cara webinar prakerja
Tutorial

Gampang Banget, Begini Cara Mengikuti Webinar Prakerja

Untuk setiap orang yang terdaftar pada kartu prakerja itu harus melakukan webinar terlebih dahulu, dan ini adalah tahapan wajib.

Cara mengikuti webinar prakerja sendiri memang harus diketahui dan dipahami agar supaya Anda bisa mengikuti webinar ini dengan baik. Dan cara untuk mengikuti webinar sendiri harus dipahami dengan baik.

Mulai dari proses pendaftaran sampai kemudian Anda mengikuti webinar itu sendiri harus dipahami dengan baik supaya tidak ada kesalahan.

Karena kalau ada kesalahan maka mungkin Anda tidak bisa mengikuti webinar tersebut, padahal mengikuti webinar itu adalah wajib lho.

Jadi pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan mengenai cara untuk bisa mengikuti webinar tersebut secara detail kepada Anda.

Webinar Prakerja

Webinar sendiri bisa diartikan sebagai seminar yang dilakukan secara online, yang berarti seminar tanpa harus bertatap muka.

Dan aplikasi yang biasanya dipakai untuk webinar sendiri adalah Zoom, di mana ini bisa dipakai untuk melakukan semacam rapat atau seminar. Dan para peserta prakerja harus mengikuti webinar dulu, di mana itu biasanya berupa sebuah pelatihan sesuai dengan kriteria yang sudah dipilih.

Dengan webinar sendiri nantinya akan ada mentor yang akan memimpin webinar dan akan memberikan semacam materi sesuai dengan bidang yang diikuti.

Anda juga bisa berdiskusi di webinar ini untuk bisa lebih memahami bidang tersebut yang akan menjadi bekal Anda untuk bekerja nantinya.

Dan cara mengikuti webinar prakerja itu melalui Zoom, dan bisa dilakukan melalui smartphone atau juga bisa diikuti menggunakan laptop.

Menggunakan Aplikasi Skill Academy

skill academy

Salah satu cara mengikuti webinar terutama untuk program prakerja itu adalah menggunakan aplikasi ataupun situs Skill Academy.

Karena memang itu adalah program dari pemerintah yang bekerja sama dengan Skill Academy untuk bisa mengadakan webinar untuk para peserta kartu prakerja tersebut.

Untuk mendaftarkan diri pada webinar di Skill Academy sendiri memang harus dilakukan dengan benar, karena banyak orang tidak tahu.

Oleh karena itulah Anda perlu tahu dulu mengenai langkahnya agar supaya Anda tidak sampai melakukan kesalahan pada saat mendaftarkan diri.

Berikut ini kami akan coba jelaskan langkah untuk melakukan pendaftaran sebagai cara ikut webinar di Skill Academy.

  1. Membuka Website Atau Aplikasi

Langkah yang pertama untuk mendaftarkan diri pada webinar itu memang harus masuk dulu ke dalam website dari Skill Academy.

Namun sekarang Skill Academy itu sudah memiliki aplikasi smartphone juga, jadi Anda bisa akses juga menggunakan smartphone. Jadi untuk bisa mendaftarkan diri webinar di Skill Academy bisa melalui situs ataupun menggunakan aplikasi.

Apabila Anda ingin menggunakan aplikasi  Anda harus download dan kemudian install aplikasi Skill Academy melalui Playstore ataupun juga Appstore.

Setelah itu Anda tinggal buka saja aplikasinya dan kemudian Anda bisa mulai mendaftar untuk webinar baik prakerja atau yang lainnya.

  1. Memilih Jadwal Webinar

Langkah kedua setelah sudah masuk ke dalam situs Skill Academy atau juga masuk ke aplikasi adalah mencari menu jadwal webinar.

Nanti setelah Anda masuk ke menu tersebut, akan ada beberapa pilihan jadwal yang bisa Anda pilih untuk webinar. Di sini Anda harus mencari jadwal yang sesuai sebagai cara mengikuti webinar Prakerja melalui Skill Academy.

Untuk pemilihan jadwal memang sebenarnya Anda harus pastikan dulu jadwal Anda sendiri, karena mengikuti webinar itu butuh konsentrasi.

Sehingga Anda itu harus memastikan jadwal kosong pada saat Anda akan memilih jadwal untuk webinar ini.

Jadi pilih jadwal dengan benar untuk cara ikut webinar dengan baik dan fokus.

  1. Memasukkan Nama dan Email

Setelah Anda pilih jadwal webinar, kemudian Anda akan diminta untuk mengisi nama dan juga alamat email.

Pengisian nama dan juga alamat email di sini harus benar ya, karena ini akan berhubungan dengan kode untuk Anda mengikuti Zoom.

Jadi pastikan email ini benar dan yang Anda gunakan untuk mengikuti Zoom agar supaya nantinya lebih mudah.

Perlu diperhatikan juga kalau Anda mendapatkan notifikasi gagal, maka kemungkinan besar kuota untuk jadwal webinar sudah penuh. Sehingga Anda harus mencari jadwal lain yang mungkin masih memiliki kuota dan bisa Anda ikuti.

Kalau Anda sudah isi nama dan email dan berhasil, maka Anda sudah menyelesaikan cara mengikuti webinar prakerja di bagian pendaftaran.

ikutan webinar

Cara Mengikuti Webinar Melalui Zoom

Setelah Anda sudah mendaftar melalui Skill Academy, maka Anda tinggal masuk ke webinar melalui aplikasi Zoom.

Kebanyakan webinar memang menggunakan Zoom, jadi Anda harus tahu bagaimana cara untuk masuk ke Zoom dan juga bergabung ke webinar di Zoom.

Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa langkah untuk masuk dan bergabung ke webinar yang melalui Zoom.

  1. Install Zoom

Langkah yang pertama untuk Anda masuk ke webinar itu adalah harus melakukan install Zoom terlebih dahulu. Anda itu bisa memakai aplikasi Zoom itu melalui smartphone ataupun juga menggunakan komputer ataupun juga laptop.

Dan untuk proses install di kedua device ini sebenarnya hampir sama dan Anda itu harus install aplikasi dulu untuk bisa mengikuti webinar.

  1. Login

Langkah kedua adalah login, biasanya Anda harus masuk menggunakan email yang aktif untuk login.

  1. Join Meeting  

Terakhir Anda join Meeting dengan kode tertentu, dan Anda mendapat kode tersebut ketika sudah mendaftar. Namun cara mengikuti webinar prakerja lebih mudah dengan klik link yang diberikan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *