Pulsa

Kenapa Transfer Pulsa Indosat Gagal? Cek Penyebabnya 

Transfer pulsa menjadi layanan paling berguna dan banyak dibutuhkan. Tapi kenapa transfer pulsa Indosat gagal? Kamu yang pernah mengalaminya pasti kerap bertanya-tanya. 

Merasa sudah mengikuti instruksi dengan benar tapi pulsa tidak kunjung terkirim. Padahal kerabat sedang membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi. 

Kamu bisa mengenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan pulsa ini gagal dikirim. Kemudian ikuti cara untuk mengatasinya dengan benar. 

Penyebab Transfer Pulsa Gagal dan Cara Mengatasinya 

penyebabnya

Hal yang wajar jika baru pertama kali kamu mencoba transfer pulsa lalu gagal. Mungkin saja informasi cara yang kamu temukan salah.

Beberapa pengguna yang baru mengenal kartu Indosat masih sering salah dalam mengakses layanannya. Apalagi jika sudah lama menggunakan kartu lain. 

Lupa soal kode dial atau layanan nomor sms operator bisa saja terjadi.

Selain penyebab kurangnya informasi, masih ada alasan lain kenapa transfer pulsa Indosat gagal sebagai berikut. 

  • Kesalahan Saat Memberikan Instruksi 

Kamu sebagai pemilik nomor akan mengajukan permohonan transfer pulsa dengan instruksi yang sudah ditetapkan oleh Indosat. Selama instruksinya benar maka operator akan memproses. 

Pasalnya tahapan transfer ini akan dilakukan oleh bot bukan manusia jadi harus sesuai dengan format instruksi yang sudah disediakan. 

Indosat sendiri telah menyediakan layanan transfer ini dengan beberapa cara.

Bisa menggunakan kode dial atau sms. Kesalahan kerap terjadi pada format sms atau salah kode dial. 

Khusus kode dial kamu bisa menggunakan *123*7*2*3*1#. Sedangkan untuk sms kamu bisa mengirim ke nomor 151 dengan format OK spasi nomor token. 

Jika salah memberikan nomor token atau kode dial sudah pasti kamu tidak akan bisa melanjutkan proses transfer karena instruksinya salah. 

Oleh karena itu sebaiknya kenali apa saja metode transfer pulsa yang disediakan Indosat beserta cara untuk mengirimkannya dengan benar. Sekali berhasil maka pulsa akan langsung terkirim. 

  • Salah Memasukan Nomor Tujuan 

Dalam setiap format atau instruksi pengiriman, nomor tujuan harus selalu dimasukan.

Kamu bisa mengirim pulsa ke nomor Indosat atau operator lain dengan biaya admin yang berbeda. 

Kesalahan memasukan nomor tujuan ini bisa berakibat fatal. Jika nomor yang salah tersebut aktif maka pulsa akan langsung terpotong. Jika mengirim dalam jumlah besar tentu kamu akan rugi. 

Namun jika nomor tersebut tidak aktif maka pulsa kamu tidak akan terpotong dan hanya mendapatkan status pengiriman gagal.

Kamu masih beruntung dan bisa mengulangi pengiriman dengan nomor yang benar. 

Lebih baik untuk teliti ulang berapa nomor tujuan yang kamu masukan.

Supaya tidak salah, gunakan fitur copy nomor dan paste pada kolom yang disediakan untuk transfer. 

  • Saldo Pulsa Tidak Mencukupi Biaya Transfer 

Kenapa transfer pulsa Indosat gagal bisa juga dikarenakan pulsa kamu yang tidak mencukupi. Perlu diingat bahwa pulsa yang dipotong bukan hanya pulsa yang akan diterima saja. 

Kamu juga harus memikirkan biaya admin transfer dan biaya mengakses layanannya seperti sms. Setiap kali mengirimkan sms ke operator juga membutuhkan pulsa. 

Perlu informasi lengkap mengenai berapa biaya admin yang dikenakan dan pulsa sms.

Sesuaikan lagi dengan saldo yang kamu miliki sehingga transfer bisa langsung berhasil. 

Indosat menyediakan layanan transfer mulai dari pulsa minimal 5 ribu rupiah dengan biaya admin dari 600 rupiah. Biaya admin ini akan meningkat sesuai nominal yang dikirimkan. 

Jadi jika kamu ingin transfer 5 ribu rupiah pastikan sisa pulsa adalah 15 ribu rupiah.

Pasalnya akan dipotong biaya transfer 600 rupiah, pulsa yang ditransfer 5 ribu dan biaya sms 5 00 rupiah. 

Indosat juga mengharuskan pengirim minimal memiliki sisa pulsa 5.000 setelah melakukan transfer. Selama sesuai dengan ketentuan ini maka kamu bisa transfer dengan mudah. 

  • Kartu yang Berada di Masa Tenggang 

Sudahkah kamu mengecek masa aktif kartu? Jika masuk masa tenggang inilah yang jadi penyebab kenapa transfer pulsa Indosat gagal. 

Baik pengirim dan juga penerima harus berada di dalam masa tenggang. Inilah peraturan yang telah ditetapkan oleh Indosat. 

Sayangnya banyak pengguna yang tidak sadar bahwa kartunya telah masuk ke masa tenggang karena terlalu sering membeli kuota tanpa cek sisa pulsa. 

Memang tidak banyak perbedaan yang signifikan antara kartu masuk masa tenggang atau masih aktif. Kamu hanya akan mendapat peringatan sms dari operator saja. 

Apabila kartu saat ini masih di masa tenggang sebaiknya kamu membeli pulsa untuk menambah masa aktif. Baru setelah itu lakukan transfer pulsa dengan instruksi yang benar. 

  • Kehilangan Sinyal Saat Cek Kode Dial atau SMS 

Berada pada area yang buruk sinyal juga mempengaruhi pengiriman pulsa. Pasalnya layanan kode dial atau sms sama-sama mengandalkan sinyal. 

Kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah sinyal di daerah tersebut cukup kuat dan juga stabil.

Jangan sampai saat hendak konfirmasi transfer dengan operator sinyal justru melemah. 

Kesalahan ini kerap terjadi khususnya pada kamu yang berada di daerah cukup terpelosok. Kesulitan sinyal jadi hal yang wajar jadi sangat menyulitkan. 

Lebih baik untuk mengecek terlebih dahulu ketersediaan jaringan internet di daerah kamu. sehingga tidak mempengaruhi pengiriman pulsa. 

Pasalnya kamu masih memiliki alternatif kirim pulsa melalui aplikasi MyIm3.

Selama jaringan internetnya stabil kamu masih bisa menggunakan layanan aplikasi tersebut untuk transfer. 

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa dari Indosat 

cara daftar paket internet indosat 20 ribu

Setelah mengetahui penyebab transfer pulsa gagal dan cara mengatasi gagal transfer pulsa indosat ke indosat lewat myim3, ada baiknya jika kamu mempelajari kembali apa saja syarat dan ketentuannya. 

Mungkin saja kamu lupa akan syarat dan ketentuan ini sehingga menjadikannya gagal. Berikut ini syarat dan ketentuan yang wajib diikuti. 

  • Masa Aktif Kartu 

Syarat yang pertama adalah nomor penerima dan pengirim harus aktif atau tidak berada di masa tenggang. Hal ini berlaku untuk semua produk Indosat kecuali nomor Matrix. 

Kamu yang terbiasa menggunakan Telkomsel mungkin tidak terbiasa dengan hal ini. Pasalnya khusus Telkomsel nomor penerima justru harus berada di masa tenggang. 

  • Penambahan Masa Aktif 

Setiap pulsa yang ditransfer akan menambah masa aktif penerima namun sesuai ketentuan dari Indosat jadi tidak sama seperti ketika membeli pulsa. 

Sedangkan pengirim tidak akan kehilangan masa aktifnya kepada nomor penerima.

Penambahan masa aktif ini bisa sampai 45 hari tergantung nominal yang dikirimkan.  

  • Penambahan Masa Tenggang 

Penerima tidak hanya mendapatkan masa aktif tetapi juga masa tenggang. Indosat akan memberikan penambahan masa tenggang selama 30 hari. 

Apabila Anda adalah penerima pulsa maka akan lebih nyaman karena tidak perlu terburu-buru untuk membeli pulsa karena masa aktif dan tenggang cukup lama. 

  • Minimal Pulsa Pengirim 

Sesuai yang telah dijelaskan di atas, bahwa pengirim harus memiliki minimal sisa saldo pulsa setelah pengiriman sebesar 5 ribu rupiah. 

Pastikan kamu sudah menghitung dengan benar berapa pulsa yang akan dikirim dan tersisa. Sehingga aksesnya bisa lancar. 

Tidak bingung lagi bukan soal kenapa transfer pulsa Indosat gagal. Sekarang kamu bisa langsung mencoba mengirim kembali dan pasti akan berhasil. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!