Tutorial

Sim Card Tidak Terbaca? Jangan Khawatir Ini Cara Mengatasi

Kartu sim tidak terbaca itu memang sering sekali terjadi terutama pada masa sekarang di mana orang sudah banyak mempergunakan smartphone.

Ini memang menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu dan membuat orang khawatir, karena itu akan membuat komunikasi terganggu.

Banyak orang yang kebingungan ketika hal tersebut terjadi, padahal sebenarnya ada beberapa langkah dan juga tips yang bisa mengatasi dengan mudah.

Nah mari pada kesempatan ini kami akan coba jelaskan tips dan juga langkah agar supaya Anda bisa mengatasi masalah kartu sim tidak terbaca ini.

Penyebab Kartu SIM Seluler Tidak Terbaca

Penyebab Kartu SIM Seluler Tidak Terbaca

Sebelum Anda mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari tahu penyebabnya.

Sebab memang ada beberapa penyebab yang mungkin membuat kartu sim yang ada di smartphone Anda tidak terbaca dengan baik dan tidak bisa digunakan.

Sebenarnya dari Anda mengetahui penyebab dari kartu sim bisa tidak terbaca di smartphone, maka Anda bisa mencari cara yang terbaik mengatasinya.

Nah pada kesempatan ini kami akan informasikan dulu beberapa penyebab kartu sim itu bisa tidak terbaca di smartphone Anda.

1. Kuningan Kartu SIM Rusak

Penyebab pertama yang mungkin paling sering terjadi ketika SIM Card tidak terbaca itu adalah karena kuningan kartu rusak.

Ini adalah hal yang memang sangat biasa terjadi, dan bila itu terjadi tentunya smartphone tidak akan bisa membaca kartu sim tersebut. Karena kuningan itu adalah hal yang utama.

Jadi ketika misalnya saja kuningan dari kartu tersebut kotor ataupun rusak, maka kartu SIM tidak terbaca di smartphone.

Biasanya kerusakan atau kotornya kuningan itu terjadi karena orang sering memindah SIM Card ke smartphone lain, bisa juga berasal dari gesekan.

2. Usia Kartu Sudah Terlalu Lama

Penyebab yang kedua adalah soal usia kartu, di mana setiap benda itu sudah pasti akan memiliki usia sampai dirinya tidak bisa digunakan.

Karena itulah kartu SIM pun sama, di mana apabila kartu SIM Anda sudah terlalu lama, maka sudah pasti akan terjadi kerusakan.

Kerusakan biasa terjadi pada material plastik dari kartu SIM dan juga bisa terjadi pada kuningan yang ada di kartu SIM.

Biasanya umur dari kartu SIM itu sekitar 3 sampai 5 tahun saja, itu sudah mengalami beberapa kerusakan material. Dan bila rusak tentu tidak akan terbaca.

3. SIM Card Overheat

Penyebab yang ketiga dari SIM Card itu tidak terdeteksi di smartphone adalah mengalami overheat atau terlalu panas.

Karena memang kartu SIM itu diletakkan di smartphone yang tentunya sangat rentan terjadi panas pada smartphone tersebut.

Apabila terjadi panas pada smartphone, sangat mungkin nantinya kartu SIM itu mengalami kepanasan atau overheat.

Dan apabila itu terjadi sangat mungkin kartu SIM jadi tidak bisa digunakan dengan baik.

Bahkan mungkin jadi tidak terbaca. Itulah beberapa penyebab kartu SIM tidak terbaca.

Cara Mengatasi SIM Card di Tidak Terbaca

sim card

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab yang memungkinkan kartu SIM di smartphone Anda tidak terbaca, barulah Anda cari cara mengatasinya.

Ada beberapa hal yang memang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengatasinya, yakni adalah dengan mencari tahu dulu penyebabnya.

Ada beberapa jalan untuk mencari tahu penyebab atau akar masalahnya, salah satunya adalah dengan mencoba mengganti kartu SIM.

Anda cari kartu SIM yang memang masih bisa digunakan pada smartphone yang lain untuk Anda coba di smartphone Anda.

Ini biasanya dipakai untuk mengetahui apakah kerusakan ada pada smartphone atau pada kartu SIM yang Anda miliki.

Kalau kartu SIM lain terbaca, maka jelas kerusakan pada kartu SIM yang Anda miliki itu, sebaliknya kalau tetap tidak terbaca berarti kesalahan pada smartphone Anda.

Apabila sudah di cek dan memang kartu SIM yang rusak, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. 

Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa cara mengatasi kartu sim tidak terbaca bila masalahnya ada pada kartu SIM.

1. Membersihkan Kuningan Kartu

Cara yang paling pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda coba untuk membersihkan kuningan yang ada pada kartu.

Cara membersihkannya pun sebenarnya sederhana, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan Cotton Bud saja secara perlahan.

Anda bisa mempergunakan bahan penghapus untuk membersihkan kuningan dari kartu SIM tidak terbaca di smartphone Anda.

Bila menggunakan penghapus ini, maka Anda itu harus membersihkan secara perlahan supaya kuningan tidak rusak.

  1. Mengganti Kartu SIM Ke Customer Service

Cara yang kedua adalah Anda bisa mengganti kartu SIM yang Anda miliki dengan mendatangi Galeri provider yang Anda pakai.

Anda tinggal mengunjungi Customer service dan meminta untuk mengganti kartu karena sudah tidak terbaca.

Nanti Anda biasanya akan dimintai KTP dan juga kemudian Anda akan diberikan kartu baru dengan nomor Anda yang lama.

Cara Mengatasi Bila Smartphone Error

Cara Mengatasi Bila Smartphone Error

Apabila ternyata smartphone yang mengalami eror yang membuat kartu SIM jadi tidak terbaca itu tentunya cara mengatasinya akan berbeda.

Karena Anda akan lebih mengatur smartphone Anda supaya bisa kembali membaca kartu SIM.

Berikut ini kami akan jelaskan cara mengatasinya.

1. Mengatur Ulang Jaringan

Cara pertama yang bisa Anda pergunakan adalah dengan mengatur ulang jaringan smartphone Anda dengan menggunakan menu setting.

Anda masuk ke menu setting dan kemudian masuk ke mobile Network, nanti di sana ada pilihan setting untuk jaringan koneksi.

Nah untuk melakukan pengaturan ulang jaringan ini Anda perlu melakukannya secara manual mulai dari nama APN dan lain sebagainya.

Jadi Anda harus perhatikan hal tersebut, namun Anda bisa isi secara bebas dulu kemudian ok dan kemudian kembalikan ke pengaturan otomatis.

2. Melakukan Factory Reset

Cara yang terakhir apabila semua cara tidak berhasil adalah dengan melakukan Factory Reset, namun pastikan tidak ada file penting atau aplikasi penting.

Anda perlu backup dulu supaya bisa tetap aman dan bisa menjadi cara mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 %
error: Alert: Content is protected !!