ketik di laptop
Tutorial

Yuk Pelajari Cara Mengecek Plagiarisme Online

Plagiarisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penjiplakan yang melanggar hak cipta seperti misalnya menjiplak karya seni atau tulisan kemudian menerbitkannya atas nama pribadi.

Dan hingga kini, usaha untuk mencegah terjadinya plagiarisme masih terus dilakukan terutama di lingkup perguruan tinggi dimana kegiatan plagiarisme banyak dilakukan sehingga cara mengecek plagiarisme online pun semakin digalakkan. 

Dengan dikeluarkannya Permendiknas RI no.17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi kini aturan untuk mencegah Plagiarisme pun dilakukan dengan lebih ketat lagi.

Cara Cek Plagiarisme Online dengan Tools

Saat ini tindakan plagiarisme ternyata bukan hanya dilakukan sebatas dokumen saja.

Namun ada banyak karya seni seperti lagu, naskah film hingga puisi yang mendapatkan perlakukan Plagiarisme sehingga sangat merugikan pemilik hak cipta yang sebenarnya.

Anda tak perlu khawatir, karena kini sudah ada cara untuk melakukan cek plagiarisme secara online melalui situs website yang memang dibuat khusus untuk hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cek plagiarisme online terutama pada sebuah teks tulisan.

  1. Plagiarisma

Situs website ini mendukung kurang lebih 190 bahasa di dalamnya. Beralamat di plagiarisma.net Anda bisa memasukkan teks yang ingin Anda cek ke kolom yang tersedia.

Anda juga bisa mengunggah dokumen dari komputer atau Google Drive. Hasil cek akan ditampilkan dalam bentuk persen.

Situs website ini bisa melakukan cara mengecek plagiarisme online pada dokumen dengan berbagai jenis format dokumen yang ada.

plagiarsm checker

  1. Plagiarism Checker

Buka laman plagiarism-checker.me kemudian salin teks atau dokumen yang ingin Anda cek. Sayangnya situs website ini hanya terbatas untuk melakukan cek pada jumlah 1000 kata per pencarian.

Melakukan cek keaslian dokumen dengan situs ini bisa dilakukan dengan berbagai format dokumen yang ada. Hasilnya nanti akan tampil dalam bentuk persen sekaligus menampilkan dokumen aslinya.

  1. Copyscape

Copyscape merupakan salah satu situs website yang memiliki kegunaan untuk melakukan cek pada situs yang terindikasi melakukan Plagiarisme.

Performa alat cek plagiarisme secara online ini sangat bagus, namun sayang Anda hanya bisa menggunakan fitur ini secara berbayar saja.

Meski ada versi gratisnya, namun Anda hanya bisa menggunakannya terbatas untuk cek plagiarisme jenis teks karya tulis saja.

unicheck

  1. Unicheck

Untuk alat cara mengecek plagiarisme online yang satu ini berbentuk aplikasi. Aplikasi ini sudah banyak sekali digunakan oleh para akademisi dan masyarakat dengan berbagai kebutuhan untuk keperluan cek keaslian sebuah dokumen.

Unicheck memang memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bisa cek kata per kata secara detail. Diklaim aplikasi ini mampu mencari sumber yang ada di internet hingga mencapai 16 miliar halaman totalnya.

Anda bisa menggunakan fitur yang ada di aplikasi ini secara gratis dengan versi trial nya yang hanya bisa dinikmati selama 14 hari saja, selebihnya Anda harus membayar sejumlah uang tertentu. Dan jumlah kata yang bisa dicek pun sangat terbatas yaitu hanya sekitar 275 kata saja.

  1. SmallSEOtools

Untuk jenis aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang banyak dipakai oleh para blogger untuk mengetahui tingkat plagiarisme yang dimiliki sebuah karya tulis.

SmallSEOTools banyak digunakan karena mudah untuk dipakai, bisa digunakan secara gratis dan juga tersedia dalam bentuk website.

Adapun cara untuk melakukan cek Plagiarisme di website atau dengan aplikasi ini adalah dengan berkunjung ke situs websitenya kemudian copy paste teks yang ingin Anda cek dan letakkan di kolom yang sudah tersedia.

Jumlah kata yang bisa disalin ke kolom yang tersedia hanyalah sekitar 1000 kata saja.

Setelah itu pilih opsi untuk melakukan cek, situs website atau aplikasi akan melakukan pengecekan dan memberikan hasilnya pada Anda.

Jika hasilnya berwarna hijau maka teks tersebut bebas dari tindakan plagiarisme. Namun jika hasilnya berwarna merah, maka ada indikasi bahwa teks yang Anda cek mengandung plagiarisme di dalamnya.

duplichecker

  1. Duplichecker

Kunjungi situs website Duplichecker untuk lakukan cara mengecek plagiarisme online teks dokumen atau alamat website yang ingin Anda cek.

Untuk cek teks dokumen, Anda bisa memasukkan sekitar 1000 kata ke dalam kolom untuk di cek seberapa jauh tingkat plagiarisme di dalamnya.

Adapun untuk hasil pengecekan, jika tidak dideteksi adanya kecocokan dengan teks dokumen manapun maka situs akan memberikan hasil penelusuran berupa pesan yang berbunyi “No Plagiarism Detected!”.

Namun jika dideteksi ada teks yang diduga plagiarisme maka hasil pengecekan akan menunjukkan hasil dalam bentuk persen seberapa jumlah teks yang dideteksi sebagai plagiarisme.

  1. PlagScan

Untuk bisa menggunakan fitur cek plagiat online yang ada di situs website Plagscan Anda terlebih dahulu harus membuat akun baru.

Setelah itu barulah Anda bisa melakukan cek plagiarisme dengan cara memasukkan teks dokumen dengan jumlah maksimal kata adalah sejumlah 2000 kata.

Setelah proses checking berlangsung, Anda akan mendapatkan hasil berupa teks yang dideteksi merupakan plagiarisme dan kutipan akan mendapatkan sorotan secara khusus. Kemudian akan ditampilkan juga dalam bentuk persentase dan sumber asli teks dokumen yang sedang Anda cek tersebut.

cek plagiarisme online

Bagaimana Pilih Situs atau Aplikasi untuk Cek  Plagiarisme

Agar supaya kebutuhan Anda untuk cek seberapa tingkat plagiarisme di dalamnya, maka Anda harus bisa memilih situs website yang bisa menyediakan hasil pengecekan yang akurat dan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Berikut beberapa tips untuk memilih aplikasi atau situs website yang berkualitas untuk cek plagiarisme secara online.

  • Situs dikenal kredibilitasnya

Dan tips yang terakhir adalah untuk memilih situs yang sudah dikenal memiliki kredibilitas yang bagus dan terbaik.

Hal itu yang akan menjamin kebutuhan untuk cara mengecek plagiarisme online Anda bisa dilakukan dengan baik dan benar.

  • Situs website mudah untuk diakses

Jika Anda memiliki kebutuhan yang sangat penting untuk cek plagiarisme ini sebaiknya pilih situs yang mudah untuk diakses. Hindari situs yang jika Anda akses membutuhkan waktu loading laman yang sangat lama atau lamban, karena hal itu menunjukkan situs tersebut sulit untuk diakses penggunanya.

  • Pilih yang memiliki prosedur pengecekan yang mudah untuk dilakukan

Sebaiknya memilih aplikasi atau situs website yang memiliki prosedur yang mudah untuk digunakan serta dipelajari. Banyak pengguna baru dari situs cek plagiarisme yang gagal melakukan pengecekan karena cara pengecekan sulit untuk dilakukan.

  • Sudah banyak direkomendasikan 

Sangat disarankan untuk memilih situs atau aplikasi yang sudah banyak direkomendasikan oleh blogger maupun akademisi handal. Sehingga paling tidak situs atau aplikasi itulah yang menurut mereka yang terbaik performanya.

  • Pilih gratisan tak mengapa asal berkualitas

Tak masalah apakah Anda ingin memilih yang gratisan atau berbayar. Yang terpenting adalah hasil penelusuran bisa dipertanggungjawabkan dan benar-benar akurat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *