Pulsa

Tak Perlu Panik! Ini Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal

Sejak tahun 2017 pemerintah mengharuskan semua kartu perdana untuk di registrasi menggunakan KTP dan nomor kartu keluarga atau KK termasuk XL. Tapi adakah cara registrasi kartu XL yang gagal?

Kegagalan saat registrasi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mungkin saja masih dalam proses pendaftaran atau terjadi kesalahan dalam menuliskan data. Belum lagi pendaftaran nomor baru dan lama berbeda. 

Nah, bagi kamu yang merasa gagal terus dalam mendaftar, sebaiknya ikuti beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya. 

Alasan Mengapa Kamu Gagal dalam Registrasi Kartu XL

Tahukah kamu mengapa saat mendaftarkan SIM XL selalu gagal? Mengetahui kesalahan yang sering terjadi ini akan membantu kamu agar tidak gagal dalam pendaftaran yang selanjutnya. 

Kecuali terdapat masalah jaringan, biasanya proses pendaftaran akan berhasil dengan mudah.

Berikut ini beberapa alasan mengapa pendaftaran kamu akhirnya gagal. 

1. Salah dalam Memasukan Data

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah kamu tidak memasukan angka yang benar.

Misalnya saja kamu salah satu angka dalam memasukan nomor NIK atau KK. Maka sistem tidak bisa menemukan data kamu dari database mereka. 

Bahkan dalam beberapa kasus kamu akan melihat notifikasi bahwa NIK tersebut sudah didaftarkan.

Kemungkinan besar NIK yang kamu daftarkan adalah milik orang lain karena salah angka. Hal ini mungkin saja terjadi karena angka dalam NIK sangatlah banyak. 

2. Mengirim Format yang Salah

Bagi kamu yang menggunakan pendaftaran melalui sms, kesalahan sering terjadi dalam mengetik format. Baik itu nomor KK yang terbalik dengan nomor NIK saat menyusun formatnya. 

3. Mendaftar di Area yang Sinyalnya Buruk

Bagi kamu yang mendaftarkan melalui sms, akan lebih baik untuk memastikan soal jaringan terlebih dahulu.

Karena sistem akan mengirimkan pesan jika keadaan sinyal kuat. Akan lebih baik sebelum kamu membeli nomor pastikan jaringannya bagus di daerahmu. 

4. Format SMS Registrasi Kartu XL

Bagaimanakah format registrasi kartu xl? Biasanya format ini sudah tertera dalam kemasan kertas di mana kamu membeli kartu xl. Jadi akan lebih baik jangan langsung membuang kemasan kartunya.

Tapi jika kamu terlanjur membuangnya, maka tinggal ikuti format registrasi berikut ini:

DAFTAR#NIK#nomorKK

Kamu tinggal mengisikan NIK dan nomor KK sesuai yang dimiliki dan masih aktif. Dengan begitu proses registrasi akan langsung dilakukan.

cara registrasi kartu xl yang gagal dengan mudah

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal 

Dilihat dari tiga alasan kenapa kamu selalu gagal dalam registrasi sebagian besar disebabkan karena kurang teliti.

Ada banyak faktor yang akan mendukung kamu agar proses registrasi berhasil. 

Untungnya lagi, karena peraturan sudah diberlakukan sejak 2017 lalu kini setiap kamu membuka kartu xl pasti akan muncul notifikasi untuk mendaftarkan diri. Jadi kamu tak perlu lagi mengetik format sms sesuai yang disebutkan di atas. 

Sistem akan otomatis mengharuskan kamu untuk mendaftarkan diri. Kamu tinggal ikuti saja perintah yang muncul. Karena jika kamu tidak mendaftarkan diri, kartu xl kamu tidak akan aktif. Selain itu notifikasi akan terus menerus muncul sampai kamu selesai melakukan pendaftaran. 

Membantu cara registrasi kartu xl yang gagal terus, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Selalu Mengecek Ulang Data Sebelum Mengirim 

Supaya tidak terjadi kegagalan, akan lebih baik jika kamu mengecek terlebih dahulu kartu identitas dan nomor kk. Jangan asal memasukan nomor atau mendaftar dalam situasi terburu-buru. 

Jika ternyata gagal, cara registrasi kartu xl yang gagal adalah dengan mengecek lagi apakah nomor KK dan NIK yang dimasukan sudah benar.

Jika belum sebaiknya isi kembali dan baca ulang untuk memastikan semua nomor yang diisikan sudah benar. 

2. Memeriksa Format SMS

Bagi kamu yang masih menggunakan pendaftaran melalui cara sms, akan lebih baik untuk mengecek ulang format yang dikirimkan.

Format yang benar sesuai dengan yang telah disebutkan di atas. 

Jika kamu salah memberikan spasi atau tidak menggunakan tagar akan menjadi penyebab utama pendaftaran gagal.

Jadi telitilah sebelum mengirim sms, baik itu mengecek nomor sekaligus format smsnya.

3. Coba Kirimkan SMS Sebanyak Lima Kali

Cara registrasi kartu xl yang gagal yang selanjutnya adalah jika sekali saja sudah muncul sms balasan yang menyatakan bahwa pendaftaran gagal kamu bisa mencoba kembali Tidak masalah untuk mengirimkan sms pendaftaran sampai lima kali. Biasanya sms balasan akan memperlihatkan dimana letak kesalahanmu. 

Misalnya kamu salah menggunakan NIK atau nomor sudah terdaftar dengan NIK tersebut. Artinya kamu harus mengecek ulang dan mengirimkan format sms yang benar kemudian. Oiya kamu tak perlu khawatir soal pulsa. 

Walaupun kamu sudah sms bolak balik, pulsa kamu tidak akan terpotong. Jadi kamu bisa mengirimkan sms dengan lebih tenang sampai lima kali. 

4. Restart Ponsel

Apabila kamu sudah mengirimkan sms sampai 5 kali tapi masih gagal juga, berarti ada yang salah dengan jaringan atau ponsel.

Cobalah untuk melakukan restart ponsel. Tunggu beberapa saat sampai ponsel kamu menyala kembali. 

Kamu tidak perlu langsung mengirimkan sms, jika kamu mengaktifkan nomor baru tunggu muncul notifikasi untuk mendaftarkan nomor. Baru setelah itu kamu bisa mendaftarkan diri dengan mengisi sesuai dengan proses yang muncul. 

5. Registrasi melalui website

Bagaimana jika keempat cara di atas sudah diikuti tapi masih gagal? Cara registrasi kartu xl yang gagal yang masih bisa dilakukan adalah dengan mengakses situs xl secara langsung.

Kamu tinggal mengunjungi situs registrasi XL. Di sana kamu bisa mendaftarkan ulang. 

Ada beberapa data yang harus diisikan dan rata-rata sama seperti NIK dan juga KK. Biasanya pendaftaran ini juga diberlakukan untuk kamu yang menggunakan kartu XL pasca bayar. Jika melalui website ini seharusnya takkan terjadi masalah. 

Apabila kamu merasa kesulitan untuk mengakses website atau bingung cara mendaftarnya bisa langsung menghubungi call center xl di 817. Di sana kamu akan dipandu untuk mengisikan data. Akan lebih mudah untuk mendaftarkan melalui komputer supaya lebih jelas. 

Tujuan Melakukan Registrasi Kartu XL

Tujuan Melakukan Registrasi Kartu XL

Mengapa kamu harus melakukan registrasi kartu? Bukan hanya kartu xl saja, jika kamu membeli kartu lainnya tetap membutuhkan registrasi kartu.

Kebijakan ini bertujuan untuk melindungi para penggunanya. Apa saja itu? 

1. Terhindar dari kasus penipuan

Saat ini banyak sekali kasus penipuan melalui sms bahkan chat whatsapp atau telepon.

Nah dengan melakukan registrasi ini data penipu yang masuk ke dalam ponsel kamu akan lebih mudah terlacak. Sehingga kamu pun akan terhindari dari masalah penipuan. 

2. Data digital jadi lebih aman

Selain itu, data dari nomor yang kamu miliki akan lebih aman tidak disebarluaskan secara komersial.

Dengan begitu kamu bisa dengan leluasa menggunakan nomor untuk berbagai macam keperluan bahkan menggunakan aplikasi. 

Nah, jadi jika kamu baru saja mulai beli nomor baru sebaiknya langsung registrasi jangan ditunda lagi.

Jika cara registrasi kartu xl yang gagal muncul, kamu bisa mengikuti cara-cara yang sudah disebutkan diatas, semoga bermanfaat baca juga artikel seputar teknologi hanya di Kubiktekno.com.

Comments are closed.

0 %
error: Alert: Content is protected !!