google play store
Tutorial

6 Cara Cepat Mengatasi Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Banyak aplikasi di Play Store yang bisa kita gunakan dengan gratis. Ada beberapa juga aplikasi yang mewajibkan penggunanya membayar menggunakan berbagai metode yang disediakan Google.

Seperti ketika kita ingin mendownload game dan membeli item di dalamnya, kita wajib membayarnya menggunakan metode  pembayaran Google.

Sayangnya beberapa orang sering mengalami metode pembayaran Google Play ditolak saat kita ingin melakukan pembayaran pada aplikasi atau item game.

Masalah ini sering kali terjadi dan membuat pengguna merasa heran padahal saldo yang ingin digunakan membayar masih banyak. Hal ini bisa terjadi pada handphone android di berbagai versi.

Pernahkah kamu mengalami hal ini? Jika kamu pernah mengalami hal ini, baiknya kamu simak artikel ini sampai selesai karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa melanjutkan metode pembayaran.

Artikel kali ini akan memberikan tutorial lengkap agar kamu bisa mengatasi masalah metode pembayaran ditolak di Google Play.

Cara Mengatasi Metode Pembayaran di Google Play yang Ditolak

metode pembayaran play store

Banyak pengguna XL, Telkomsel, Tri, Indosat dan Axis yang mengeluhkan beberapa kali metode pembayaran Google Play yang ditolak.

Masalah ini sering kali muncul ketika beberapa aplikasi belum mendapatkan update terbarunya. Bukan hanya satu atau dua orang saja, tapi banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini.

Perlu kamu ketahui bahwa Google Play menyediakan berbagai macam metode pembayaran mulai dari Gopay, Dana, Kartu Provider dan lainnya.

Sebenarnya masalah ini masih bisa kamu tangani sendiri apalagi jika kamu punya banyak dompet digital yang bisa menjadi salah satu metode pembayaran Google Play.

Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa melakukannya dengan banyak cara. Tetapi untuk mengatasi metode pembayaran Google Play ditolak, kamu perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pengaturan Ulang Metode Pembayaran

Cara yang pertama adalah kamu perlu melakukan pengaturan ulang pada metode pembayaran yang biasa kamu lakukan. Cara ini cukup efektif mengatasi masalah Google Play yang menolak pembayaran kamu.

Dengan kamu mengatur ulang metode pembayaran, kamu bisa langsung melakukan pembayaran tanpa khawatir lagi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di Handphone kamu, lalu cari “Akun Google”

Gambar 4.1

  • Jika kamu sudah menemukannya, maka klik “sinkronkan”. Kamu bisa menggunakan salah satu akun yang kamu miliki. Kamu bisa menghapus salah satu akun agar lebih mudah.
  • Setelah selesai, kamu bisa buka Google Play Store
  • Pilih garis tiga yang berada di pojok kiri atas atau kamu bisa klik foto akun Google kamu.
  • Lalu akan muncul tampilan seperti ini

Gambar 4.2

  • Pilih Metode Pembayaran atau Payment and Subscription
  • Lalu akan muncul tampilan menu Metode Pembayaran, kamu bisa pilih “Payment Methods”

Gambar 4.3

  • Kamu bisa scroll ke bawah menu tersebut sampai menemukan menu “More Payment Settings”. Klik dan nanti kamu akan diarahkan untuk mengatur ulang metode pembayaran.

Gambar 4.4

  • Pada setting pembayaran ini, kamu akan diarahkan ke browser. Lalu kamu bisa menghapus metode pembayaran yang ingin kamu ganti.

Gambar 4.5

  • Hapus metode pembayaran yang ada di atas. Kamu bisa menggantinya dengan metode pembayaran lain atau kamu masukkan ulang nomor telepon kamu.
  • Biasanya metode pembayaran yang ditolak karena nomor atau kartu yang kamu gunakan sudah tidak aktif lagi. Sehingga Google mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan.
  • Jika sudah kamu hapus, kamu bisa kembali ke aplikasi Play Store dan kembali memilih “Payment Methods”

Gambar 4.6

  • Pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan. Bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, Gopay, Shopee Pay, Dana dan lainnya.
  • Masukkan ulang nomor yang kamu gunakan untuk aktivasi metode pembayaran terbaru.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam dompet digital yang bisa menjadi salah satu metode pembayaran yang kamu lakukan.

Semakin banyak dompet digital yang kamu punya, maka semakin mudah untuk melakukan pembayaran.

Pastikan juga dompet digital yang akan kamu gunakan memiliki saldo yang cukup untuk melanjutkan proses pembayaran.

Biasanya jika saldo tidak mencukupi, metode pembayaran akan gagal dan kamu segera mendapatkan notifikasinya.

Tetapi tak jarang juga Google Play menolak metode pembayaran karena saldo yang tersedia tidak mencukupi. Sebelum kamu menggunakan metode pembayaran Google Play, pastikan dulu saldo yang ada.

Apalagi jika kamu sering menggunakan Gopay atau ShopeePay, maka pastikan saldonya mencukupi untuk melakukan pembayaran.

Saat ini metode pembayaran Google Play memiliki berbagai macam pilihan. Berbeda dengan dahulu yang hanya tersedia metode pembayaran lewat pulsa provider, credit card atau debit saja.

Kini kamu bisa menikmati segala kemudahan metode pembayaran di Google Play. Tentu masalah pembayaran yang ditolak bukan hal yang sulit untuk diatasi.

  1. Cek Koneksi Internet

Masalah Google Play yang menolak metode pembayaran juga sering dikarenakan koneksi internet yang buruk. Khususnya jika kamu menggunakan wifi, pastikan kamu mendapat jaringan internet stabil.

Tak jarang orang merasa gagal melakukan pembayaran karena jaringan internet tidak stabil. Hal ini juga yang membuat Google menolak metode pembayaran yang kamu inginkan.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengganti jaringan internet ke paket data. Biasanya masalah ini langsung terselesaikan jika kamu menggantinya dengan paket data.

Koneksi wifi kadang tidak stabil dan membuat beberapa metode pembayaran menjadi ditolak. Pastikan sinyal full dan jaringan internet bisa digunakan.

  1. Pilih Lain Metode Pembayaran

metode pembayaran lain

Cara yang ketiga adalah cara yang mirip dengan nomor satu. Kamu hanya perlu mengganti metode pembayaran.

Saat ini Google Play memiliki berbagai metode pembayaran yang bisa dicoba. Mulai dari Dana, Gopay, ShopeePay dan lainnya.

Hampir semua metode pembayaran yang disediakan Google Play sering kita gunakan sehari-hari. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan metode pembayaran.

Hanya saja kamu wajib memastikan saldo yang tersedia mencukupi pembayaran. Jika tidak mencukupi, Google otomatis menolak metode pembayaran yang kamu lakukan.

Berbagai macam metode pembayaran yang disediakan Google Play pasti bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah Google Play yang menolak metode pembayaran.

  1. Cek Kartu Kredit

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah cek kartu kredit kamu. Jika selama ini kamu menggunakan metode pembayaran kartu kredit tetapi tiba-tiba ditolak, maka coba cek kartu kreditmu.

Kamu bisa cek kembali kartu kredit kamu apakah masih berlaku atau tidak. Bisa juga kartu kredit sedang mengalami eror sehingga berpengaruh terhadap transaksi di Play Store.

Berikut ini notifikasi yang biasanya muncul jika pembayaran gagal:

  • Transaksi Anda tidak dapat diselesaikan
  • Gunakan metode pembayaran lain
  • Kartu sudah tidak berlaku
  • Perbaiki kartu atau coba kartu lainnya

Selain masalah diatas, bisanya saldo kartu yang rendah juga sering menjadi kendala utama mengapa pembayaran Google di tolak.

Khususnya jika kamu menggunakan debit card, maka notifikasi saldo akan muncul ketika pembayaran otomatis ditolak.

Jika memang saldo debit card kamu tidak cukup, kamu bisa mengisinya kembali. Namun jika hal diatas terjadi pada kredit card, maka kamu bisa bertanya pada pihak bank.

Berilah jeda waktu ketika transaksi gagal dan kamu bisa melakukannya lagi. Jika transaksi masih saja ditolak, maka kamu bisa menghubungi pihak bank untuk memperbaiki credit card kamu.

  1. Restart Handphone

Kamu juga bisa melakukan restart handphone jika metode pembayaran ditolak. Dengan merestart android kamu, maka perangkat bisa berfungsi kembali.

Bisa jadi hal yang menyebabkan metode pembayaran ditolak karena adanya eror pada perangkat handphone kamu. Cobalah untuk restart handphone dan melakukan transaksi dari awal lagi.

  1. Copot SIM Card

Jika kamu menggunakan metode pembayaran pulsa Google Play, maka kamu bisa mencopot sim card terlebih dahulu. Kamu bisa memindahkannya ke SIM 2 atau SIM 1.

Biasanya metode pembayaran ditolak menggunakan pulsa, karena pulsa habis atau ada eror di sim card kamu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi metode pembayaran Google Play ditolak yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Cara-cara diatas bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Pastikan kamu mengetahui penyebab utama mengapa Google Play menolak metode pembayaran kamu.

Cek semua metode pembayaran yang ingin kamu pakai dan pastikan saldo terisi lebih dari transaksi yang akan dilakukan.e

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *