e-Wallet

Cara Transfer Gopay Ke LinkAja dan Syarat-syaratnya

Gopay memang memiliki beberapa fungsi. Selain menjadi alat pembayaran virtual aplikasi Gojek, Gopay juga dapat dimanfaatkan untuk beberapa transaksi seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, hingga transfer sesama e money, seperti LinkAja. Disini, cara transfer Gopay ke LinkAja pun sangat mudah. 

Selain ke LinkAja, saldo Gopay juga bisa ditransfer ke e-wallet lain seperti Shopee Pay, Dana.

Nah, jika Anda ingin melakukan transfer saldo Gopay ke LinkAja, Berikut instruksi yang bisa disimak dan diikuti.

Syarat Transfer

Sebelum transfer Gopay ke LinkAja, hendaknya pastikan akun Gopay Anda sudah terverifikasi. Jika belum, maka harus memverifikasi akun Gopay terlebih dahulu. 

Caranya yaitu dengan mengupdate Gopay ke akun Gopay Plus. Jika belum menjadi Gopay Plus, maka tidak akan bisa mentransfer ke e money yang lainnya.

Cara mengupdate Gopay ke Gopay Plus dimulai dengan memasukkan foto kartu identitas, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Foto dilakukan setengah badan dengan memegang KTP di tangan sejajar dengan wajah Anda.

Pastikan foto tadi terlihat jelas agar dapat terbaca oleh pihak Gopay. Usahakan tidak menggunakan foto selfie yang dapat membalik foto.

Pastikan juga foto yang Anda kirim tidak terbalik dan jelas. Selanjutnya, pastikan Anda mengetahui biaya admin yang akan di bayar.

Minimal saldo untuk biaya yang akan ditransfer yaitu Rp 10.000. Terdapat pula biaya admin yang harus dibayar, yakni sebesar Rp 2.500.

Sebelum itu, pastikan aplikasi yang Anda gunakan merupakan versi terbaru dari aplikasi tersebut.

kirim saldo gopay ke linkaja

Cara Transfer Secara Langsung

Proses transfer dari Gopay ke LinkAja sangatlah cepat dan mudah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui menerapkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuka aplikasi Gojek yang telah Anda download. Kemudian, klik pada pilihan menu lainnya pada sisi kanan atas layar. Di sini akan terdapat beberapa menu opsi pilihan, kemudian pilih menu Tarik.

  • Pilih Tujuan e Money

Setelah itu, Anda dapat memilih jenis bank mana yang hendak digunakan. Kemudian, pilih LinkAja atau TCash. Nantinya, akan muncul kode rekening. 

Kode rekening ini jangan di ubah. Biarkan saja kode sesuai dengan yang tersedia tersebut. Lalu, masukkan nomor rekening yang diawali dengan tiga angka pertama, dan biasanya adalah 513.

Selanjutnya, masukkan nomor HP yang dituju. Contoh format penulisannya yaitu 513085858687989. Kemudian, klik simpan.

Pastikan semua data telah diisi dengan benar. Setelahnya, masukkan besar jumlah transfer yang akan di kirim, kemudian klik Tarik.

  • Konfirmasi

Setelah instruksi di atas, lalu akan muncul notifikasi konfirmasi yang berisi semua data yang dibutuhkan untuk transfer.

Pastikan dahulu semua data tersebut benar dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan pada proses transaksi, kemudian klik konfirmasi.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN Gopay  sejumlah enam digit. Setelah PIN sudah berhasil dimasukkan, silahkan tunggu, karena proses permintaan transfer Anda sedang di proses.

Setelahnya akan muncul notifikasi konfirmasi dari pihak Gopay yaitu transfer Anda telah berhasil.

Metode Transfer Menggunakan OY! Indonesia

Terdapat beberapa opsi lain untuk transfer Gopay ke LinkAja, dan salah satunya yaitu menggunakan aplikasi OY! Indonesia. Jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, bisa mengunduh secara gratis di Google Play Store yang tersedia.

Setelah itu, lakukan pendaftaran akun dan verifikasi identitas Anda. Anda bisa mendapatkan bonus top up Gopay sebesar Rp 10.000 setelah melakukan transaksi  transfer ke e money lain. Alur yang digunakan yaitu dari GoPay ke OY! Indonesia, kemudian ke LinkAja.

Jadi, OY! Indonesia bisa dikatakan menjadi perantara atau jembatan untuk transfer dari Gopay ke e money LinkAja.

Cara Transfer Gopay ke LinkAja menggunakan OY! Indonesia bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Aplikasi

Pertama, buka aplikasi OY! Indonesia. Kemudian di layar utama, pilih menu top up, dan pilih e money LinkAja. Kemudian, masukkan nomor HP LinkAja yang akan dituju untuk di transfer. Pastikan nomor tujuan tersebut benar dengan menggunakan check number pada OY! Indonesia.

Setelahnya, aplikasi tersebut akan menampilkan data dengan keterangan nama pemilik dari nomor tujuan tersebut. Contohnya A/N Min Yoongi. Setelah diperiksa dan nomor tujuan sudah benar, lali klik continue.

gopay ke linkaja

  • Transaksi 

Setelah itu, masukkan besar nominal yang akan di transfer ke LinkAja. Untuk minimal transfer yaitu Rp 10.000 dan maksimal transfer yaitu Rp 10.000.000. Kemudian, pilih rekening yang mendukung transfer tersebut, lalu klik continue

Pilih metode transfer dengan memilih virtual account sebagai metode yang digunakan agar bisa mendapat layanan bebas biaya admin. Lalu, di detail top up, salin nomor virtual tersebut. 

Ini nantinya akan menjadi perantara dalam proses transaksi Gopay ke LinkAja. Pada proses ini terdapat durasi waktu selama 3 jam setelah memilih metode transfer.

  • Buka GoPay

Kemudian, buka aplikasi Gopay. Setelah itu, pilih opsi pay pada menu. Kemudian, pilih opsi to bank account, lalu klik instant transfer to a new account. Pilih bank tujuan untuk melakukan transfer.

Pilihlah bank yang bisa membantu proses transfer dengan bebas biaya atau tanpa biaya admin. Kemudian, tempel (paste) nomor virtual account yang tadi telah disalin dari aplikasi OY! Indonesia. Kemudian, klik verify untuk memastikan nomor tujuan sudah benar.

Bila nomor sudah benar, maka akan muncul keterangan bank account found. Lalu, pastikan nama yang dituju sudah benar, lalu klik continue.

Selanjutnya, masukkan besar nominal transfer sesuai dengan nominal yang di transfer di OY! Indonesia.

Pastikan kembali nominal yang dimasukkan sama, untuk menghindari kesalahan input yang dapat menggagalkan proses transfer. Jika sudah benar, silahkan klik continue. 

Setelah proses ini, Anda akan diarahkan untuk kembali ke layar konfirmasi. Kemudian, masukkan PIN GoPay, dan tunggu proses selesai. Jika sudah sukses, saldo akan masuk ke LinkAja.

Setelah mendapatkan konfirmasi saldo masuk ke LinkAja  maka transaksi Anda sudah berhasil. Segera cek saldo di aplikasi LinkAja Anda.

Jika ada masalah dengan transaksi ini, Anda bisa menghubungi customer service platform yang bersangkutan.

Dan bila kamu ingin transfer dari Gopay ke OVO jangan lupa ikuti langkahnya di artikel kami sebelumnya ya.

Leave a reply

Your email address will not be published.

0 %
error: Alert: Content is protected !!