Untuk Internet

Bagi pengguna kartu Indosat, jangan khawatir ketika tiba-tiba kehabisan pulsa, karena Indosat sudah menyediakan layanan untuk menggunakan pulsa darurat SOS bagi pelanggannya.

Cara menggunakan pulsa SOS Indosat untuk internet sangatlah mudah. Anda hanya perlu memenuhi syarat yang diberikan.

Kehabisan pulsa pada saat sedang sangat dibutuhkan, tentu sangat tidak menyenangkan.

Apalagi bila sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk membeli pulsa, atau meminta pulsa kepada rekan atau sahabat.

Jika Anda belum tahu, berikut adalah penjelasan mengenai pulsa SOS Indosat.

Tentang Pulsa SOS Indosat

Seperti namanya, pulsa SOS adalah pulsa yang bisa digunakan dalam keadaan darurat atau mendesak.

Itu sebabnya, pulsa SOS ini sering juga disebut dengan nama pulsa darurat, karena layanan pulsa SOS ini diberikan hanya saat keadaan darurat saja.

Maksud dari keadaan darurat di sini adalah keadaan dimana pengguna Indosat membutuhkan pulsa untuk melakukan aktivitas seperti panggilan atau SMS. Untuk mengatasi keadaan ini, maka Indosat memberikan layanan berupa pulsa SOS Indosat ini.

Layanan pulsa SOS ini bisa didapatkan dengan cara meminjam atau menghilang keadaan Indosat.

Dengan kata lain, di sini pelanggan Indosat berhutang pulsa kepada Indosat dan akan dibayar pada saat melakukan pembelian pulsa selanjutnya.

Sekilas terdengar janggal, karena pengguna kartu Indosat tidak berhutang pulsa ke teman, saudara, atau ke konter pulsa, tetapi langsung ke Indosat.

Tetapi layanan pulsa darurat atau pulsa SOS ini memang diberikan Indosat kepada para pelanggannya.

smartphone

Persyaratan yang Perlu Dipenuhi

Meskipun layanan pulsa SOS ini diperuntukkan kepada pengguna kartu Indosat, tetapi tidak semua pengguna kartu Indosat bisa menggunakan layanan ini.

Artinya, untuk bisa menggunakan layanan pulsa SOS Indosat ini ada beberapa syarat, diantaranya adalah.

  • Pengguna Kartu Prabayar Indosat

Syarat untuk bisa menggunakan layanan pulsa SOS Indosat, yang pertama adalah, pengguna adalah pengguna kartu prabayar Indosat.

Kartu prabayar adalah jenis kartu yang dibayar atau dibeli dimuka sebelum penggunaannya.

Dengan adanya syarat ini, maka pelanggan Indosat yang menggunakan jenis kartu pascabayar, tidak bisa menggunakan layanan pulsa darurat atau pulsa SOS ini.

  • Masa Aktif Kartu Minimal 3 bulan

Syarat yang kedua adalah pelanggan Indosat harus memiliki kartu dengan masa aktif minimal 3 bulan.

Masa aktif kartu ini menjadi syarat, karena pengguna layanan ini memiliki tanggungan untuk melakukan pembayaran atau melunasi hutang pulsa yang dilakukan.

Dengan masa aktif kartu 3 bulan, maka masih memungkinkan bagi pelanggan untuk membayar pulsa SOS yang digunakan, sebelum masa aktif kartu tersebut berakhir. Hal ini juga sebagai jaminan, bahwa pelanggan tidak akan mengganti kartu sebelum hutang pulsanya dilunasi.

  • Tidak Mempunyai Hutang Pulsa ke Indosat

Syarat lainnya untuk bisa menggunakan layanan pulsa SOS adalah, pelanggan tidak memiliki tanggungan atau hutang pulsa.

Hutang pulsa yang dimaksud adalah hutang pulsa Indosat karena penggunaan layanan pulsa SOS yang sudah digunakan sebelumnya.

Supaya bisa kembali menggunakan layanan pulsa darurat dari Indosat ini, maka pelanggan tersebut harus melunasi hutang pulsa yang dimiliki karena menggunakan layanan pulsa SOS Indosat sebelumnya.

Dengan demikian layanan pulsa SOS Indosat bisa kembali digunakan.

  • Memiliki Sisa Saldo Pulsa Minimal Sebesar Rp. 2.500

Pelanggan Indosat yang ingin menggunakan layanan pulsa SOS Indosat juga harus memiliki saldo pulsa. Sisa saldo pulsa yang dimiliki minimal sebesar dua ribu lima ratus rupiah.

Jadi, apabila sisa pulsa Anda nol rupiah, maka Anda tidak bisa menggunakan layanan pulsa SOS ini.

Sisa pulsa ini menjadi syarat karena akan digunakan sebagai biaya admin dan juga biaya untuk melakukan proses transaksi berupa telepon atau SMS.

  • Membayar Biaya Admin

Layanan pulsa SOS Indosat ini juga dikenakan biaya admin. Untuk setiap transaksi penggunaan, biaya admin yang dikenakan adalah sebesar Rp. 800,-. Oleh karena itu, pelanggan Indosat yang ingin menggunakan layanan pulsa SOS harus memiliki sisa pulsa untuk biaya admin.

Langkah Gunakan Pulsa Darurat

pulsa untuk internet

Lalu, bagaimana cara menggunakan layanan pulsa SOS Indosat ini?

Pelanggan Indosat mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan layanan pulsa SOS Indosat, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  • Menggunakan Kode Dial Atau Telepon

Cara pertama untuk mengaktifkan layanan pulsa SOS Indosat ini adalah dengan menggunakan panggilan melalui menu dial atau menu telepon.

Langkah pertama, Anda bisa membuka menu panggilan atau menu telepon pada perangkat handphone Anda.

Selanjutnya, ketik *500# pada menu panggilan, kemudian klik tombol dial atau tekan gambar telepon yang ada pada menu panggilan tersebut.

Tunggu hingga Anda mendapatkan balasan yang berupa menu dialog yang berisi beberapa pilihan menu.

Dari balasan yang muncul, ada beberapa menu pilihan besar pulsa SOS yang ingin Anda gunakan.

Ada yang senilai 2000 rupiah, 4000 rupiah, hingga pulsa tertinggi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Pada menu ini juga terdapat kuota internet jika Anda membutuhkan kuota dari pada pulsa.

Klik pada nomor menu yang sesuai kebutuhan Anda, dan tunggu balasan yang akan dikirimkan.

Apabila permintaan disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pulsa SOS sudah ditambahkan ke saldo pulsa dan bisa segera digunakan.

  • Menggunakan SMS

Cara yang kedua yang bisa Anda terapkan untuk menggunakan layanan pulsa SOS dari Indosat adalah dengan menggunakan SMS.

Perlu Anda ketahui, bahwa menggunakan layanan pulsa SOS Indosat dengan menggunakan SMS ini berbeda dengan  menggunakan menu dial.

Hal yang membedakannya adalah, di sini pengguna kartu Indosat tidak perlu melakukan permintaan untuk meminjam pulsa.

Biasanya, tawaran layanan pulsa SOS ini muncul secara otomatis ketika pelanggan kehabisan pulsa pada saat sedang melakukan panggilan atau SMS.

Jadi, ketika sedang menelepon atau SMS, tetapi pulsa Anda tidak mencukupi, biasanya akan muncul penawaran untuk melakukan pinjam pulsa melalui layanan pulsa SOS Indosat. Penawaran ini biasanya muncul dalam bentuk pesan pendek atau SMS.

Anda hanya tinggal membuka SMS dan membalas atau mengabaikannya. Apabila Anda ingin berhutang pulsa, hanya tinggal mengetik “yes” dan mengirimkan balasan.

Selanjutnya, tunggu hingga muncul notifikasi dan pulsa darurat dikirimkan dan bisa Anda gunakan.

Sebagai catatan, SMS berupa penawaran pulsa SOS ini akan Anda terima apabila pulsa sudah habis atau kurang dari Rp. 2.500,-.

Tanpa Anda minta, SMS untuk meminjam pulsa darurat melalui layanan Pulsa SOS akan masuk ke kotak masuk ponsel.

Bagaimana Agar Pulsa Dapat Digunakan untuk Internet?

kembalikan pulsa

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika Anda menggunakan layanan pulsa SOS.

Seperti misalnya, bisakah pulsa SOS digunakan untuk membeli kuota internet? bagaimana cara menggunakan pulsa SOS Indosat untuk internet?

Jawabannya adalah bisa. Jika Anda ingin menggunakan pulsa SOS untuk membeli kuota, bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

  • Melalui Menu Dial

Untuk bisa menggunakan pulsa SOS Indosat menjadi pulsa Internet, Anda bisa melakukan langkah-langkah yang sama meminjam pulsa dengan menggunakan menu dial atau menu telepon.

Pilihan pulsa Internet akan muncul setelah Anda menekan tombol panggilan.

Pada pop up menu yang muncul, terdapat beberapa pilihan, diantaranya adalah besar pulsa SOS serta pilihan kuota internet.

Apabila Anda menginginkan meminjam pulsa internet, maka klik pada pilihan kuota internet yang sudah disediakan oleh pihak Indosat.

Tunggu hingga proses pinjam pulsa SOS tersebut selesai, dan muncul notifikasi bahwa pulsa SOS Indosat sudah berhasil ditambahkan di saldo pulsa Anda.

Hal yang membedakan, pulsa SOS yang Anda dapatkan bukan berupa pulsa reguler, tetapi berupa pulsa internet.

  • Dengan Cara Membeli Paket Internet

Mengubah pulsa SOS Indosat menjadi pulsa internet juga bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan membeli paket internet menggunakan pulsa SOS. Cara ini bisa Anda lakukan melalui menu panggilan atau menu telepon.

Langkah pertama, buka menu panggilan dan ketikkan *123# lalu tekan dial.

Setelah langkah ini, akan muncul balasan berupa popup menu yang berisi pilihan transaksi yang ingin Anda lakukan. Untuk membeli pulsa internet, Anda bisa memilih menu “super internet dan BB”.

Selanjutnya pilih jenis dan besar paket internet yang Anda inginkan, dan tunggu balasan yang akan dikirimkan berupa notifikasi.

Di sini Anda sudah bisa menggunakan pulsa SOS yang sudah didapatkan untuk membeli pulsa internet di Indosat.

Cara Membayar Kembali

Kalau pelanggan Indosat bisa berhutang pulsa ke Indosat berupa pulsa darurat atau pulsa SOS, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara membayar atau melunasinya.

Apakah ada link khusus yang disediakan untuk membayar hutang pulsa tersebut?

Sebenarnya, tidak ada link atau rekening khusus untuk melakukan pembayaran pulsa SOS Indosat.

Sistem pembayaran pulsa SOS tersebut adalah dengan melakukan pemotongan pulsa ketika Anda  melakukan pengisian pulsa pada waktu berikutnya.

Sebagai contoh, ketika Anda meminjam pulsa ke Indosat berupa pulsa SOS sebesar Rp. 10.000,- maka akan dihitung memiliki hutang pulsa sebesar Rp. 10.000,-.

Di waktu selanjutnya, ketika Anda melakukan pengisian pulsa, maka pulsa akan dikurangi sebesar Rp. 10.000,-

Misalkan Anda melakukan pengisian ulang pulsa sebesar Rp. 20.000,- dan memiliki hutang pulsa SOS sebesar Rp. 10.000,-.

Pulsa yang Anda beli akan dipotong sebesar Rp. 10.000,- sehingga saldo pulsa menjadi Rp. 10.000,- saja. Demikian seterusnya.

Tips dalam Meminjam

Meskipun layanan pinjam pulsa ini bisa digunakan oleh pengguna kartu Indosat, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam menggunakannya.

Agar layanan pulsa SOS ini bisa bermanfaat dan tidak merugikan Anda, berikut tipsnya.

Gunakan layanan pinjam pulsa ini dalam keadaan yang mendesak saja.

Misalnya apabila Anda harus melakukan panggilan karena urusan yang tidak bisa ditunda, padahal tidak memiliki cukup pulsa.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan layanan ini sesuai dengan aturannya.

Tips lainnya, apabila Anda memiliki hutang pulsa, sebaiknya segera lunasi hutang tersebut dengan melakukan isi ulang pulsa.

Tujuannya adalah, apabila suatu saat membutuhkan layanan pulsa SOS, Anda bisa menggunakannya karena tidak memiliki hutang yang belum dibayar.

Layanan pulsa SOS Indosat memang dibuat untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh pelanggan atau pengguna kartu Indosat.

Dengan adanya layanan ini diharapkan pengguna bisa menikmati kemudahan menggunakan Indosat, terutama dalam keadaan darurat.

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!