kenapa kode verifikasi whatsapp tidak muncul
Tutorial

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Ini Penyebabnya

Siapa  yang tidak mengenal WhatsApp? Aplikasi chat yang satu ini memang menjadi salah satu aplikasi obrolan online yang paling banyak diakses saat ini.

Dengan berbagai kemudahan dan akses yang menjangkau banyak orang, tidak mengherankan jika WhatsApp menjadi sebuah aplikasi chat yang banyak digunakan.

Untuk mengaktifkan akun WhatsApp, terlebih dahulu Anda wajib memasukkan kode verifikasi. Kode ini akan dikirim melalui SMS ataupun telepon ke nomor yang telah didaftarkan.

Dengan adanya verifikasi, maka WhatsApp Anda akan jauh lebih aman dan terhindar dari pembajakan akun.

Namun sering kali, kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul, tentu sering menjadi pertanyaan pengguna.

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul?

apa Penyebab Kode Verifikasi Tidak Muncul

Tanpa adanya kode verifikasi, akun WhatsApp tidak akan bisa dibuka dan diakses secara lancar.

Sayangnya, tidak jarang kode verifikasi ini tidak muncul atau tidak segera terkirim ke nomor HP.

Adapun hal-hal yang sering kali membuat kode verifikasi tidak terkirim dan muncul di nomor HP yang bersangkutan adalah sebagai berikut.

1. Nomor telepon yang salah

Hal pertama yang sering kali terjadi adalah Anda tidak memasukkan nomor telepon secara benar.

Misalnya jika nomor yang Anda masukkan belakangnya adalah 1235 namun Anda memasukkan nomor 1234, tentu saja kode verifikasi tidak akan bisa langsung terkirim.

Oleh karenanya, sebelum klik kirim, dipastikan kembali nomor yang sudah diinput benar dan tepat.

Jika sudah benar, dalam beberapa detik saja Anda sudah bisa mendapatkan kode verifikasi tersebut untuk kemudian bisa masuk ke akun WhatsApp.

2. Kartu telepon sudah tidak aktif

Kendala lain yang sering kali dialami pada saat Anda tidak dapat menerima kode verifikasi adalah kartu atau nomor yang sudah tidak aktif.

Kode verifikasi memang tidak membutuhkan pulsa, namun nomor tersebut harus benar-benar aktif supaya dapat menerima kode verifikasi.

Karena itu, selalu pastikan terlebih dahulu apakah kartu dan nomor HP Anda masih aktif atau tidak.

Salah satu caranya dengan mencoba panggilan biasa ke nomor HP yang akan terhubung ke WhatsApp. Anda juga bisa mengeceknya melalui pihak provider secara langsung.

3. Tidak ada koneksi internet

Hal lain yang sekiranya sepele namun dapat membuat pertanyaan kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di HP Anda adalah koneksi internet yang tidak aktif. Kamu harus pastikan data seluler maupun koneksi WIFI masih aktif.

Jika tidak ada koneksi internet yang stabil, maka sudah dipastikan kode verifikasi tidak akan muncul dan dapat terinput.

4. Terdapat pemblokiran panggilan

Salah satu hal lain yang bisa terjadi ketika kode verifikasi WhatsApp tidak muncul adalah adanya pengaturan untuk memblokir panggilan.

Biasanya pengaturan ini dilakukan pada beberapa tipe ponsel sehingga jika HP Anda memakai pengaturan tersebut, akan lebih baik dinonaktifkan terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Kendala Tidak Munculnya Kode Verifikasi

Cara Mengatasi Kendala Tidak Munculnya Kode Verifikasi

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan kode verifikasi tidak muncul, ada baiknya jika Anda juga memahami bagaimana mengatasi kendala tersebut.

Secara umum memang dapat diatasi dengan cara-cara yang sudah disampaikan, namun jika masih belum bisa, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Matikan koneksi internet sementara

Hal pertama yang bisa dicoba lakukan adalah mematikan sementara koneksi internet, kemudian setelah beberapa saat hidupkan kembali koneksi internet tersebut.

Cara ini biasanya cukup berhasil, terutama jika kendala tersebut terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil.

Anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu. Selanjutnya, matikan mode tersebut lalu hidupkan kembali seperti halnya restart koneksi internet.

Anda juga bisa mengganti koneksi dari data seluler ke WIFI dan sebaliknya.

2. Restart handphone

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjawab kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul adalah dengan merestart ponsel.

Tekan saja tombol power selama beberapa saat, kemudian tekan tombol Restart atau Mulai ulang.

Setelah beberapa saat, hidupkan handphone dan bisa coba lagi untuk meminta kode verifikasi.

3. Memastikan keaktifan nomor telepon

Anda juga bisa memastikan dulu apakah nomor telepon Anda aktif.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari menggunakan kode dial, panggilan ke nomor yang ingin didaftarkan ke WhatsApp, hingga melaporkan ke pihak customer service provider yang bersangkutan.

4. Re-install aplikasi

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menginstal ulang aplikasi WhatsApp tersebut.

Meskipun baru pertama kali mendownload aplikasi tersebut, namun jika terkendala kamu masih bisa menghapus aplikasinya, kemudian diinstall ulang seperti biasa.

Selalu pastikan kamu mendownload aplikasi yang resmi di Play Store atau App Store, serta pastikan juga apakah sudah menggunakan versi aplikasi terbaru.

Jika kamu menggunakan versi aplikasi Beta, kamu bisa menonaktifkannya terlebih dahulu.

Itulah beberapa hal yang dapat menjawab kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul. Anda sudah mencobanya?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *