Pulsa

Registrasi Kartu Telkomsel Gagal? Tenang, Lakukan Ini 

Semua pengguna nomor Telkomsel diwajibkan melakukan registrasi dengan KTP dan KK.

Khususnya untuk pengguna baru yang belum pernah menggunakan. 

Namun setelah mencoba bagaimana jika registrasi kartu Telkomsel gagal? Apakah kartu SIM lantas tidak bisa digunakan? 

Tentu saja, kartu SIM tidak akan aktif selama belum didaftarkan.

Kamu yang mengalami hal ini tidak perlu panik, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. 

Alasan Kenapa Tidak Bisa Registrasi Kartu SIM

 

metode

Tujuan utama melakukan registrasi dari kartu SIM yang dibeli adalah untuk keamanan.

Semakin banyaknya beredar nomor membuat penggunaannya yang tepat tidak terkendali. 

Demi mengatasi masalah kejahatan yang menggunakan kartu SIM, maka pemerintah pun menetapkan peraturan registrasi ini. Setiap orang harus mendaftar dengan nomor KTP dan KK. 

Namun seringkali registrasi kartu Telkomsel gagal yang membuat pengguna kecewa padahal ingin menggunakan nomor tersebut. 

Pada saat membeli kartu sama lainnya pendaftarannya pun masih tetap gagal.

Apa yang menyebabkan registrasi ini ditolak? Berikut ini penjelasan alasannya. 

  • Kurang Teliti saat Memasukan Nomor 

Nomor KTP dan KK begitu panjang yang membuat banyak orang salah pada saat mengisinya.

Kamu yang kurang teliti membuat registrasi pun menjadi gagal. 

Pengisian nomor KTP dan KK dilakukan secara langsung dan berurutan. Apalagi jika kamu menggunakan metode pengisian manual seperti format sms. 

Kesalahan masih sering terjadi, namun tenang saja kamu masih memiliki beberapa kesempatan untuk melakukan registrasi. Jadi bisa dicoba kembali. 

  • NIK sudah Terdaftar 

Menurut peraturan pemerintah setiap NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar satu atau dua nomor saja. Jika sebelumnya sudah didaftarkan maka tidak bisa digunakan. 

Misalnya ketika kamu menggunakan nomor Telkomsel sebelumnya dengan NIK sama, maka tidak bisa digunakan mendaftar ke nomor Telkomsel baru.

Kecuali kamu menggunakan kartu dari provider lain seperti XL dan Im3. Dengan catatan kamu juga tidak boleh mendaftarkan NIK ke nomor tersebut. 

Biasanya jika penyebabnya adalah NIK sudah digunakan maka akan muncul informasi yang menjelaskannya. 

  • Tidak Mengikuti Format Pendaftaran dengan Benar

Setiap provider memiliki format registrasi yang berbeda. Misalnya ketika kamu menggunakan Telkomsel biasanya akan langsung mendaftar melalui menu pop up. 

Namun ada juga pengiriman format dilakukan melalui sms secara manual tapi tidak memakan pulsa. Urutan format sms ini juga harus benar. 

Jadi menghindari registrasi kartu Telkomsel gagal kamu harus teliti pada saat membuat format dan menuliskan angka NIK serta KK. Jangan sampai ada digit yang terlewatkan. 

  • Status Kartu yang Tidak Aktif 

Mungkin saja kamu salah membeli kartu Telkomsel, misalnya yang sudah melewati masa kadaluarsa. Tentu saja pendaftaran pemilik nomor tidak akan berhasil. 

Kartu yang digunakan harus masih aktif walaupun jumlah pulsa yang dimiliki nol rupiah tidak menjadi masalah. 

Selama kamu menggunakan kartu yang tidak aktif maka otomatis informasi mengenai pendaftaran juga tidak muncul. Lebih baik teliti masa kadaluarsa kartu sebelum membeli. 

Cara Mengatasi Kartu SIM yang Gagal 

cara mengatasi

Sudah tahu apa yang menjadi alasan kamu gagal registrasi? Maka tentu saja sekarang saatnya mencari tahu solusi apa yang sebaiknya dipilih. 

Kamu yang bingung bisa melakukan beberapa cara berikut ini dalam mengatasinya. 

  • Melakukan Restart 

Sudah sekali gagal saat registrasi? Jangan langsung mendaftarkan nomor kamu. Kamu bisa menunggu sejenak dan melakukan restart pada ponsel. 

Restart ini penting untuk memulai ulang kerja smartphone dan kartu SIM. Usai melakukan restart baru kamu bisa memulai ulang registrasi. 

Biasanya operator juga akan menawarkan tahapan registrasi sehingga kamu tinggal mengisi data di kolom yang sudah disediakan. 

  • Teliti Ulang Format dan Nomor NIK serta KK 

Mengingat ada begitu banyak digit nomor yang harus dimasukan, maka kamu harus lebih teliti lagi sebelum mengirimkan data. Jangan sampai salah sedikitpun sehingga gagal. 

Pengecekan ini bisa dilakukan sebelum kamu mengirimkan registrasi dan sekali mencoba sudah pasti akan langsung berhasil. 

  • Cek Dulu Status Kartu SIM

Supaya berhasil juga kamu harus mengecek status kartu SIM apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak aktif sebaiknya jangan lakukan registrasi. 

Kamu bisa mengecek status ini dengan kode dial Telkomsel di *888# maka sisa pulsa dan masa aktifnya akan langsung terlihat. 

Jika sudah yakin dengan status kartu yang aktif maka kamu sudah bisa melakukan pendaftaran. Jangan lupa cek kembali NIK dan KK nya ya. 

  • Hanya Kirim Sampai 5 Kali 

Ada batasan dalam pengiriman ulang registrasi yaitu sebanyak lima kali. Kamu bisa melakukan restart setiap kali ingin mengulangi registrasinya. 

Kartu SIM hanya bisa didaftarkan lima kali saja, selebihnya maka nomor tidak bisa didaftarkan kembali secara mandiri. 

Oleh karena itulah lebih aman jika kamu selalu teliti sebelum mendaftarkan baik dari segi format dan nomornya. 

  • Mendatangi Grapari 

Ketika registrasi kartu Telkomsel gagal 5x maka jalan alternatif terakhir adalah dengan mendatangi gerai Grapari terdekat. Disini costumer service yang akan menanganinya. 

Mungkin saja kartu yang kamu beli bermasalah atau terdapat masalah terhadap jaringannya. CS akan langsung mengakses pendaftaran dari komputer. 

Jadi kamu hanya perlu menunggu saja sampai kartu bisa digunakan. Tidak ada biaya tambahan untuk masalah ini. 

Ketentuan Registrasi Kartu SIM yang Benar 

Ketentuan

Mengikuti tips kedua untuk selalu teliti sebaiknya kamu mencari tahu apa saja ketentuan dan format registrasi yang benar. Tujuannya agar pendaftaran lebih mudah. 

Berikut ini ketentuan serta langkah lengkap supaya tidak gagal registrasi kartu Telkomsel. 

  • Unreg Penggunaan NIK sebelumnya 

Kamu yang sudah menggunakan NIK di kartu Telkomsel lain sebaiknya melakukan unreg terlebih dahulu. Cara ini membuat NIK dapat digunakan kembali. 

Apabila kesulitan untuk melakukan unreg nomor kamu juga bisa datang ke Grapari. Cara unreg bisa menggunakan sms dengan format tertentu. 

Tanpa melakukan unreg maka nomor Telkomsel tidak akan bisa didaftarkan dengan NIK milikmu sekarang.

Kecuali kamu sudah memastikan NIK belum digunakan sebelumnya. 

  • NIK Sudah Terdaftar di Dukcapil 

Bagi kamu yang baru saja membuat KTP cek kembali apakah NIK sudah tercatat di dukcapil. Termasuk pembaruan informasi yang dibutuhkan. 

NIK ini harus sesuai dengan KK sehingga operator akan memastikan bahwa nomor yang kamu miliki benar-benar asli. 

Begitu juga dengan nomor KK harus sudah terdaftar di dukcapil sehingga bisa langsung digunakan untuk registrasi. 

  • Registrasi secara Otomatis 

Beberapa nomor menyediakan pendaftaran secara otomatis. Jadi kamu tidak akan bisa menggunakan nomor sebelum menyelesaikan tahapan registrasi ini. 

Biasanya registrasi otomatis ini memanfaatkan pesan pop up dimana kamu tinggal mengikuti langkahnya saja. Mulai dari mengisi nama, NIK, nomor KK, dll. 

Setiap kali mengisi data maka halaman akan berganti sendiri dan kamu bisa isi data selanjutnya. Begitu sampai akhirnya pendaftaran selesai untuk dilakukan dan berhasil. 

Jika sudah selesai maka kamu akan langsung masuk ke halaman layar utama dan nomor bisa langsung digunakan. 

  • Registrasi dengan SMS 

Ketika nomor yang digunakan tidak menyediakan fitur otomatis ini maka pendaftaran harus dilakukan secara manual yakni dengan sms. 

Pendaftaran ini tidak akan memotong pulsa kamu jadi jangan khawatir. Tujuan nomor pengirimannya adalah 4444. 

Khusus dengan cara sms ini, kamu bisa menggunakan format REG(spasi)NIK#Nomor KK#. Langsung kirimkan sms ini. 

Jika benar maka operator akan mengirimkan sms yang berisi informasi bahwa kamu sudah berhasil dalam mendaftarkan nomor. 

Cukup dengan mengikuti keempat ketentuan ini maka kamu sudah bisa langsung menggunakan nomor Telkomsel secara bebas. 

Apa Dampak Jika Gagal Registrasi Nomor SIM? 

Kenali juga apa dampaknya jika ternyata kamu masih saja gagal dalam registrasi nomor? Apa yang akan terjadi pada nomor Telkomsel yang dibeli? 

Berikut ini beberapa akibat yang harus ditanggung pemilik nomor jika terus gagal saat registrasi. 

  • Kartu akan Aktif Sementara 

Apabila masih gagal bahkan sampai 5 kali pendaftaran maka kamu akan mendapat penangguhan aktif sementaran. Penangguhan ini berlaku 1X24 jam. 

Artinya kamu akan mendapatkan akses ke kartu SIM selama satu hari dan bisa langsung pergi ke Grapari keesokan harinya. Baru kartu bisa digunakan seterusnya. 

  • Tidak Bisa Mengakses Kartu SIM 

Apabila lebih dari waktu penangguhan di atas berlalu maka kartu SIM yang dibeli tidak akan bisa digunakan. Walaupun kamu sudah membeli kuota dan pulsa banyak. 

Kartu tidak akan bisa digunakan sampai akhirnya kamu dengan benar mendaftarkan kartu SIM. Baik itu akses sms, telepon bahkan internet tidak akan berjalan. 

  • Tidak ada Sinyal 

Biasanya supaya kartu SIM tidak bisa digunakan maka sinyal dari kartu tersebut akan hilang. Hal ini akan otomatis berlaku ketika registrasi belum selesai dilakukan. 

Tidak adanya sinyal ini tentu membuat kamu sama sekali tidak bisa mengakses kartu SIM. Jika ingin cepat menggunakan nomor satu-satunya adalah membeli lagi. 

Ketiga hal inilah yang akan dialami pemilik SIM dan harus diperhatikan.

Tanpa memperhatikan dengan seksama mungkin kamu masih menyepelekan soal registrasi ini. 

Cara Mengetahui Lokasi Grapari Terdekat 

Menurut peraturan dari pemerintah, ketika registrasi kartu Telkomsel gagal sampai dengan lima kali artinya kamu harus segera mengunjungi Grapari terdekat. 

Dimana kamu bisa mencari tahu lokasi Grapari terdekat adalah dengan menggunakan beberapa cara. Pertama bisa menggunakan Google Map. 

Kamu tinggal ketik saja kata kunci gerai resmi Telkomsel maka akan langsung terlihat hasilnya mana saja yang terdekat. 

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel.

Di sini kamu tinggal chatbot Grapari terdekat. Maka chat bot akan memberikan balasan lokasinya.

aplikasi my telkomsel baru

Image: play.google.com

 

Apabila tidak bisa mengakses aplikasi MyTelkomsel kamu tinggal masuk saja ke website resmi Telkomsel.

Disitu juga tersedia chatbot yang bisa diakses cara sama. 

Bisa juga dengan mengakses akun sosial media Telkomsel baik itu di Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebaginya. Tinggal tanyakan Grapari terdekat sesuai kotamu. 

Maka operator akan langsung memberikan jawaban mengenai lokasinya dimana saja. Biasanya lokasi Grapari berada di setiap kota atau kabupaten. 

Kamu bisa langsung mencarinya dengan mudah dan mendapat pelayanan yang tercepat.

Perhatikan jam buka Grapari karena ada jam khusus pelayanannya. 

Tidak akan dipungut biaya mahal atau tambahan ketika kamu hendak mengakses pendaftaran kartu SIM ini.

Jangan lupa untuk membawa kartu yang sudah terpasang. 

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!