server storage
Tutorial

2 Cara Share Link Google Drive Paling Cepat

Teknologi yang semakin canggih membuat proses transfer data menjadi lebih cepat dan mudah.

Jika dahulu kita harus menggunakan flashdisk atau hardisk untuk transfer data, sekarang cukup gunakan Google Drive.

Apalagi jika kita menggunakan flashdisk untuk transfer data, tentu membutuhkan banyak waktu.

Berbeda dengan menggunakan Google Drive atau dropbox cukup dengan membagikan link saja.

Kamu wajib mengetahui cara share link Google Drive agar semua file yang ingin kamu bagikan, bisa dibagikan dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Apalagi kamu bisa membagikan file tersebut secara public atau private. Kamu juga bisa mengatur agar orang-orang hanya bisa melihat atau bisa mengedit juga.

Google Drive sangat membantu pekerjaan kita karena bisa menyimpan berbagai jenis file dengan kapasitas penyimpanan sampai 15 GB.

Keunggulan Google Drive

Sampai saat ini masih banyak orang yang bingung untuk menggunakan Google Drive dan memilih untuk menyimpan file di SD Card atau Flashdisk.

Padalah Google Drive bisa membantu kita menyimpan berbagai jenis file mulai dari Zip, foto, video dan dokumen.

Untuk menggunakan Google Drive, kamu hanya perlu memiliki akun Gmail. Kamu bisa login menggunakan akun Gmail dan menyimpan segala dokumen di dalam Google Drive.

Semua fitur yang ada di Google Drive bisa kamu gunakan secara gratis. Asalkan semua file yang ingin kamu simpan di Google Drive, tidak melebihi 15 GB.

Untuk menyimpan file di Google Drive, juga tidak membutuhkan waktu lama. Kamu hanya perlu memilih menu “upload” dan pilih file yang akan disimpan.

2 Cara Membagikan Link Google Drive

Google Drive bisa kamu akses menggunakan PC ataupun laptop. Jika kamu ingin akses Google Drive menggunakan PC, kamu cukup ketik drive.google.com.

Jika kamu menggunakan ponsel Android atau iPhone, kamu cukup download aplikasi Google Drive. Tetapi biasanya aplikasi ini otomatis terinstal pada ponsel baru jika sudah membuat akun Google.

Cara membagikan link Google Drive di ponsel atau PC juga sama saja. Yang paling penting kamu memahami fiturnya.

Berikut ini cara membagikan link Google Drive yang perlu kamu ketahui:


  1. Share Link Secara Private

Perlu kamu ketahui bahwa membagikan link Google Drive bisa dengan cara privat. Kamu bisa membagikan file ke orang-orang tertentu saja.

Membagikan link secara privat berarti kamu membagikan dokumen hanya secara internal dan tidak bisa diakses oleh orang lain.

Biasanya cara ini digunakan untuk membagikan file penting dalam pekerjaan. Membagikan link Google Drive secara privat ini juga bisa menentukan apakah orang lain boleh melihat atau mengedit.

Berikut cara membagikan link secara private menggunakan Google Drive:

  • Buka aplikasi Google Drive atau ketik www.google.com/drive di browser komputer kamu.
  • Setelah masuk ke aplikasi Google Drive, pilih file atau folder yang ingin dibagikan ke orang lain

tutorial share link private 1

  • Pilih file yang ingin dibagikan. Lalu kamu bisa klik kanan pada titik tiga yang ada di folder tersebut.
  • Nanti akan muncul berbagai jenis pilihan menu yang bisa kamu gunakan untuk membagikan file Google Drive.

tutorial share link private 2

  • Kamu bisa pilih menu “shared” atau “bagikan”
  • Pada menu “bagikan” ini kamu bisa membagi link Google Drive menggunakan email orang yang tertuju. Meskipun lebih dari satu, kamu bisa tetap membagikannya.

tutorial share link private 3

  • Ketik email masing-masing orang yang ingin kamu bagikan file Google Drive. Jika sudah, orang yang dituju akan menerima notifikasi dari Google Drive mereka.
  • File yang kamu bagikan otomatis sudah masuk ke akun Google Drive mereka.

Selain fitur berbagi, kamu juga bisa mengubah pengaturan apakah orang lain hanya boleh melihat file atau mengeditnya.

Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang sedang bekerja. Karena bisa mempersilahkan orang lain untuk mengedit file yang kamu bagikan.

Kamu bisa melihatnya pada menu “shared” dan pilih menu pengaturan “editor” atau “hanya dapat melihat”.

Jika kamu ingin orang hanya bisa melihat, maka kamu bisa klik pengaturan “hanya bisa melihat”. Sebaliknya jika memperbolehkan orang lain mengedit, maka pilih opsi “editor”.

Setelah mengetik email tujuan dan pengaturannya, maka kamu bisa langsung klik “kirim”. Otomatis teman kamu akan mendapatkan notifikasi di Google Drive mereka.

Cara ini sangat berguna jika kamu ingin mengedit tugas bersama teman-teman. Cukup berbagi link lewat Google Drive saja dan tidak memakan banyak waktu.


  1. Share Link Google Drive Secara Public

Selain dengan cara privat, kamu juga bisa membagikan file secara public. Cara ini biasanya dilakukan untuk membagikan file yang tinggal download saja.

Misalnya kamu ingin berbagai foto atau video ke teman-teman, maka kamu cukup berbagi link saja dan orang lain bisa langsung mendownload.

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk membagikan link Google Drive. Berbeda dengan fitur privat, orang-orang bebas untuk download dan membagikan kembali file Google Drive.

Jika pada share link secara privat, hanya orang-orang tertentu saja dan sifatnya lebih internal, cara public ini bisa diakses seacara internal oleh banyak orang.

Berikut ini cara share link Google Drive secara public yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi Google Drive atau ketik www.google.com/drive di browser PC kamu. Jika sudah berhasil masuk, maka pilih file yang ingin dibagikan.
  • Jika kamu sudah memilih file yang ingin dibagikan, maka kamu bisa pilih menu “Manage people and link”

tutorial share link google drive 3

  • Setelah kamu memilih menu tersebut, nanti akan muncul menu “siapa saja yang boleh akses link tersebut”

tutorial share link google drive 4

  • Kamu bisa tambahkan orang lain atau berbagi lewat link. Lebih mudah jika kamu berbagi lewat link dan kamu copy link tersebut.
  • Kamu juga bisa memilih beberapa pengaturan yaitu “Aktif-Public di web”, “aktif- Siapa saja yang memiliki link” dan “nonaktif- orang tertentu”

Cara agar link kamu bisa dilihat secara umum adalah kamu perlu memilih menu “aktif- public di web” atau untuk orang-orang yang memiliki link tersebut.

Semua orang yang mendapat link atau melihat link kamu tersebut, tidak wajib untuk masuk ke sistem Google Drive. Mereka bisa langsung akses dan download file yang sudah kamu bagikan.

Kamu juga perlu menambahkan pilihan “hanya dapat melihat” pada link yang kamu sebarkan secara public. Tujuannya agar orang yang melihat tidak bisa mengeditnya dan cukup melihatnya saja.

Cara ini sangat bermanfaat jika kamu ingin membagikan link secara umum dan membiarkan orang lain untuk mengaksesnya.

Tetapi kamu perlu waspada terhadap hacker yang kadang menggunakan link ini untuk hack akun kita. Jangan sembarang untuk membuka link Google Drive apalagi mendownloadnya.

Lebih baik kamu download link Google Drive dari orang yang kamu percaya. Karena berbahaya jika link tersebut mengandung malware yang bisa merusak ponsel dan PC kita.

Apakah Berbagi Link Google Drive Aman?

Tentu saja masih aman karena kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di Google Drive. Mulai dari fitur “lihat saja” sampai fitur orang lain hanya boleh akses jika memiliki link.

Sekarang banyak oknum yang membahayakan PC atau ponsel kita karena mereka menyebar malware melalui link Google Drive.

Padahal Google Drive adalah penyimpanan yang sangat aman. Jadi kamu jangan sembarang untuk klik link yang ada di internet.

Google Drive bisa menjadi tempat back-up berbagai file dan dokumen penting di ponsel atau PC kita. Cukup menguploadnya di Google Drive dan file tersebut tidak akan hilang meskipun ponsel kita hilang.

Asalkan kamu tetap ingat akun Gmail dan passwordnya. Jadi pilih file penting untuk disimpan di dalam Google Drive.

Cara Membuat Link Google Drive Pendek

Link Google Drive sangat panjang, tetapi kamu bisa membuatnya lebih pendek. Berikut caranya:

  • Masuk ke laman bit.ly
  • Paste link Google Drive yang sudah kamu copy sebelumnya
  • Pilih tombol “shorten”

Link yang pendek siap dibagikan ke teman-teman kamu. Itulah cara share link Google Drive dengan cara private dan public.

Kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhanmu. Manfaatkan semua fitur yang ada di Google Drive agar mempermudah pekerjaanmu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *