Tutorial

Mudah Banget, Ini Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Di jaman yang serba canggih ini kita seperti bisa melakukan segala hal dengan sangat mudah.

Seperti misalnya kita dapat menikmati berbagai hiburan multimedia dengan sangat leluasa, misalnya lagu atau video.

Terkadang kita hanya ingin mendengarkan instrumen dari sebuah lagu saja tanpa ingin ada vocal didalamnya.

Namun saat ini ada banyak cara menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih yang dapat dilakukan dengan mudah.

Kita bisa menggunakan lagu atau video yang dihilangkan vokalnya tersebut untuk berbagai hal misalnya ketika kita ingin karaoke maka kita akan memerlukan lagu yang tidak memiliki vokal di dalamnya.

Atau ketika kita ingin belajar menyanyi maka tentu saja kita akan memerlukan lagu yang hanya terdiri dari instrumen saja tanpa ada vokal.

Sehingga kita bisa mendengar vokal kita secara langsung dan mencari pada bagian mana saat kita menyanyi yang masih salah tekniknya.

Untuk bisa membuat lagu tanpa vokal tersebut Anda tidak perlu terlalu kesulitan karena caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun dalam waktu yang cepat.

Dan lagu apapun dapat dihilangkan vokalnya dan bisa langsung dinikmati.

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Bersih

aplikasi Vocal Remover for Karaoke

Image: play.google.com

Perlu diketahui bahwa Anda bisa membuat vokal pada lagu hilang dengan sangat mudah dan cepat melalui smartphone yang Anda miliki.

Jadi tidak perlu membayangkan berbagai hal yang rumit ketika Anda ingin membuat vokal pada lagu jadi hilang.

Karena memang caranya sangat mudah dan tidak diperlukan keahlian khusus atau peralatan yang canggih.

Pada akhirnya Anda akan mendapatkan lagu tanpa vokal pada video atau lagu yang kualitasnya tetap baik dan tidak berubah.

Dan yang harus diketahui adalah hasil akhir dari proses ini akan menghasilkan lagu yang suara penyanyi aslinya akan hilang dan tidak akan terdengar sama sekali.

Lakukan langkah berikut ini untuk cara menghilangkan vokal pada lagu:

· Download Aplikasi Bernama Vocal Remover for Karaoke

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi bernama vocal remover for karaoke di Smartphone Anda yang dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Playstore.

Pastikan koneksi internet Anda stabil agar proses pengunduhan tersebut bisa berjalan sukses.

Lalu setelah itu tunggu sampai aplikasi tersebut terinstal di perangkat smartphone Anda.

· Buka Aplikasinya

Setelah memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah terinstal di perangkat smartphone Anda.

Maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi vocal remover for karaoke yang ada di Smartphone Anda tersebut.

· Tentukan Lagu Yang Ingin Dihapus Vokalnya

Lalu Anda harus Sudah menentukan lagu mana yang ingin dihapus vokalnya terlebih dahulu.

Setelah lagu yang diinginkan sudah dipilih maka selanjutnya Anda harus mengaktifkan fitur remove vocal yang ada di aplikasi vocal remover for karaoke tersebut dari mode off ke mode on.

· Tekan Tombol Ekspor

Cara menghilangkan vokal pada lagu selanjutnya setelah Anda sudah mengatur semua setup yang Anda perlukan untuk menghilangkan vokal tersebut dan sudah sesuai dengan yang Anda inginkan dan butuhkan.

Nantinya Anda harus mencari dan menekan ekspor yang ada pada sudut kanan atas layar smartphone Anda , setelah itu pilih nama file lalu kemudian tekan ok.

· Putar Hasil Edit Anda

Tunggu hingga proses pengeditan tersebut selesai dan berjalan sukses, agar yang dihasilkan tersebut bisa Anda putar dan nikmati.

File hasil edit tersebut akan tersimpan pada folder Vocal Remover for Karaoke yang ada di penyimpanan berkas internal smartphone yang Anda gunakan.

Semua proses tersebut dilalui maka langkah terakhir adalah mencoba memutar lagu hasil edit Anda tadi.

Hasil editing dari cover karaoke di Smartphone ini terbilang sudah cukup berkualitas bahkan jika diputar dengan menggunakan speaker dalam volume yang besar.

Jadi Anda bisa dengan menggunakan musik hasil editing aplikasi tersebut seperti contohnya untuk berkaraoke.

Karena umumnya seorang manusia memang membutuhkan hiburan apalagi setelah berbagai rutinitas yang padat dan menyebabkan penat.

Dan salah satu hiburan yang paling banyak digemari oleh orang adalah dengan bernyanyi karaoke bersama orang – orang terdekat.

Oleh karena itu adanya teknologi seperti ini akan sangat membantu siapa saja yang ingin mencari lagu tanpa vokal yang hanya terdiri dari instrumen saja karena ingin digunakan untuk berkaraoke.

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu dengan Aplikasi di Youtube

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu dengan Aplikasi di Youtube

Image: audacityteam.org

Salah satu kelebihan dari YouTube adalah jika kita memutar musik maka kita bisa memutar musik versi live dari musisi asli yang membawakan lagu tersebut.

Tentu saja akan lebih menarik menyanyikan sebuah lagu versi livenya agar lebih terasa seperti sedang berada di konser band tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan mudah saat kita bisa mengetahui bagaimana cara membuat vokal hilang pada lagu dengan bersih.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat vokal pada lagu hilang pada video di YouTube.

· Audacity

Cara menghilangkan vokal pada lagu dengan aplikasi Audacity dan kelebihan dari aplikasi ini cocok untuk berbagai sistem operasi komputer yang umum digunakan.

Sehingga Anda bisa menggunakannya dengan berbagai macam perangkat PC. Audacity bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi sound editing yang sangat terkenal.

Aplikasi tersebut adalah salah satu aplikasi yang sangat efektif digunakan untuk menghilangkan suara vokal pada video di YouTube dengan sangat mudah.

· MP3 Karaoke

Aplikasi penghilang vokal yang selanjutnya adalah MP3 karaoke.

Dimana bisa dikatakan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi penghilang vokal musik yang paling mudah untuk digunakan.

Bisa dikatakan demikian karena kita hanya perlu memilih dan memasukkan lagu yang kita inginkan tersebut ke dalam aplikasi.

Pastikan kita sudah memilih lagu yang diinginkan dengan tepat, setelah itu klik tombol K lalu secara otomatis kita akan mendapatkan lagu yang hanya terdiri dari musiknya saja tanpa ada vokal di dalamnya.

· WavePad

 

aplikasi WavePad Audio Editor

Image: play.google.com

Aplikasi WavePad ini merupakan salah satu aplikasi sound editing yang sangat banyak digunakan untuk menghilangkan vokal pada musik untuk mengambil suara instrumen nya saja.

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Wavepad ini salah satunya adalah mendukung berbagai format lagu yang umum ditemui.

Seperti contohnya WAV, MP3, AIFF, WMA, M4A, FLAC, dan OGG.

Cara menggunakannya pun tidak sulit kita hanya perlu masuk ke aplikasi tersebut lalu memasukkan lagu yang ingin diedit ke dalam aplikasi.

Setelah itu akan tekan tombol reduce vocals. Lalu sesudah  melakukan berbagai pengaturan dan penyesuaian maka Anda sudah bisa menyimpan hasil editing lagu tersebut.

· GOM Player

Perlu diketahui bahwa aplikasi GOM player ini juga dapat digunakan untuk keperluan sound editing.

Jadi aplikasi dapat digunakan untuk menghilangkan vokal dalam sebuah musik untuk digunakan hanya instrumentalnya saja.

Jadi meskipun ada cara membuat vokal hilang pada lagu tanpa aplikasi namun tetap saja lebih mudah dan cepat ketika kita menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kualitas dari audio yang diedit tersebut juga tidak akan menurun.

Comments are closed.

0 %
error: Alert: Content is protected !!