Tutorial

4 Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp Lengkap

Baik untuk hiburan semata maupun memang digunakan sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi secara lebih menyenangkan.

Stiker dan berbagai emoji yang tersedia sangatlah menarik. Bahkan tidak jarang berbagai stiker di Telegram begitu beragam dan kamu ingin mengaplikasikannya di dalam percakapan WhatsApp. 

Tahukah kamu jika ada sejumlah cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp yang dapat dijalankan secara mudah?

Ya, ternyata pengguna Telegram bisa mentransfer stiker yang ada untuk kemudian ditransferkan ke WA. Berikut ulasannya.

Penggunaan Stiker di WA dan Telegram

Sejatinya, WA dan Telegram memiliki fungsi yang serupa, yakni untuk mempermudah para penggunanya dalam menjalankan obrolan jarak jauh menggunakan tulisan chat.

Tidak hanya kepada sesama individu, namun kamu bisa mengirim pesan kepada keluarga, teman, maupun rekan kerja secara pribadi.

Meskipun sama-sama aplikasi berbasis chat, tentunya kedua aplikasi ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar, salah satunya pada penggunaan stiker.

Stiker merupakan suatu gambar teks yang saling dikirimkan, biasanya hanya murni berupa gambar atau tidak jarang disertai dengan teks tertentu.

Adanya stiker tentu membuat percakapan menjadi lebih menarik. Obrolan akan lebih hidup karena biasanya stiker dibuat dengan desain yang lucu dan sedikit nyeleneh. 

Dengan adanya stiker yang lucu dan menarik, tentu membuatmu ingin memiliki semuanya untuk digunakan di masa mendatang.

Padahal, untuk mendapatkan stiker tidak selalu mudah, apalagi di WA. Tidak sedikit yang kemudian mencari di Telegram karena cara tersebut bisa dilakukan secara mudah.

Tutorial Cara Memindahkan Stiker Telegram Ke Whatsapp

Ketika kamu ingin mendapatkan stiker Telegram di WA, tentunya harus mengetahui secara detail bagaimana cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp tersebut.

Berikut sejumlah cara yang perlu dilakukan. 

1. Langkah Awal di Aplikasi Telegram

  • Langkah awal yang harus dilakukan sebagai cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp tentunya adalah masuk ke akun Telegram milikmu terlebih dahulu.Selanjutnya, klik opsi tiga garis di pojok kiri atas, lalu mencari menu Pengaturan atau Settingan.

  • Setelah menu terbuka, pilih menu Stickers yang terletak pada bagian bawah. Di beberapa versi aplikasi Telegram lain, ada kemungkinan kamu akan menemui menu Stickers & Masks.

  • Nantinya, akan muncul kumpulan stiker yang pernah kamu download atau kamu akses. Pilih tab Installed untuk memilih stiker yang akan dikirimkan ke WA

  • Setelah dipilih, klik ikon opsi yang berupa titik tiga pada bagian pojok kanan atas. Selanjutnya pilih Copy Link atau Salin Tautan.

2. Proses mendapatkan stiker Telegram

  • Jika sudah menyalin link tersebut, kamu perlu kembali ke halaman utama Telegram, lalu klik fitur pencarian atau Search. Selanjutnya, ketik opsi “Sticker Downloader” dengan ikon sebagai berikut.

lalu klik fitur pencarian atau Search

  • Klik tombol Start atau ketik /start untuk mulai menggunakan fitur download stiker dalam aplikasi Telegram sebagai salah satu cara untuk pindahkan stiker Telegram ke WA.

  • Paste-kan link yang tadi sudah sempat di download, kemudian tekan Enter. Nantinya, kamu akan mendapatkan sejumlah file yang berbentuk file ZIP.

aste-kan link yang tadi sudah sempat di download

Kami sarankan kamu memilih file dengan keterangan webp karena cenderung lebih ringan namun tetap dapat digunakan secara normal. Klik agak lama di file tersebut kemudian pilih Save to Download.

3. Melakukan ekstraksi file

File ZIP yang tadi sudah didownload masih perlu diubah kembali ke dalam bentuk yang dapat dibuka pada aplikasi WhatsApp.

Untuk itu, kamu memerlukan sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk mengkonversi file ZIP tersebut menjadi folder biasa yang bisa dibuka.

Kamu bisa menggunakan aplikasi apa pun untuk mengubah format file tersebut, baik melalui HP maupun melalui komputer. Jika menggunakan HP, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Zarchiver. 

Akan tetapi, jika menggunakan komputer, maka kamu perlu memindahkan file terlebih dahulu ke folder komputer kemudian mengekstraknya, lalu memindahkannya kembali ke dalam file handphone.

Sangat disarankan saat meletakkan folder stiker tersebut kamu juga menamainya dengan nama yang mudah diingat dan dicari.

Dengan begitu, proses pemindahan dan pemasangan stiker dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih mudah.

4. Mengaplikasikan stiker di WA

Adapun cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp selanjutnya, kamu bisa mulai mengaplikasikan stiker yang sudah dipindahkan dari Telegram ke WA.

Caranya, download terlebih dahulu aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Aplikasi ini yang akan digunakan untuk memasang stiker pribadi ke WA.

Setelah terinstal, maka kamu bisa menggunakan aplikasi stiker tersebut dengan cara menambahkan stiker yang sudah didownload tersebut. Tunggu saja selama beberapa saat hingga semua stiker dapat terpasang dengan baik.

Nah, ketika sudah selesai maka kamu bisa menguji stiker yang telah tersimpan.

Hal ini penting karena tidak semua stiker benar-benar dapat berhasil dipindahkan, terlebih jika ada file yang corrupt atau ada langkah-langkah yang terlewatkan.

Tips Cara Pindahkan Stiker Telegram Ke WA

Tips Cara Pindahkan Stiker Telegram Ke WA

Untuk bisa mengaplikasikan cara pindahkan stiker Telegram ke WA di atas, akan baiknya jika kamu mencermati beberapa hal supaya prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Adapun cara-cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Memastikan koneksi stabil dan lancar

Hal pertama yang perlu dipastikan kembali adalah apakah kamu sudah memastikan penggunaan koneksi internet yang stabil dan lancar.

Sering kali, pemindahan stiker seperti ini gagal karena para penggunanya tidak memperhatikan koneksi yang stabil.

Tentunya, hal ini akan sangat berpengaruh karena koneksi yang tidak baik akan membuat file yang didownload menjadi gagal masuk ke dalam handphone.

Bahkan, hasil download file stiker tersebut bisa saja tidak selesai sehingga menjadikan stiker menjadi corrupt dan tidak dapat dilihat secara sempurna.

  • Memori handphone dipastikan cukup

Hal yang juga penting adalah memastikan kembali apakah handphone kamu memiliki memori internal yang cukup.

Tanpa adanya memori yang cukup tentunya file stiker akan gagal terdownload dan kamu tidak akan bisa memasangnya pada WA.

Terlebih, untuk menjalankan proses pemindahan stiker ini diperlukan sejumlah aplikasi pendukung.

Belum lagi dengan akumulasi ukuran stiker yang bisa mencapai beberapa ratus MB atau GB. Jika memori HP-mu saja tidak memadai, tentu saja akan membuatmu menjadi kesulitan.

  • Memilih stiker yang proper

Ada begitu banyak macam stiker yang bisa didownload pada Telegram. Sayangnya, tidak semua stiker tersebut memiliki norma susila yang baik dan bahkan tidak jarang menggunakan kata-kata atau gambar yang tidak senonoh. 

Meskipun hanya sebagai hiburan, namun ada baiknya jika kamu menjalankan cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp ini dengan tetap menerapkan norma-norma sosial.

Dikhawatirkan, hal tersebut dideteksi sebagai spam sehingga stiker yang kamu inginkan tidak bisa didownload dengan baik.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *