Pulsa

4 Cara Unreg Kartu Indosat Ooredoo Anti Ribet

Jika memiliki kartu seluler yang sudah tidak digunakan lagi, disarankan untuk segera melakukan unreg agar nomor langsung diblokir oleh pihak operator.

Bagi pemilik kartu Indosat, ada beberapa cara unreg kartu Indosat yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Seperti yang kita ketahui, Indosat Ooredoo adalah salah satu layanan seluler yang banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia.

Indosat Ooredoo sering kali menawarkan banyak diskon paket data dan tentunya dengan kualitas sinyal terbaik.

Peraturan saat ini, Anda harus menggunakan NIK sesuai dengan data kependudukan yang terdaftar jika akan mengaktifkan nomor Indosat atau operator lain.

Satu NIK hanya akan berlaku untuk 3 nomor HP saja. Sehingga, jika ada nomor yang sudah tidak digunakan lagi disarankan untuk langsung dinonaktifkan.

Nantinya, nomor yang dinonaktifkan akan didaur ulang sebagai nomor yang baru. Hal ini bertujuan untuk mengurangi segala jenis tindak kejahatan digital.

Cara Menonaktifkan Kartu SIM Indosat 

Pelanggan yang akan menonaktifkan atau unreg kartu Indosat hanya perlu menyiapkan dokumen seperti KTP atau KK.

Untuk memblokir nomor Indosat Ooredoo, Anda perlu memasukkan data diri seperti NIK sesuai dengan data kependudukan yang terdaftar sebelumnya saat mengaktifkan kartu tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa nomor yang sudah dinonaktifkan akan didaur ulang dan dipasarkan kembali nantinya.

Jadi, nomor Indosat yang saat ini akan dinonaktifkan atau diunreg bisa saja nantinya digunakan oleh orang lain karena sudah melewati masa daur ulang.

Jika sudah yakin untuk memblokir nomor Indosat Anda saat ini, silakan simak cara unreg kartu Indosat Ooredoo berikut.

1. Cara Unpair Kartu Indosat via SMS

Cara unreg registrasi kartu Indosat Ooredoo yang pertama adalah melalui pesan singkat atau SMS. Anda tinggal mengirimkan format pesan ke nomor operator.

Dengan begitu, operator akan melakukan proses non aktif kartu Indosat Ooredoo secara cepat.

Cara ini terbilang cukup mudah karena hanya perlu mengirim format pesan saja.

Untuk lebih rinci, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka menu SMS di HP Anda.
  • Tujukan pesan ke nomor 4444.
  • Lalu buat pesan baru dengan format:

UNPAIR#Nomor HP#

Contoh: UNPAIR#08512345678#

  • Nantinya Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak operator melalui pesan singkat bahwa nomor Indosat Ooredoo berhasil dinonaktifkan.

2. Cara Blokir Kartu Indosat dengan USSD

Selanjutnya, pelanggan bisa menggunakan cara unreg kartu Indosat melalui panggilan atau kode dial. Cara ini memang banyak digunakan karena dirasa lebih mudah.

Hanya dengan melakukan panggilan ke kode dial operator, Anda bisa langsung menonaktifkan nomor yang tidak akan digunakan lagi.

Lengkapnya, Anda bisa mengikuti penjelasan di bawah ini:

  • Buka menu panggilan atau Call di smartphone Anda.
  • Ketika kode dial *123*4444# untuk blokir nomor.

  • Pilih menu “Hapus Data” dengan mengirim angka 4.

  • Klik OK dengan mengetik angka 1.

  • Silakan tunggu notifikasi unreg kartu Indosat Ooredoo dari pihak operator.

3. Cara Unreg Kartu Indosat lewat CS

Opsi cara unreg kartu Indosat selanjutnya adalah melalui tim customer service (CS). Cara ini bisa dilakukan jika cara sebelumnya selalu gagal.

Anda bisa langsung menghubungi petugas CS atau Call Center Indosat Ooredoo. Pertama, Anda bisa menghubungi nomor (021) 30003000.

Kedua, Anda bisa mengunjungi gerai Indosat Ooredoo terdekat dari lokasi tempat tinggal sekarang.

Cek informasinya melalui situs indosatooredoo.com atau melalui link berikut: https://indosatooredoo.com/portal/en/psgerai  

Tinggal masukkan lokasi terkini pada kotak yang tersedia. Lalu, nanti akan muncul rekomendasi gerai Indosat Ooredoo terdekat yang bisa Anda kunjungi.

Walaupun terlihat lebih ribet karena Anda harus keluar rumah, cara ini dapat dijadikan opsi ketika Anda gagal menonaktifkan kartu Indosat Ooredoo melalui SMS dan USSD.

4. Blokir Kartu Indosat Ooredoo yang Hilang

Lalu bagaimana dengan kartu Indosat Ooredoo yang sudah hilang? Apakah tetap bisa dinonaktifkan atau diblokir?

Tentu saat kehilangan kartu, sebagai pengguna akan merasa gelisah. Takut nomornya disalahgunakan dan risiko kehilangan data seperti nomor HP yang tersimpan.

Apalagi jika kartu hilang akibat HP Anda dicuri atau hilang. Jika tidak bisa ditemukan kembali, Anda bisa meminta bantuan dari tim CS Indosat Ooredoo agar nomor Anda langsung diblokir.

Perhatikan tata caranya berikut ini:

  • Segera hubungi nomor CS melalui telepon di nomor (021) 3000-3000.
  • Jelaskan kejadian bagaimana Anda bisa kehilangan kartu seluler Indosat Ooredoo. Seperti identitas diri, kapan kartu hilang dan di mana tepatnya lokasi kartu Anda hilang.
  • Anda juga bisa langsung mengunjungi gerai Indosat terdekat untuk unreg kartu Indosat Ooredoo yang hilang. Pastikan Anda membawa dokumen data diri seperti KTP dan KK yang juga digunakan saat mendaftar kartu di awal.

Bagaimana Nasib Kartu yang Diblokir?

cara mendapatkan kuota gratis indosat yellow

Sesuai dengan peraturan pemerintah, bahwa 1 NIK hanya dapat digunakan untuk maksimal 3 kartu SIM saja.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kartu yang sudah tidak digunakan lagi untuk diunreg dengan cara meng unreg kartu Indosat Ooredoo yang sudah dijelaskan di atas.

Kartu akan otomatis diblokir jika masa aktifnya habis. Masa aktif bisa habis karena pemilik tidak mengisi ulang pulsa dalam jangka waktu yang lama.

Nantinya kartu akan masuk ke masa tenggang dan diblokir oleh pihak operator serta Kominfo.

Nomor yang diblokir dan dinonaktifkan akan masuk ke masa karantina sebelum didaur ulang.

Daur ulang ini dilakukan karena nomor ponsel merupakan sumber daya milik negara yang terbatas dan dialokasikan ke operator-operator seluler dalam bentuk National Destination Code (NDC).

Banyak masyarakat yang menyayangkan adanya sistem daur ulang kartu perdana ini. Karena cukup rawan apalagi jika kartu terhubung dengan sistem keuangan, aplikasi, email dan data kependudukan.

Bahkan tidak sedikit orang bingung karena nomor yang sudah lama tidak aktif malah aktif kembali dan digunakan oleh orang lain.

Perlu diketahui bahwa daur ulang atau recycle kartu perdana hanya dilakukan untuk nomor-nomor yang sudah lama hangus atau diblokir.

Maka dari itu disarankan untuk Anda yang akan menonaktifkan nomor atau melakukan unreg nomor Indosat Ooredoo untuk memeriksanya terlebih dahulu.

Pastikan nomor Indosat Ooredoo yang akan diunreg sudah tidak terhubung ke media sosial, aplikasi keuangan seperti mobile banking maupun pay later.

Jika nomor masih terdaftar di beberapa aplikasi yang rentan terkena hack, segera ganti terlebih dahulu ke nomor baru sebelum nomor lama dinonaktifkan.

Karena, keamanan para pengguna atas kartu seluler yang sudah di daur ulang menjadi tanggung jawab sendiri alias pengguna sebelumnya.

Demikian informasi tentang pilihan cara unreg kartu Indosat Ooredoo.

Semoga langkah-langkah di atas mudah untuk dipahami dan bermanfaat bagi Anda yang ingin menonaktifkan nomor HP lama.

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!