cara backup aplikasi
Tutorial

Cara Backup Aplikasi di Android: Fungsi & Manfaatnya

Umumnya setiap orang memiliki data penting yang tersimpan pada aplikasi yang ada di perangkat telepon pintarnya.

Data yang tersimpan tersebut dalam beberapa keadaan bisa jadi hilang dan membuat pengguna telepon pintar tersebut kesal sehingga harus mencarinya.

Nah, solusi untuk hal tersebut adalah dengan melakukan backup data maupun aplikasi di sistem operasi Android.

Ya, backup menjadi sesuatu hal yang penting dilakukan khususnya bagi para pengguna setia platform android, cara backup aplikasi mudah dilakukan pengguna.

Mengapa penting dilakukan? Karena dengan melakukan backup, hal tersebut dapat meminimalisir hilangnya data yang telah tersimpan di aplikasi seperti halnya data kontak, pesan, foto dan juga video. Tak jarang juga aplikasi dapat hilang dalam suatu keadaan.

Backup yang rutin dilakukan setidaknya dapat membuat pengguna tidak merasa kebingungan jika tiba-tiba datanya hilang karena suatu hal.

Tinggal mengecek pada backup data dan segala bentuk data yang tersimpan akan tetap masih ada seperti sebelumnya.

Nah, guna mengetahui informasi selengkapnya seputar backup data, simak penjelasannya pada artikel di bawah ini ya!

Apa Itu Backup & Apa Manfaatnya?

Backup merupakan kegiatan menyalin atau memindahkan informasi berupa data yang mana sebelumnya telah tersimpan pada aplikasi di Android untuk nantinya memudahkan pengguna ketika terjadi kerusakan pada aplikasi yang digunakan.

Adapun backup ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi backup data atau bawaan dari sistem operasi itu sendiri.

Terlebih sekarang ini banyak dijumpai aplikasi yang menawarkan layanan backup pada sistem android dengan cepat dan juga mudah.

Menggunakan aplikasi untuk backup tersebut dapat memudahkan dalam backup dan juga restore kembali aplikasi apabila aplikasi tersebut akan digunakan oleh pengguna perangkat tersebut nantinya.

Fungsi Backup

Apakah fungsi dari backup itu? Backup sendiri punya kegunaan untuk mencadangkan data yang kita punyai pada satu aplikasi dengan menyalinnya pada perangkat.

Nantinya pengguna tetap dapat mengakses data tersebut walaupun aplikasi sudah tidak ada atau dalam keadaan offline sekalipun.

Selain itu, backup sendiri merupakan bentuk antisipasi dan keamanan data dari resiko kehilangan data yang dapat diakibatkan oleh aplikasi yang telah corrupt ataupun keadaan lain yang membuat data tersebut tidak dapat diakses sebagaimana mestinya.

Cara Backup Aplikasi

Untuk melindungi file maupun data yang ada di aplikasi, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi aplikasi agar tetap terjaga dengan baik.

Beberapa cara backup aplikasi tersebut antara lain :

1. Menggunakan Aplikasi Super Backup & Restore

Cara backup aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk melakukan backup pada aplikasi yakni dengan menggunakan aplikasi super backup & restore yang tersedia di pusat layanan aplikasi Google Play Store.

Cara menggunakan aplikasi tersebut pun cukup mudah dilakukan, yakni:

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi, kemudian pilih opsi Apps, guna membackup aplikasi pada perangkat.

Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi, kemudian pilih opsi Apps, guna membackup aplikasi pada perangkat.

  • Kedua, pada opsi installed akan muncul beberapa aplikasi yang pernah diinstall pada perangkat yang digunakan.Kemudian, pilih salah satu aplikasi yang akan di backup dengan menggunakan aplikasi tersebut. Centang checkbox yang ada disamping aplikasi.

Setelah checkbox dicentang, maka tekan tombol backup yang berada di bagian paling bawah dari aplikasi backup tersebut.

Setelah checkbox dicentang, maka tekan tombol backup yang berada di bagian paling bawah dari aplikasi backup tersebut

  • Aplikasi yang telah dibackup selanjutnya akan masuk pada opsi archived.Pengguna yang ingin merestore aplikasi tersebut untuk digunakan, dapat langsung mengklik checkbox yang terdapat pada aplikasi tersebut.Nantinya akan muncul perintah untuk instalasi.

Klik install dan aplikasi akan secara otomatis berhasil di-restore ke dalam perangkat.

  • Klik install dan aplikasi akan secara otomatis berhasil di-restore ke dalam perangkat.
  • Pengguna juga dapat melakukan backup pada pesan, caranya sendiri cukup mudah, pertama dengan mengklik icon sms yang ada pada menu awal aplikasi.Selanjutnya pilihlah allow, guna memberikan izin pada aplikasi untuk mengirim dan melihat pesan.

Jika ingin membackup seluruh pesan, maka klik opsi backup all.

Namun jika hanya sebagian pesan percakapan saja, maka klik opsi backup conversation.

Pesan yang dirasa penting dapat diamankan pada cloud secara online.

Pesan yang dirasa penting dapat diamankan pada cloud secara online

Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk membackup kontak yang ada di perangkat sehingga tidak ikut hilang jika terjadi sesuatu dengan perangkat.

2. Menggunakan Aplikasi Apk Backup and Restore

Cara backup aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk melakukan backup adalah aplikasi Apk Backup and Restore.

Aplikasi satu ini memang secara khusus digunakan untuk membackup data maupun aplikasi pada perangkat sehingga dapat membantu dari kehilangan data.

  • Pertama, unduh dan kemudian install terlebih dahulu aplikasi Apk Backup and Restore pada perangkat android yang digunakan.

    Berikan izin untuk akses yang masuk pada perangkat. Selanjutnya klik Allow atau izinkan.
  • Pada opsi backup, pilihlah aplikasi yang ingin di backup. Klik pada aplikasi tersebut hingga muncul beberapa opsi yang salah satunya yakni backup. Lalu pilih opsi backup tersebut dan tunggu hingga proses backup selesai.
  • Bila ingin menginstall aplikasi kembali, maka klik opsi Restore. Pilih aplikasi yang nantinya akan diinstall kembali. Tekan aplikasi dan akan muncul beberapa opsi salah satunya restore. Pilih opsi Restore.
  • Tunggu beberapa saat dan nantinya aplikasi akan kembali terinstal pada perangkat yang sedang digunakan.Dengan begitu meskipun sudah di backup, aplikasi yang sebelumnya telah digunakan tetap dapat digunakan seperti sebelumnya seperti sedia kala.

Demikian tadi informasi mengenai cara backup aplikasi yang dijelaskan diatas.

Seperti yang diketahui, backup aplikasi merupakan hal penting yang perlu dilakukan mengingat semakin banyaknya data yang terunduh pada perangkat.

Backup aplikasi sendiri digunakan untuk menghindari data dalam aplikasi hilang dan tidak dapat dipergunakan sebagaimana kebutuhan pengguna.

Lakukanlah backup secara rutin untuk menjaga data tetap aman ketika akan digunakan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *